Tentang Kota

Daftar 10 Kota Terbesar di Papua

Kota Jayapura, Kota Terbesar di Papua

Kota Jayapura, Kota Terbesar di Papua - foto tribunews.com

10 Kota Terbesar di Papua – Papua adalah sebuah pulau besar yang terletak dibagian paling Timur Indonesia. Ada beberapa  Kota terbesar di Papua yang tidak belum Anda sadari potensinya. Tak kalah dari kota – kota lainnya, 10 kota terbesar di Papua yang akan kita bahas berikut ini memiliki luas wilayah hingga sejarah yang cukup unik.

Pulau Papua atau atau yang dulu disebut dengan Pulau Irian, adalah pulau terbesar kedua di Dunia setelah Geen Land terletak di sebelah utara Australia. Pulau ini dibagi menjadi dua wilayah yang bagian baratnya dikuasai oleh Indonesia dan bagian timurnya merupakan negara Papua Nugini. Di pulau yang bentuknya menyerupai burung cendrawasih ini terletak gunung tertinggi di Indonesia, yaitu Puncak Jaya (4.884 m).

Daftar 10 Kota Besar di Papua

1. Kota Jayapura

Kota Jayapura, Kota Terbesar di Papua

Kota Jayapura, Kota Terbesar di Papua – foto tribunews.com

Kota Jayapura adalah kota terbesar di Papua yang terletak paling timur dari Indonesia tepatnya di Teluk Jayapura. Kota yang satu ini didirikan oleh Kapten Infanteri F.J.P Sachse yang berasal dari kerajaan Belanda pada tanggal 7 Maret 1910. Nama Jayapura diadaptasi dari bahasa Sansekerta, jaya yang artinya kemenangan dan pura berarti kota.

Jadi kota Jayapura berarti kota kemenangan. Rupanya tak hanya nama saja, faktanya kota Jayapura memang terkenal karena kemajuan perekonomian maupun bisnis di Papua. Di kota ini juga sudah ada berbagai sarana seperti pusat perbelanjaan, hotel berbintang, tempat – tempat hiburan, hingga restoran sebagai tempatnya para wisatawan berburu kuliner khas kota ini.

2. Kota Sorong

Kota Sorong merupakan sebuah kota terbesar di Papua  yang memiliki luas wilayah 1.105,00 kilometer persegi. Kota ini dikenal sebagai pintuk keluar masuknya menuju Papua Barat.

Mall kota Sorong

Mall kota Sorong – foto infopediatoday.com

Tidak kalah dengan Jayapura, kota ini juga sangat maju didukung oleh sumber daya alam yang sangat melimpah yang sering dilirik oleh para investor dari dalam maupun luar negeri untuk menanamkan modalnya.

Tak hanya itu, kota Sorong juga memiliki struktur topografi yang bervariasi seperti bukit, lereng, pegunungan, dataran rendah dan hutan lindung dengan pemandangan alam yang sangat indah.

3. Kota Merauke

Nama Merauke pertama kali diambil dari cerita saat bangsa Belanda pertama masuk di wilayah ini, tepatnya di sungai Mari.  Awalnya singgah di kota ini, bangsa Belanda bertanya pada suku asli Merauke yang bernama suku Marind.

Karena keterbatasan bahasa pada suku Marind, mereka hanya menjawab “Maro Ka Ehe” yang berarti “sungai Maro” dan akhirnya diputuskan pulau tersebut dinamai Merauke seperti yang kita kenal sampai saat ini. Kota Merauke mempunyai luas wilayah yakni 46.792 kilometer persegi sehingga kota ini termasuk kota terbesar di Papua.

Kota Terbesar di Papua

Kota Merauke. Kota Terbesar di Papua – Sumber : portalmerauke

Selain wilayahnya yang sangat luas, kota Merauke memiliki kenampakan alam yang tidak jauh dari Australia Utara. Demikian juga hewan – hewan khas kota Merauke seperti jenis kangguru kecil, rusa dan beberapa hewan lainnya.

Kota Merauke memang sangat mengasyikkan untuk digali, terutama bagi yang suka wisata kuliner, kuliner khas kota Merauke memiliki cita rasa yang unik dan khas seperti semur dendeng dan sate daging rusa. Tertarik berkunjung?

Baca Juga ya :

4. Kota Manokwari

Manokwari adalah salah satu Kota Terbesar di Papua atau tepatnya di Provinis Papua Barat. Manokwari juga merupakan ibu kota dari Provinsi Papua Barat, Indonesia. Kota ini memiliki luas wilayah 1.556,94 km² dan berpenduduk sebanyak kurang lebih 201.218 jiwa (2015).

