City Tour, Masjid

Mirip Masjid Nabawi, Inilah Pesona Masjid Ar Rahman Blitar

Menara Masjid Ar Rahman Blitar

Menara Masjid Ar Rahman Blitar - foto @masjidarrahmanmayangkaragroup

Masjid Ar Rahman Blitar – Jika kamu memiliki rencana untuk mengunjungi Blitar dalam waktu dekat maka sempatkanlah untuk mengunjungi Masjid Ar Rahman Blitar. Banyak yang mengatakan bahwa masjid yang baru diresmikan 25 Desember 2019 ini merupakan prototype dari Masjid Nabawi di Madinah, Arah.

Sekilas mengenai kota Blitar, kota ini terletak di kaki gunung Kelud atau sebelah selatan Povinsi Jawa Timur. Ada banyak nama yang disematkan kepada kota Blitar seperti Kota Proklamator, Kota Patria, sampai dengan Kota Koi karena hanya dikota ini ikan Koi khas Jepang bisa dibudidaya dengan baik.

Masjid Ar Rahman Blitar

Masjid Ar Rahman Blitar – foto mayagkaranesw

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, memang membenarkan bahwa Masjid Ar Rahman Blitar ini merupakan representasi dari Masjid Nabawi di kota Madinah. Dimana salah satu alasan dibangunnya Masjid ini adalah harapan bisa menciptakan kehidupan yang harmonis di kota Blitar sama seperti kehidupan di kota Madinah.

Masjid Ar Rahman Blitar menjadi sebuah ruang khusus sekaligus juga akan menjadi pusat dari Islamic Center atau menjadi pusat kegiatan literasi agama Islam khususya di kota Bersejarah ini.

Baca juga:

Bagian dalam Masjid Ar Rahman Blitar

Bagian dalam Masjid Ar Rahman Blitar – foto @mayangkara.news’s

Lokasi Masjid Ar Rahman Blitar

Tidak sulit untuk menemukan Masjid Ar Rahman di Blitar ini terlebih jika kamu juga suka dengan kerajinan kayu. Ini karena lokasi Masjid dengan sentra kerajinan kayu kota Blitar sangat berdekatan.

Lokasi Masjid Ar Rahmah terletak di Jalan Ciliwung, Kepanjenkidul. Kepanjengkidul sendiri merupakan sebuah kecamatan dimana kampung wisata sentra kerajinan kayu berada. Di kampung wisata ini kamu nantinya akan mudah menemui pengrajin kayu yang sudah mencapai pasar Nasional bahkan Internasional.

Bagian dalam Masjid Ar Rahman Blitar

Bagian dalam Masjid Ar Rahman Blitar – foto @mayangkara.news’s

Kecamatan Kepanjenkidul merupakan kecamatan setelah kecamatan Sananwetan dimana makam Bung Karno berada. Jadi kamu kamu ingin mengunjungi makam Bung Karno, tidak ada salahnya kamu singgah di Masjid Ar Rahman Blitar untuk beribadah ataupun istirahat sejenak.

Arsitektur Masjid Ar Rahman Blitar

Seperti sudah disinggung diawal, Masjid Ar Rahman Blitar merupakan Masjid yang dibuat mirip dengan Masjid Nabawi di kota Yastrib. Kemiripan ini dapat dilihat dari gaya arsitektur serta oranamen-ornamen bangunan yang dibuat semirip mungkin dengan Masjid Nabawi. Tapi apa saja ornamen tersebut?

1. Payung Raksasa Masjid Ar Rahman Blitar

Payung Raksasa di Masjid Ar Rahman Blitar

Payung Raksasa di Masjid Ar Rahman Blitar – @tietin_annisa

Jika di halaman depan Masjid Nabawi terdapat payung besar, hal yang sama juga bisa kamu ditemui di Masjid Ar Rahman Blitar. Fungsi utama dari payung ini hampir sama dengan payung pada umumnya: untuk melindungi dari terik sinar matahari dan hujan yang turun.

