Masjid Al Kubro Lidah Wetan Surabaya, Destinasi Wisata Religi Yang Menenangkan - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Budaya

Masjid Al Kubro Lidah Wetan Surabaya, Destinasi Wisata Religi Yang Menenangkan

masjid al kubro lidah wetan

masjid al kubro lidah wetan surabaya

Kota Surabaya tidak hanya dikenal dengan tempat wisata alam dan kuliner-nya saja. Tetapi juga ada tempat wisata religius yang cukup terkenal namanya adalah Masjid Al Kubro Lidah Wetan Surabaya.

Di sini pengunjung tidak hanya bisa melihat arsitektur masjid yang wah, tetapi juga bisa beribadah dengan khusuk di dalamnya terutama untuk umat muslim. Maka dari itu, jika sedang ke Kota Pahlawan jangan lupa mampir ke sana.

masjid al akbar lidah wetan

Keunikan Masjid Al Kubro Lidah Wetan

Jika datang ke masjid Al Kubro Lidah Wetan, pengunjung bisa melakukan banyak hal yang unik. Ini dia beberapa keunikan yang dimaksud:

Baca Juga: 5 Museum Di Kota Medan

Ziarah Makam Sawunggaling

Masjid Al Kubro Lidah Wetan memiliki keunikan tersendiri tepatnya pada hari kamis kliwon. Yang mana di sini ada tradisi ziarah makam Sawunggaling yang dianggap pahlawan asli Suroboyo yang kuburannya berada di area masjid.

Setiap pengunjung yang ziarah hari itu akan disuguhkan kuliner gratis sejenis tumpeng yang diberi nama Buceng oleh masyarakat sekitar. Makanan tersebut akan dinikmati bersama-sama pasca melantunkan doa yang dibimbing oleh juru kunci.

Selain hari khusus tersebut masjid Al Kubra tetap ramai pengunjung. Terutama yang memang sengaja ingin berwisata religi dengan mendatangi masjid besar dan anggun ini.

Gelar Budaya Sawunggaling

Jika ingin datang ke masjid Al Kubro silakan kunjungi antara bulan september dan november, tepat di hari kamis kliwon. Karena di hari itu biasanya ada pagelaran budaya Sawunggaling yang berupa kirab budaya yang menjadikan jalan depan masjid sebagai finish.

Di acara tersebut pengunjung tumpah ruah ke jalanan menonton pawai. Bahkan pesertanya saja mencapai ribuan orang yang menggunakan pakaian adat Surabaya tempo dulu.

Ini juga menjadi keunikan di sekitar masjid yang rugi jika tidak ditonton. Maka dari itu, jika sedang ke Surabaya mampir sejenak di waktu yang sudah dijelaskan di atas.

Jam Buka Masjid Al Kubro Surabaya

Pengunjung bisa mendatangi Masjid Al Kubro Lidah Wetan Surabaya kapanpun sesuai keinginan. Karena pihak masjid membuka tempat ibadah ini 24 jam non stop.

Leave a Reply