Budaya

Masjid Al Kubro Lidah Wetan Surabaya, Destinasi Wisata Religi Yang Menenangkan

masjid al kubro lidah wetan

masjid al kubro lidah wetan surabaya

Kota Surabaya tidak hanya dikenal dengan tempat wisata alam dan kuliner-nya saja. Tetapi juga ada tempat wisata religius yang cukup terkenal namanya adalah Masjid Al Kubro Lidah Wetan Surabaya.

Di sini pengunjung tidak hanya bisa melihat arsitektur masjid yang wah, tetapi juga bisa beribadah dengan khusuk di dalamnya terutama untuk umat muslim. Maka dari itu, jika sedang ke Kota Pahlawan jangan lupa mampir ke sana.

masjid al akbar lidah wetan

Keunikan Masjid Al Kubro Lidah Wetan

Jika datang ke masjid Al Kubro Lidah Wetan, pengunjung bisa melakukan banyak hal yang unik. Ini dia beberapa keunikan yang dimaksud:

Baca Juga: 5 Museum Di Kota Medan

Ziarah Makam Sawunggaling

Masjid Al Kubro Lidah Wetan memiliki keunikan tersendiri tepatnya pada hari kamis kliwon. Yang mana di sini ada tradisi ziarah makam Sawunggaling yang dianggap pahlawan asli Suroboyo yang kuburannya berada di area masjid.

Setiap pengunjung yang ziarah hari itu akan disuguhkan kuliner gratis sejenis tumpeng yang diberi nama Buceng oleh masyarakat sekitar. Makanan tersebut akan dinikmati bersama-sama pasca melantunkan doa yang dibimbing oleh juru kunci.

Selain hari khusus tersebut masjid Al Kubra tetap ramai pengunjung. Terutama yang memang sengaja ingin berwisata religi dengan mendatangi masjid besar dan anggun ini.

Gelar Budaya Sawunggaling

Jika ingin datang ke masjid Al Kubro silakan kunjungi antara bulan september dan november, tepat di hari kamis kliwon. Karena di hari itu biasanya ada pagelaran budaya Sawunggaling yang berupa kirab budaya yang menjadikan jalan depan masjid sebagai finish.

Di acara tersebut pengunjung tumpah ruah ke jalanan menonton pawai. Bahkan pesertanya saja mencapai ribuan orang yang menggunakan pakaian adat Surabaya tempo dulu.

Ini juga menjadi keunikan di sekitar masjid yang rugi jika tidak ditonton. Maka dari itu, jika sedang ke Surabaya mampir sejenak di waktu yang sudah dijelaskan di atas.

Jam Buka Masjid Al Kubro Surabaya

Pengunjung bisa mendatangi Masjid Al Kubro Lidah Wetan Surabaya kapanpun sesuai keinginan. Karena pihak masjid membuka tempat ibadah ini 24 jam non stop.

Tempat ziarah makam Sawunggaling juga dibuka sehari semalam tanpa henti. Sedangkan juru kunci yang berjaga bergantian dengan sistem sift.

Jadi jika kemalaman tiba di masjid maka bisa langsung beribadah di sana. Sedangkan jika ingin berziarah tinggal menuju arealnya saja yang pastinya sudah ada juru kunci yang stand by menunggu.

Sarana Masjid Al Kubro

Masjid Al Kubro Lidah Wetan disaranai dengan baik dengan perawatan yang juga berkualitas. Selain ruang dalam masjid ber-ac plus beberapa kipas angin kategori standing, ruangnya juga sangat luas sehingga bisa beribadah dengan nyaman.

Unit tempat wudhu juga banyak sehingga pengunjung tidak perlu antri padahal jam sholat sudah masuk. Sehingga risiko ketinggalan sholat berjamaah tidak akan terjadi.

Sarana parkir masjid juga cukup luas cuma lokasinya saja yang dibedakan. Untuk parkir sepeda motor ada di samping masjid. Sedangkan parkir mobil diletakkan di belakang masjid.

Sarana semacam ini yang bisa membuat pengunjung nyaman beribadah maupun berziarah. Apalagi petugas jaganya profesional dan siap memberi keamanan terbaik kepada pengunjung.

Alamat Dan Rute Menuju Masjid

Masjid Al Kubro berada di Jl. Raya Lidah Wetan Lidah Wetan Kec Lakarsantri Kota SBY Jawa Timur. Area yang mudah diakses serta sudah tersambung dengan Google Map.

Rute untuk sampai ke masjid sangat mudah terutama jika berangkat dari SMPN 22 Surabaya. Karena tinggal naik bis kode H2P maka pasti akan diantar hingga ke jalan depan masjid.

Demikian sekilas profil Masjid Al Kubro Lidah Wetan Surabaya yang selalu ramai pengunjung. Silakan didatangi jika ingin berwisata religi yang lebih khusuk dan menyenangkan.

Leave a Reply