Kota Manokwari, Kota Terbesar di Papua

Kota Manokwari, Kota Terbesar di Papua – foto visitpapuabarat.blogspot

Kota Manokwari terletak di pantai utara Daerah Kepala Burung Pulau Papua. Kota ini merupakan salah satu kota bersejarah bagi masyarakat Kristen di Papua karena pada tanggal 5 Februari 1855, dua orang penginjil mendarat di Pulau Mansinam dan memulai karya penyebaran agama Kristen Protestan di kalangan suku-suku yang masih suka berperang satu sama lain.

Manokwari membentang di Teluk Doreri, dan di tengah perbukitan rendah didominasi oleh pegunungan Arfak di selatan. Kota Manokwari memiliki sebuah bandar udara yang disebut dengan Bandar Udara Rendani. Maskapai penerbangan yang beroperasi seperti Express Air, Sriwijaya Air, Susi Air, Trigana Air, dll. Jarak antara Bandar Udara Rendani ke pusat kota Manokwari sekitar 5 km jarak tempuh.

5. Kota Timika

Kota Terbesar di Papua

Kota Timika, Kota Terbesar di Papua – Sumber : Hipwee

Selanjutnya adalah kota Timika yang juga merupakan ibu kota Kabupaten Mimika, Papua. Kota ini memiliki luas wilayah yaitu 21.633 kilometer persegi. Masih ingatkah Anda? Kota Timika ini adalah kota dimana PT. Freeport Indonesia berada.

Penduduk di kota ini mayoritas adalah pendatang dari berbagai wilayah termasuk dari luar negeri. Hampir 2000 orang WNA saat ini berdomisili di Kota Timika. Para WNA tersebut kebanyakan berasal dari Amerika Serikat, sisanya berasal dari Jepang, Kanada, Australia dan Jerman.

Baca Juga :

6. Kota Biak

Kota Terbesar di Papua selanjutnya adalah Kota Biak yang juga sekaligus menjadi ibu kota dari Kabupaten Biak Numfor. Kabupaten Biak Numfor adalah salah satu kabupaten yang ada di provinsi Papua, Indonesia.

Wilayah otonom yang kini disebut sebagai Kabupaten Supiori pernah menjadi bagian dari kabupaten ini. Penduduk kabupaten ini pada tahun 2018 berjumlah 148.404 jiwa, dengan rincian 76.286 jiwa laki-laki dan 72.118 jiwa perempuan.

Sudut Jalan di Kota Biak

Sudut Jalan di Kota Biak – foto nabire.net

Kabupaten ini tidak berada di pulau Irian, melainkan pulau sendiri, yang berdampingan dengan Kabupaten Supiori, dengan memiliki dua pulau Utama, yaitu Pulau Biak dan Pulau Numfor. Kabupaten Biak Numfor terletak di Teluk Cenderawasih. Letak geografis ini memberikan kenyataan bahwa posisinya sangat strategis untuk membangun kawasan industri, termasuk industri pariwisata.

Kabupaten ini merupakan gugusan pulau yang berada di sebelah utara daratan Papua dan berseberangan langsung dengan Samudera Pasifik. Posisi ini menjadikan Kabupaten Biak Numfor sebagai salah satu tempat yang strategis dan penting untuk berhubungan dengan dunia luar terutama negara-negara di kawasan Pasifik, Australia atau Filipina.

Kabupaten Biak Numfor terdiri dari 2 (dua) pulau kecil, yaitu Pulau Biak dan Pulau Numfor serta lebih dari 42 pulau sangat kecil, termasuk Kepulauan Padaido yang menjadi primadona pengembangan kegiatan dari berbagai pihak. Luas keseluruhan Kabupaten Biak Numfor adalah 5,11% dari luas wilayah provinsi Papua.

7. Kota Nabire

Kota Nabire menjadi salah satu Kota Terbesar di Papua selanjutnya. Kota ini juga menjadi pusat pemerintah dari Kabupaten Nabire yakni salah satu kabupaten di provinsi Papua, Indonesia. Secara peta, Ibu kota kabupaten ini terletak di punggung Pulau Irian atau pulau Papua. Jumlah penduduk kabupaten Nabire berjumlah 147.921 jiwa (2018).

Kota Nabire, Kota terbesar di Papua

Kota Nabire, Kota terbesar di Papua – foto tubomana.blogspot

Di kota Nabire ada sebuah bandara yang cukup besar bernama Bandara Douw Aturure. Bandara ini rencananya akan menjadi bandara besar dan penghubung antar kabupaten karena keberadaan Nabire yang strategis di tengah Provinsi Papua, sehingga akan menjadi simpul bagi wilayah yang berada di sekitarnya, yaitu Paniai, Dogiyai, Diyai, Intan Jaya, Puncak Jaya, Puncak, Waropen, Wondama dan Kaimana.

