Tari Adat Baluse, Tari Tradisional yang Sarat akan Makna Sejarah - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Tari Adat

Tari Adat Baluse, Tari Tradisional yang Sarat akan Makna Sejarah

Tari Adat Baluse

Gerakan Tari Adat Baluse - Foto: catatanrelis.blogspot.com

Tari Adat Baluse – Tari Adat Baluse merupakan tarian tradisional yang berasal salah satu provinsi terbesar di Indonesia yaitu Sumatera Utara, lebih tepatnya dari Nias Selatan. Tarian ini juga biasa disebut sebagai Tari Fataele. Tari Adat Baluse tergolong dalam jenis tari perang yang biasanya dipertunjukkan untuk menyambut tamu penting atau wisatawan asing. Baca juga Tari Adat Tradisional Sumatera Utara yang lainnya.

Tari Adat

Makna Sejarah Tari Adat Baluse – Foto: indonesia.go.id

Tari tradisional ini menjadi sangat menarik karena menyimpan sejarah dalam asal-usul terciptanya dan makna yang tersurat dalam gerakan maupun properti yang digunakan. Kali ini, kita akan membahas makna sejarah tari yang  berasal dari Nias Selatan ini. Mari kita baca ulasan selengkapnya.

Asal Tari Adat Baluse

Tari Adat Baluse, Tari Tradisional yang Sarat akan Makna Sejarah 1

Asal Tari Adat Baluse – Foto: catatanrelis.blogspot.com

Baluse dalam Bahasa Nias mempunyai arti ‘perisai’. Terciptanya tarian ini, menurut sejarah, sebagai simbol dari gagalnya prajurit-prajurit di medan perang dan perwujudan tradisi serta kebiasaan masyarakat Nias pada jaman dahulu. Pada masa itu, setiap desa memiliki seorang pemimpin yang disebut dengan raja.

Perebutan kekuasaan atau sengketa sudah menjadi tradisi dan kebiasaannya. Sehingga, sudah sangat sering apabila terjadi perang antar desa atau kampung. Untuk memenangkan peperangan, seorang raja biasanya mengumpulkan para lelaki untuk menjadi tentara perang. Kemudian mereka dibeli alat-alat perang seperti perisai dan tombak atau parang tajam.

Dari tradisi dan kebiasaan inilah kemudian tercipta suatu tari yang bernama Tari Adat Baluse atau Tari Perang. Melalui tarian ini, diharapkan dapat menumbuhkan rasa semangat dan jiwa kesatria pemuda Nias sekarang ini. Meskipun tidak dalam peperangan, namun semangat dalam menggapai cita-citanya.

Ketika Anda mengunjungi Nias, mungkin Anda juga ingin mencoba datang ke Tempat Wisata di Gunungsitoli Nias serta mencicipi Kuliner dan Makanan Khas Gunungsitoli Nias

Gerakan Tari Adat Baluse

Tari Adat Baluse, Tari Tradisional yang Sarat akan Makna Sejarah 2

Gerakan Tari Adat Baluse – Foto: catatanrelis.blogspot.com

Tari tradisional ini ditarikan oleh sekumpulan laki-laki gagah dan perkasa yang mencerminkan seorang prajurit perang. Tarian ini memiliki gerakan yang menonjolkan sikap kegagahan dan keberanian, menggambarkan seolah-olah sang penari sedang bertarung di medan perang.

Leave a Reply