Mengenal Kota Sorendiweri Kabupaten Supiori Papua - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

City Tour

Mengenal Kota Sorendiweri Kabupaten Supiori Papua

Kota Sorendiweri Kabupaten Supiori

Kota Sorendiweri Kabupaten Supiori - foto painters.com

Kota Sorendiweri Kabupaten Supiori – Kota Sorendiweri adalah sebuah kota kecil yang berada di Pulau Supiori, Papua. Kota ini dipisahkan Pulau Biak dan Selat Sorendiweri. Kedua pulau ini terhubung oleh jembatan yang berada di atas Selat Sorendiweri sepanjang 100 meter. Pusat pemerintahan Kabupaten Supiori terletak di Kota Sorendiweri.

Menurut peta kawasan hutan dan wilayah perairan Provinsi Papua, sebagian besar wilayah kabupaten Supiori merupakan kawasan hutan suaka alam. Sekitar 65% dari luas wilayahnya adalah kawasan hutan, yaitu mencapai 45.384 ha. Pada tahun 2016 kepadatan penduduk Kota Sorendiweri Kabupaten Supiori adalah per km2 adalah 29,15%.

Sejarah Kota Sorendiweri Kabupaten Supiori

Kota Sorendiweri Kabupaten Supiori

Kota Sorendiweri Kabupaten Supiori – foto painters.com

Kota Sorendiweri Kabupaten Supiori merupakan Pemekaran dari Kabupaten Biak Numfor atas dasar Undang-Undang Nomor 35 tahun 2003. Kota Supiori mempunyai wilayah daratan dengan luas sebesar 704,24 Km2 dan wilayah perairan seluas 5.993 Km2.

Sebagian besar wilayah Kota Sorendiweri Kabupaten Supiori terletak di Pulau Supiori dan sebagian lainnya di Pulau Biak. Ibukota kabupaten Supiori terletak di Sorendiweri, Distrik Supiori Timur. Kabupaten Supiori terdiri dari 68 pulau dimana sebagian besar pulau-pulau tersebut berpenghuni.

Dengan demikian ciri Kota Sorendiweri Kabupaten Supiori ini adalah kepulauan dan sekaligus wilayah perbatasan antar negara (karena berbatasan langsung dengan Negara Philipina dan Negara Kepulauan Palau). Distrik dengan wilayah terluas berada di Distrik Supiori Timur seluas 196,26 km2.

Baca Juga ya :

Tugu Bundaran Kota Sorendiweri Kabupaten Supiori

Tugu Bundaran Kota Sorendiweri Kabupaten Supiori – foto sekitarsupiori.blogspot

Sedangkan Distrik Supiori Utara adalah distrik dengan luas wilayah terkecil yaitu 79,83 km2.  Pada tahun 2016 Kota ini terdiri dari 5 distrik dan 38 kampung, Distrik Supiori Timur memiliki jumlah kampung terbanyak yaitu 10 kampung dan Distrik Supiori Utara dengan jumlah kampung paling sedikit yaitu 5 kampung.

Adapun batas-batas wilayah Kota Sorendiweri Kabupaten Supiori yaitu:

  • Utara               : Samudra Pasifik
  • Selatan           : Selat Yapen
  • Barat               : Selat Aruri
  • Timur               : Kabupaten Biak Numfor

Keunikan/Kebiasaan Masyarakat Kota Sorendiweri Kabupaten Supiori

Munara Wampasi, Kota Sorendiweri Kabupaten Supiori

Munara Wampasi, kebiasaan Kota Sorendiweri Kabupaten Supiori – Foto: samudranesia

Masyarakat Kota Sorendiweri Kabupaten Supiori mempunyai suatu kebiasaan tahunan yang dimiliki Suku Biak. Kebiasaan tersebut dilakukan setiap air laut surut, yaitu sekitar bulan Juni dan Juli. Kebiasaan ini dinamakan “munara wampasi (pesta musim surut)” atau yang dalam bahasa Indonesia berarti festival tangkap ikan.

Festival tersebut juga diselenggarakan di beberapa tempat, antara lain: Pulau Rani, Kampung Sansundi, Kampung Wandos, dan Kampung Wopes. Pada festival munara wampasi, seluruh masyarakat berjalan hingga ke tengah laut yang sedang surut.

Leave a Reply