Daftar Wisata, Alam, Budaya, City Tour, Museum

Melirik Indahnya 5 Tempat Wisata di Kota Langsa

tempat wisata di Kota Langsa

tempat wisata di Kota Langsa - Sumber: pikniktoday.com

Berkunjung ke Aceh, jangan sampai melewatkan tempat wisata di Kota Langsa yang dikenal menarik dan alamnya yang indah. Mungkin Kota Langsa terdengar asing di telinga apalagi jika kalian bukanlah orang dari kawasan Aceh. Meskipun kota kecil, tempat wisata di Kota Langsa cukup banyak dan menarik perhatian wisatawan, lho. Selain itu, tempat wisata di Kota Langsa juga terawat dan asri membuat wisatawan betah berada di tempat tersebut.

Kota Langsa adalah salah satu kota di Aceh. Hal unik dari kota yang hanya seluas 262 km persegi ini yakni menerapkan syariat islam. Tak hanya itu, kota yang terletak sekita 400 km dari Kota Banda Aceh ini sering disebut sebagai kota pendidikan, kota perdagangan, kota kuliner, dan kota wisata. Bisa dibayangkan betapa menariknya potensi wisata yang bisa dijelajahi di Kota Langsa ini, bukan?

Nah, sebelum mengunjung Kota Langsa ini, ada baiknya untuk tahu destinasi wisata apa saja yang ada di Kota Langsa ini agar liburanmu ke tempat ini jadi lebih jelas dan tahu mau berkunjung ke mana. Berikut ini ada 5 tempat wisata di Kota Langsa yang sayang banget kalo tidak dikunjungi.

1. Hutan Mangrove Kuala Langsa

Tempat Wisata di Kota Langsa

Hutan Mangrove Kuala Langsa, Tempat Wisata di Kota Langsa – Sumber: Langsa.co.id

Tempat yang satu ini jadi primadona di Kota Langsa. Hutan Mangrove ini berlokasi di Kuala Langsa, Kawasan Langsa Barat ini dikenal dengan keelokan dan suasanya yang asri. Tempat wisata ala mini juga sudah dilirik oleh wisatawan asing dan dibuat berbagai penelitian seputar mangrove berskala nasional dan internasional, lho.

Saat ini tak kurang dari 38 jenis mangrove terdapat disini menjadikan Hutan Mangrove Langsa ini menjadi salah satu hutan mangrove terlengkap. Ohya, disini juga ada populasi kera. Jadi, jangan kaget jika bertemu kera-kera lucu di hutan mengrove hits ini.

Selain Taman Hutan Mangrove Kuala Langsa ini banyak jenisnya juga sudah dilengkapi berbagai Fasilitas umum mulai dari Jalur Treknya, Pos, Mushola, Kantin, Toilet hingga kawasan dermaga dan tower yang menjadi spot utama wisatawan. Bahkan area kantin dibuatkan tempat tersendiri sehingga tertata dengan baik. Toiletnyapun bersih dan musholanya cukup luas menampung wisatawan yang ingin sholat.

2. Pantai Kuala Geulumpang

Pantai Kuala Geulumpang Tempat Wisata di Kota Langsa

Pantai Kuala Geulumpang, Tempat Wisata di Kota Langsa – Sumber: wisato.id

Tempat wisata di Kota Langsa lainnya adalah Pantai Kuala Geulumpang. Pantai ini punya panorama alam yang sangat memesona dengan perairan biru Kristal berbaur dengan pasir putih yang halus. Lokasinya ada di wilayah timur Provinsi Aceh dan berbatasan langsung dengan Selat Malaka.

Wisatawan juga dapat menikmati eloknya Pantai Kuala Geulumpang ini secara bebas dan nyaman. Lingkunganya yang bersih dan bebas dari sampah menjadikan Pantai Kuala Geulumpang ini destinasi wisata yang menarik di Kota Langsa.

Baca Juga ya : 

3. Taman Bambu Runcing Langsa

Melirik Indahnya 5 Tempat Wisata di Kota Langsa 1

Sumber: steemit.com

Setelah asik mampir kea lam, kini saatnya berkunjung ke salah satu taman di Kota Langsa. Namanya adalah Taman Bambu Runcing Langsa. Di tempat ini etrdapat monument berbentu bamboo yang sering dijadikan spot foto oleh para pengunjung taman. Lingkungan taman bamboo ini asri, rapi, dan terawat sehingga jadi tempat yang nyaman untuk dikunjungi buat jalan-jalan sore. Jika hari mulai gelap, taman bamboo ini punya air mancur dengan lampu warna warni yang sangat menarik.

4. Hutan Kota Langsa

Hutan Kota Langsa

Hutan Kota Langsa – Sumber: tribunnews.com

Hutan Kota Langsa jadi salah satu tempat wisata di Kota Langsa yang tidak pernah sepi pengunjung. Tempatnya yang menarik dengan berbagai hiburan seperti perahu bebek, jembatan gantung, dan piknik ada di Hutan Kota Langsa ini.

Hutan Kota ini juga punya banyak koleksi pohon yang menghiasi tempat sekitar hingga menjadi sejuk dan segar. Tempat ini seru sekali jika dikunjungi bersama anak-anak, keluarga, atau teman-teman ketika berlibur meski berada di tengah kota.

5. Gedung Balee Juang

Gedung Balee Juang

Gedung Balee Juang -Sumber: novriadi.com

Meski kota kecil, Langsa punya banyak bangunan bersejarah yang dibuka untuk umum sehingga wisatawan dapat mengenal tentang Kota Langsa lebih lagi. Salah satu tempat wisata di Kota Langsa yang diminati adalah Gedung Balee Juang.

Lokasinya ada di persimpangan lampu merah Ahmad Yani, Kota Langsa sehingga kalian pasti dengan mudah dapat menemukan tempat ini. Gedung Balee Juang ini diresmikan oleh wali kota Langsa yakni Tgk Usman Abdullah menjadi Museum Langsa pada 22 Januari 2019.

Gedung ini akhirnya Dialihfungsikan menjadi museum Balee Juang punya beberapa ruangan yang diperuntukkan sebagai tempat barang-barang peninggalan peradaban isalm di Aceh, ruang naskah kuno, hinggga ruang kontemporer yang kaya sejarah.

***

Nah, itulah 5 tempat wisata di Kota Langsa yang menarik untuk dikunjungi. Mana destinasi wisata di Kota Langsa yang menurutmu paling menarik?

Leave a Reply