Kabupaten Nabire terdiri atas 15 distrik, 9 kelurahan, dan 72 kampung dengan total luas 12.075,00 km² dan jumlah penduduk sebanyak 145.101 jiwa (2017). Kode Wilayah Kabupaten Nabire adalah 91.04. Pada tahun 2017, versi Kemendagri, Kabupaten ini memiliki luas wilayah 11.112,61 km² dan jumlah penduduk 166.463 jiwa (2017).

8. Kota Sentani

Diurutan selajutnya ada Kota Sentani yang menjadi Kota Terbesar di Papua. Kota Setani adalah pusat pemerintahan dan juga pusat ibu kota dari Kabupaten Jayapura yakni salah satu kabupaten di provinsi Papua, Indonesia.

Kota Sentani, kota terbesar di papua

Kota Sentani, kota terbesar di papua – foto antara

Secara Lokasi, Kota Sentani hanya berada sekitar 33 km dari pusat Kota Jayapura. Jumlah penduduk kabupaten ini berjumlah 125.975 jiwa (2017), dimana jumlah penduduk laki-laki 66.307 jiwa dan perempuan 59.668 jiwa, dan ditahun 2018, kabupaten ini berpenduduk 128.587 jiwa.

Kabupaten Jayapura terdiri atas 19 distrik, 5 kelurahan, dan 139 kampung dengan total luas 17.516,60 km² dan jumlah penduduk sebanyak 125.975 jiwa (2017). Kode Wilayah Kabupaten Jayapura adalah 91.03. Pada tahun 2017, data berbeda ditampilkan Kemendagri, Kabupaten Jayapura memiliki luas wilayah 11.157,15 km² dan jumlah penduduk sebesar 165.404 jiwa dengan sebaran penduduk 15 jiwa/km².

9. Kota Serui

Selain Biak, Papua juga memiliki sebuah kepulauan yang juga menjadikan kotanya sebagai salah satu Kota Terbesar di Papua yakni kota Serui. Serui adalah sebuah Kota di Papua, Indonesia sekaligus menjadi ibu kota Kabupaten Kepulauan Yapen yang terletak di distrik Yapen Selatan.

Kota Serui kabupaten Kepulauan Yapen, Kota terbesar di papua

Kota Serui kabupaten Kepulauan Yapen, Kota terbesar di papua – twitter @kotaserui

Kabupaten ini dahulu bernama Kabupaten Yapen Waropen, yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1969 tentang Pembentukan Provinsi Otonom Irian Barat dan Kabupaten-kabupaten Otonom di Provinsi Irian Barat.

Jumlah penduduk Kepulauan Yapen berjumlah 97.412 jiwa (2018). Dalam perkembangannya terdapat aspirasi masyarakat Kabupaten Yapen Waropen yang menginginkan adanya perubahan nama dari kabupaten tersebut menjadi Kabupaten Kepulauan Yapen.

10. Kota Wamena

Dan Kota Terbesar di Papua terkahir adalah kota Wamena. Kota Wamena merupakan salah satu Kota yang berada dikawasan pegunungan Ppaua. Kota ini juga tentunya sebuah kota yang menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, Indonesia.

Wamena berasal dari bahasa Dani yang terdiri dari dua kata “Wa” dan “Mena”, yang berarti “Babi Jinak”. Wamena adalah pusat kota di daerah pedesaan yang menampung dataran tinggi dengan konsentrasi populasi tertinggi di Papua, dengan lebih dari 300.000 orang menghuni Lembah Baliem dan daerah sekitarnya. Orang-orang ini termasuk dalam sejumlah kelompok etnis terkait, yang paling menonjol adalah Dani, Lani dan Yali.

Kota Wamena

Kota Wamena – foto independensi.com

Berbeda dengan kota-kota besar lainnya di Papua, seperti Timika, Jayapura, Sorong, dan Merauke, Wamena merupakan surga dan mutiara yang belum banyak tersentuh di pedalaman pegunungan tengah Papua.

Kota yang terletak di lembah Baliem dan dialiri oleh sungai Baliem serta diapit pegunungan Jayawijaya di selatannya memiliki ketinggian sekitar 1800 meter di atas permukaan laut. Kota Wamena masih memiliki udara yang segar dan jauh dari polusi udara seperti kota-kota besar lainnya di Indonesia.

***

Itulah 10 kota terbesar di Papua yang bisa dijadikan tujuan travelling. Bagi Anda yang tertarik mengunjungi kota – kota tersebut jangan lupa siapkan budget yang cukup karena di tempat – tempat di atas memiliki biaya hidup yang lumayan tinggi.

1 Comment

  1. Saya kurang begitu hafal dengan kota kota besar yang ada di papua, berharap bisa mengunjungi papua untuk menambah pengetahuan tentang kebangsaan, trimakasih setidaknya saya mendapatkan pengetahuan lebih dengan membaca artikel ini..

Leave a Reply