Daftar Wisata

6 Tempat Wisata di Kabupaten Supiori

Pulau Rani, Wisata Andalan Kabupaten Supiori. Foto: www.mangandosetiawan.com

Pulau Rani, Wisata Andalan Kabupaten Supiori. Foto: www.mangandosetiawan.com

Kabupaten Supiori terletak di ujung timur Indonesia, tepatnya di Provinsi Papua. Berlokasi di area kepulauan, membuat kabupaten ini sebenarnya tak kalah cantik dari Raja Ampat. Wisata baharinya sangat menarik untuk dijelajahi. Namun, saat ini pesonanya belum banyak diketahui oleh banyak orang.

Kabupaten Supiori beribukota di Sorendiweri, bertempat di Pulau Supiori. Dari Kota Biak, jarak tempuh menuju Kabupaten Supiori sekitar 2,5 jam perjalanan. Jika pengunjung memerlukan pendampingan wisata di daerah ini, pengunjung bisa mendatangi Dinas Pariwisata Kabupaten Supiori yang buka dari jam 10 pagi hingga jam 4  sore.

1. Festival Laut Munara Wampasi

Kegiatan Munara Wampasi di Kabupaten Supiori. Foto: pesona.travel

Kegiatan Munara Wampasi di Kabupaten Supiori. Foto: pesona.travel

Sekitar bulan Mei hingg Agustus, ombak di perairan Supiori biasanya cenderung surut. Kondisi ini dimanfaatkan oleh penduduk sekitar untuk mengadakan Munara Wampasi atau Pesta Musim Surut. Dalam tradisi suku Biak ini, masyarakat akan berjalan bersama-sama menuju laut yang tengah surut. Kemudian masyarakat akan menangkap berbagai biota laut yang bisa dimakan, diantaranya berbagai jenis ikan, belut laut dan kerang.

Tak hanya bermodalkan tangan kosong, warga setempat juga menggunakan kalawai atau alat penombak ikan, dan lastop atau alat pemanah ikan. Acara tradisi ini bisa kita temukan di Kampung Wandos, Kampung Sansundi, Kampung Wopes dan Pulau Rani.

2. Berselancar di Perairan Supiori

Berselancar di Pantai Wafor, Perairan Supiori. Foto: papuabangkit.com

Berselancar di Pantai Wafor, Perairan Supiori. Foto: papuabangkit.com

Kegiatan berselancar juga menjadi daya tarik utama di Kabupaten Supiori. Jika ingin menemukan ombak untuk berselancar di Perairan Supiori, maka pengunjung harus datang di sekitar bulan September hingga Desember. Sedangkan masa puncak ombak tertinggi biasanya tiba di bulan November. Pantai favorit untuk berselancar di sini adalah Pantai Wafor dan Pantai Sawabas.

Baca juga ya: 6 Tempat Wisata di Kabupaten Sarmi

3. Memancing di Pantai Pariem

Pemandangan Pantai Pariem. Foto: id.wikipedia.org

Pemandangan Pantai Pariem. Foto: id.wikipedia.org

Bagi para penggemar kegiatan memancing tidak boleh melewatkan kesempatan memancing di Pantai Pariem. Karena di perairan di sekitarnya terdapat berbagai jenis ikan yang menarik untuk ditangkap. Bahkan warga setempat juga telah menyediakan berbagai fasilitas, seperti pemandu memancing, kapal dan peralatan memancing bagi pengunjung. Harga sewa per kapalnya sekitar Rp500.000.

Namun, perlu diperhatikan agar pengunjung tidak merencanakan kegiatan memancing ini di hari Minggu. Karena di hari tersebut penduduk setempat akan fokus beristirahat dan beribadah.

Selain memancing, pengunjung akan disuguhi pemandangan indah Gunung Sombunem dan Tanjung Sansundi di sisi timur pantai. Untuk bisa mencapai Pantai Pariem sendiri hanya membutuhkan waktu tempuh lima menit dari ibukota kabupaten Sorendiwari.

4. Keindahan Air Terjun Wabudori

Menikmati Air Terjun Wabudori di Supiori Barat. Foto: listunita.blogspot.com

Menikmati Air Terjun Wabudori di Supiori Barat. Foto: listunita.blogspot.com

Tak hanya memiliki potensi wisata bahari, Kabupaten Supiori juga ternyata memiliki daya tarik wisata lainnya. Salah satunya adalah Air Terjun Wabudori yang terletak di Kampung Wabudori, Distrik Supiori Barat.

Keunikan air terjun ini adalah adanya tujuh tingkatan air terjun. Jika ingin mendatangi ketujuh tingkatannya, wisatawan perlu datang lebih pagi agar memiliki waktu lebih banyak untuk menjelajahi tempat ini. Untuk bisa mencapai tempat ini,  pengunjung perlu mengendarai perahu melewati Sungai Wabudori terlebih dahulu, sebelum akhirnya tiba di air terjun ini.

5. Air Terjun Masriv di Supiori Selatan

Air Terjun Masriv di Supiori Selatan. Foto: ksdae.menlhk.go.id

Air Terjun Masriv di Supiori Selatan. Foto: ksdae.menlhk.go.id

Ada satu lagi wisata air terjun yang terkenal di Kabupaten Supuori. Adalah Air Terjun Masriv yang terletak di Korido, Supiori Selatan. Di depan air terjun mebentuk seperti telaga. Air di sini terasa dingin, juga bersih.

Air terjun Masriv terdiri dari beberapa tingkatan. Uniknya di salah satu tingkatan itu membentuk seperti sebuah goa, yang bisa dimasuki. Untuk mendapat pemandangan terbaik, pengunjung disarankan berjalan sedikit naik ke arah jalan setapak di dekat air terjun. Waktu tempuh untuk mencapai air terjun ini hanya sekitar 10 menit dari Dermaga Korido. Tempat parkirnya sendiri cukup luas. Jarak antara tempat parkir dan sungainya pun cukup dekat.

6. Menjelajah Pulau Rani

Pulau Rani, Wisata Andalan Kabupaten Supiori. Foto: www.mangandosetiawan.com

Pulau Rani, Wisata Andalan Kabupaten Supiori. Foto: www.mangandosetiawan.com

Pasir putih nan lembut akan menyambut wisatawan setibanya di Pulau Rani. Pulau ini menjadi obyek wisata unggulan di Kabupaten Supiori. Kegiatan seperti jelajah pulau, bermain di pantai, snorkeling, dan menikmati matahari terbenam pun tak boleh dilewatkan. Ketika air surut, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan pasir timbul, yang akan menghubungkan Pulau Rani dengan Pulau Insumbabi, yang ada di sebelahnya.

Pulau Rani terletak di Distrik Kepulauan Aruri. Apabila sedang beruntung, pengunjung bisa mendapati  lumba-lumba ketika dalam perjalanan menuju Pulau Rani.

Baca juga artikel menarik berikut: 6 Tempat Wisata di Kota Mulia, Puncak Jaya

Leave a Reply