Tari Wira Pertiwi, Tari Kreasi Baru Asal Jawa Tengah - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Tari Adat

Tari Wira Pertiwi, Tari Kreasi Baru Asal Jawa Tengah

Tari Wira Pertiwi

Makna Sejarah Tari Wira Pertiwi - Foto: twitter.com/RA_Faizal

Tari Wira Pertiwi – Tari Wira Pertiwi bercerita tentang sekumpulan prajurit wanita yang sedang berlatih memanah. Selain mengandung unsur budaya dan sejarah, tarian ini juga menggambarkan sikap nasionalisme kepada bangsa dan negara.

Tari Wira Pertiwi ditampilkan minimal oleh tiga orang dan iringan musik yang memiliki ritme semangat namun gerakannya lemah gemulai. Baca juga Tari Tradisional Jawa Tengah yang lain Tari Gambyong yang Elok, Tari Beksan Wireng, dan Tari Jaranan Kepang. 

Asal Tari Wira Pertiwi

Tari Wira Pertiwi berasal dari Provinsi Jawa Tengah. Tarian ini merupakan tarian kreasi baru yang belum lama diciptakan oleh seorang gugusan seni asal Yogyakarta yaitu Bagong Kussudiardjo. Bagong Kussudiardjo dikenal sebagai pelopor tarian kreasi baru atau modern di Indonesia.

Tari Wira Pertiwi

Asal Tari Wira Pertiwi – Foto: budayajawa.id

Tari Wira Pertiwi merepresentasikan sosok kepahlawanan dari seorang prajurit putri Jawa. Bentuk tarian ini dirangkai dari perpaduan gerak tari tradisional kerakyatan dengan tari tradisional klasik. Sumber dari gerakan tari putri ini dikategorikan lenyap yaitu jenis tari putri Jawa yang memainkan peran sebagai tokoh-tokoh wayang wanita seperti Srikandi dan Mustokoweni.

Meskipun begitu, tari ini juga bisa dibawakan oleh penari laki-laki karena tari ini juga dapat dikategorikan ke dalam kelas tari putra alus. Yaitu gerak-gerak yang diperankan oleh kaum bangsawan seperti Rama, Laksmana, dan sebagainya.

Selain dikenal memiliki kesenian budaya yang kental, Jawa Tengah juga banyak memiliki tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Baca juga artikel dibawah ini:

Ragam Gerakan Tari Wira Pertiwi

Ragam Gerakan Tari Wira Pertiwi

Ragam Gerakan Tari Wira Pertiwi – Foto: budayajawa.id

Tari Wira Pertiwi ditarikan dengan gerakan yang dinamis. Jumlah gerakan tariannya ada 40 ragam gerak yang berbeda. Dengan mengenakan busana tari tanpa lengan untuk menekankan tema keprajuritan, tarian ini dijalankan sesuai dengan ritme dan irama musik.

Leave a Reply