Alam, City Tour, Daftar Wisata, Tentang Kota, Uncategorised

5 Tempat Wisata di Kota Sabang

Tempat Wisata di Kota Sabang

Tempat Wisata di Kota Sabang - Sumber: idntimes.com

Tempat wisata di Kota Sabang ternyata menimpan pesona yang nggak kalah dengan daerah lain di Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke memiliki potensi dan daya tarik wisatanya masing-masing. Mulai dari pantai, danau, goa, hingga bangunan benteng peninggalan penjajah pun menjadi objek wisata yang sangat menarik untuk dijelajahi.

Dengan memiliki sekitar 17.000 pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke membuat Indonesia tidak pernah kehabisan tempat wisata yang indah. Salah satu wilayah yang destinasi wisatanya cukup menarik ada  di Sabang. Kota Sabang merupakan salah satu Kota di Provinsi Aceh yang menyimpan banyak tempat wisata alam yang menarik.

Terletak di paling ujung Indonesia membuat Kota Sabang dijadikan destinasi wisata para wisatawan yang ingin menjelajah tempat wisata di ujung barat Indonesia. Dengan pesona wisata alam yang cukup menarik, Kota Sabang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Nah, untuk kalian yang penasaran dengan tempat-tempat wisata di Kota Sabang, berikut ini 5 tempat wisata di Kota Sabang yang bisa dikunjungi dan dijadikan referensi perjalanan.

1. Danau Aneuk Laot, Tempat Wisata di Kota Sabang

Danau Aneuk Laot

Danau Aneuk Laot, Tempat Wisata di Kota Sabang – Sumber: jejakpiknik.com

Sabang terletak di Pulau Weh, yakni pulau paling ujung di Indonesia. Meskipun pulaunya tidak terlalu besar, namun disana terdapat beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi, salah satunya adalah Danau Aneuk Laot. Berlokasi di tengah-tengah Kota Sabang, Pulau Weh.

Pesona Danau Aneuk Laot ini tak hanya menjadi Tempat Wisata di Kota Sabang saja tetapi juga sudah menjadi sumber mata air bagi penduduk di Pulau Weh. Tempat ini juga ramai dikunjungi wisatawan dari dalam negeri maupun mancanegara yang ingin melihat pemandangan sunset yang sangat cantik ketika sore menjelang malam.

Baca Juga ya :

2. Benteng Jepang Kota Sabang

Benteng Jepang, Tempat Wisata di Kota Sabang

Benteng Jepang, Tempat Wisata di Kota Sabang – Sumber: horesabang.co.id

Salah satu yang lain dari tempat wisata di Kota Sabang yang kaya sejarah namun tetap menarik adalah Benteng Jepang. Peninggalan penjajah Jepang pun terdapat di Sabang dan kini menjadi tempat wisata sejarah yang cukup menarik untuk dijelajahi. Benteng Jepang di Sabang ini membentuk kompleks yang mana bisa dikelilingi oleh pengunjung.

Benteng-benteng tersebut ialah kompleks Benteng Batere A, Japanese Costral Fortress, dan yang paling dikenal adalah Benteng Anoi Itam. Disana wisatawan dapat melihat sisa-sisa peninggalan Jepang seperti Meriam dan bunker. Menarik sekali, bukan?

 3. Goa Sarang, Tempat Wisata di Kota Sabang

Goa Sarang, Tempat Wisata di Kota Sabang

Goa Sarang, Tempat Wisata di Kota Sabang – Sumber: KSMtour.com

Goa Sarang ini terletak di kaki tebing dan perbukitan Hutan Lindung Pulau Weh yang menjorok ke laut berwarna biru yang sangat jernih. Terdapat 7 goa yang ada dan di dalam goa terdapat ribuan sarang Burung Walet dan juga Burung Walet yang berterbangan. Goa sarang juga menjadi salah satu Tempat Wisata di Kota Sabang yang tak boleh kalian lewatkan untuk dikunjungi loh.

Dengan pepohonan rimbun di atas goa sarang, guratan tebing yang tinggi kokoh, dan juga birunya laut yang dapat memanjakan mata setiap wisatawan yang mengunjungi Goa Sarang. Daya tarik wisatanya yang menawan menjadikan Goa Sarang jadi spot yang keren juga untuk pecinta fotografi maupun alam.

4. Titik 0 km Barat Indonesia

Tempat Wisata di Kota Sabang

Titik 0 km kota Indonesia – Sumber: modusaceh.com

Kilometer 0 atau KM 0 Indonesia ditandai dengan keberadaan Monumen Kilometer Nol yang terletak di Pulau Weh. Tugu ini berlokasi di area Hutan Wisata Sabang tepatnya di Desa Iboih Ujong Ba’u. Adanya monumen KM 0 ini karena Sabang merupakan titik paling barat Kepulauan di Indonesia.

Kamu yang berniat mengunjungi Kota Sabang jangan sampai melewatkan salah satu tempat wisata di Kota Sabang yang unik ini, ya. Jangan lupa juga untuk mencicipi kuliner rujak yang amat menggugah selera terutama saat dinikmati siang hari.

5. Pantai Anoi Itam

Pantai Anoi Itam

Pantai Anoi Itam, Tempat Wisata di Kota Sabang – Sumber: dolandolen.com

Pantai Anoi Itam adalah pantai cantik berpasir hitam yang  juga menjadi destinasi  atau Tempat Wisata di Kota Sabang yang sayang untuk dilewatkan. Pantai Anoi Itam Terletak di ujung tenggara Pulau Weh, Sabang, Pantai Anoi Itam ini punya panorama alam yang memukau dengan airnya yang segar berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Terdapat pula pemandangan Gunung Seulawah yang berdiri kokoh di Pulau Weh. Pantai Anoi Itam juga dikenal dengan pasirnya yang punya kandungan nikel sehingga lebih berat dan berwarna gelap menambah keindahan tempat wisata alam yang satu ini.

6. Wisata Pantai Iboih Sabang

Pantai Iboih Sabang merupakan tempat wisata di kota Sabang kebanggaan Aceh. Di sini pengunjung akan mendapatkan pengalaman pelesir yang menakjubkan apalagi jika sudah merasakan hamparan pasir putih dan skorneling di laut. Berikut ini akan dijelaskan lebih lengkap tentang Pantai yang juga disebut Teupin Layeu ini.

Pantai Iboih Sabang

Pantai Iboih Sabang

Pantai Iboih Sabang merupakan kawasan pelabuhan tetapi memiliki pemandangan yang asri. Maka dari itu, di sini juga dibangun wisata untuk pengunjung yang kebetulan datang ke Aceh.

Jika ingin mendapatkan pengalaman wisata yang menakjubkan silakan datangi pantai ketika sunrise. Karena pemandangan saat matahari terbit tersebut sungguh luar biasa dan bikin pengunjung betah.

**

Nah, itulah 5 tempat wisata di Kota Sabang yang bisa kalian kunjungi. Kota Sabang bukanlah kota yang biasa-biasa saja. Kota Sabang rupanya menyimpan banyak potensi wisata alam yang bisa dijadikan destinasi wisata yang tidak main main.

Maka dari itu, yuk lestarikan tempat wisata di Kota Sabang agar makin dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Mana, nih tempat wisata di Kota Sabang yang paling ingin kalian kunjungi?

 

Leave a Reply