Perbedaan yang paling mencolok dari payung yang ada di Masjid Nabawi dan Masjid Ar Rahman Blitar hanya pada ukuran dan jumlahnya. Payung di Masjid Ar Rahman memiliki ukuran yang lebih kecil dan jumlah yang lebih sedikit dibandingkan payung yang ada di Masjid Nabawi.

2. Menara Masjid Ar Rahman Blitar

Menara Masjid Ar Rahman Blitar

Menara Masjid Ar Rahman Blitar – foto @masjidarrahmanmayangkaragroup

Sama halnya dengan payung, menara Masjid Ar Rahman juga dibuat semirip mungkin dengan masjid Nabawi di Manidah. Hanya saja ukuran dan jumlah menara di Masjid Ar Rahman tidak sebesar dan sebanyak yang dimiliki Masjid Nabawi, Madinah.

Menara Masjid Ar Rahman Blitar hanya ada 2 buah yakni disebalh sisi kiri dan sebelah sisi kanan bangunan utama Masjid. Namun kedua menara tersebut terlihat sangat indah dan pas dengan sentuhan design yang apik plus kubah-kubah dan payung disekitarnya.

3. Bentuk Kubah Masjid Ar Rahman Blitar

Kubah Masjid Ar Rahman Blitar

Kubah Masjid Ar Rahman Blitar – foto @desianaod

Ukuran kubah Masjid Ar Rahman Blitar sudah jelas berbeda karena ukurannya lebih kecil dari masjid Nabawi, namun ada hal lain yang membedakannya lagi yakni bentuk ukirannya. Ukiran Masjid Ar Rahman Blitar berbeda dengan Masjid Nabawi karena kedua kubah dibuat dengan bahan dan ukuran yang berbeda.

Kubah Masjid Ar Rahman Blitar dibuat versi mininya masjid Nabawi. Namun pesona keindahan kubah Masjid Ar Rahman Blitar masih tetap terlihat menarik, megah dan menawan apalagi dipadukan dengan menara disebalah sisi-siisnya dan juga dengan design pintu hingga jendelanya.

Baca juga ya :

4. Pintu Masjid Ar Rahman Blitar

Masjid Ar Rahman Blitar

Masjid Ar Rahman Blitar – foyo picuki

Pada bagian Pintu Masjid Ar Rahman dibuat semirip mungkin dengan design pintu Masjid Nabawi. Mulai dari ukiran sampai dengan tulisan Muhammad Rasullulah yang terletak di bagian tengah pintu juga terlihat mirip. Itulah mengapa Masjid Ar Rahman Blitar ini semakin mirip dengan masjid Nabawi.

5. Langit-Langit pada Masjid Ar Rahman Blitar

arsitek Masjid Ar Rahman Blitar

arsitek Masjid Ar Rahman Blitar – foto @desianaod

Untuk design Langit-Langit Masjid Ar Rahman dibuat mirip dengan Masjid Nabawi yang berbentuk melengkung setengah lingkaran berwarna hijau tua dan putih. Jika kita lihat dari dalam akan terlihat sangat luar lebar dan besar. Apalagi lengkungan atau bundaran pada langit-langit Masjid Ar Rahman Blitar ini di design dengan seni tinggi.

6. Ornamen Bagian Depan Masjid Ar Rahman Blitar

Tampak depan Masjid Ar Rahman Blitar

Tampak depan Masjid Ar Rahman Blitar – foto @ai.pambayun

Ornamen bagian depan arah sholat dibuat sangat mirip dengan pintu Ka’bah yang berwarna emas.  Ornamen ini menjadikan melaksanakan shalat di Masjid Ar Rahman menjadi serasa shalat didepan Ka’bah di Masjidil Haram, Arab. Ornamen ini menjadikan siapa saja yang shalat di Masjid Ar Rahman menjadi lebih khusyu jika dibandingkan shalat ditempat lain.

**

Gimana pendapat kamu tentang Masjid Ar Rahman Blitar ini? Pasti bikin penasaran ya? Atau justeru kamu sudah pernah kesana? Tulis pendapat kamu di kolom komentar ya tentang Masjid Ar Rahman Blitar ini.

 

 

 

 

Leave a Reply