Pantai

Pantai Trisik Kulon Progo, Wisata Laut di Jawa Tengah yang Sangat Unik

Pantai Trisik Kulon Progo

Pantai Trisik Kulon Progo - rentmobiljogja

Pantai Trisik Kulon Progo – Bicara tentang wisata laut di Jawa Tengah, tentu saja yang paling fenomenal adalah Pantai Parangtritis yang berada di Bantul. Memang benar, Parangtritis cukup fenomenal karena tak hanya menampilkan keindahan laut saja, tapi pantai yang satu ini juga kental akan cerita mistisnya. Bahkan, tak jarang orang datang hanya untuk membuktikan kebenaran dari cerita-cerita mistis itu.

Nah, terlepas dari itu semua, tahukah kamu bahwa baru-baru saja ada sebuah pantai di Jawa Tengah yang sedang hits dan menjadi pembicaraan di sosial media? Ya, pantai itu adalah Pantai Trisik Kulon Progo.

Banyak foto-foto Pantai Trisik Kulon Progo yang seliweran di sosial media. Hal itu membuatnya menjadi viral dan menimbulkan rasa penasaran bagi semua orang, khususnya bagi traveler yang hobi ke mengunjungi wisata bahari.

Di pantai ini, kamu bisa melakukan serangkaian aktivitas yang menyenangkan, mulai dari berenang, berjemur, dan melihat aktivitas masyarakat sekitar. Pantai Trisik Kulon Progo sudah berbaur dengan kesederhanaan masyarakat. Di sini, kamu akan melihat bagaimana masyarakat melestarikan hewan laut, salah satunya penyu.

Selain itu, kamu pun bisa mendapat edukasi tentang cara memanfaatkan eceng gondok sebagai kerajinan yang dijual untuk cinderamata. Jadi, tak hanya menikmati keindahan pantai, kamu pun akan mendapat edukasi yang sangat bermanfaat. Jika kamu ingin belajar, mereka para warga sekitar sangat membuka tangan untuk mengajarimu.

Tapi ada jam-jam tertentu untuk warga beraktivitas di sekitaran pantai. Jika kamu ingin melihat langsung, kamu harus datang antara pukul 08.00 – 10.00 WIB karena pada jam-jam itu warga setempat melakukan aktivitasnya.

Baca juga: Pantai Marina Semarang, Destinasi Wisata Layak Singgah

pesona Pantai Trisik Kulon Progo

pesona Pantai Trisik Kulon Progo – wedangkopiprambanan

Tapi jika kamu ingin menikmati keindahan ombak, biasanya para pengunjung datang di sore hari sekitar pukul 16.00 WIB sembari menanti matahari terbenam. Sebab, hamparan luas di pantai ini membuat panorama matahari terbenam semakin indah. Tak jarang, para fotografer datang untuk mengabadikan momen itu.

Selain itu, kamu juga akan melihat jejeran perahu para nelayan yang sedang mencari ikan. Suasanya sungguh berbeda dari pantai kebanyakan sehingga ini adalah pengalaman yang tak akan terlupakan. Jika beruntung, kamu akan melihat aksi beburungan di langit karena pada waktu-waktu tertentu, ada sekelompok burung yang akan terbang bebas seolah-olah menari di atas laut.

Hal menarik lainnya dari Pantai Trisik Kulon Progo ini adalah wilayahnya yang berdekatan dengan area persawahan sehingga saat perjalanan menuju ke lokasi, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan hijau di kanan dan kiri jalan. Jadi, kamu bisa menyergarkan mata sebelum sampai ke sana.

Rute ke Pantai Trisik Kulon Progo

Rute ke Pantai Trisik Kulon Progo – rentmobiljogja

Di sekitar pantai, ada pondok dan pepohonan rindang yang bisa kamu gunakan untuk beristirahat. Jika bosan, kamu bisa menyisiri pantai karena pantai ini memiliki garis yang panjangnya kurang lebih mencapai 1 kilometer.

Dan saat Muharam tiba, ada sebuah tradisi yaitu upacara yang dilakukan oleh masyarakat sekitar. Upcara tersebut merupakan sebuah simbolis rasa syukur para nelayan kepada Yang Maha Kuasa atas rezeki yang diberikan dengan melimpahnya ikan di dalam laut.

Lokasi dan Rute Pantai Trisik Kulon Progo

Pantai Trisik Kulon Progo berada di Desa Trisik, Kecamatan Brosot, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari pusat Yogyakarta, jaraknya sekitar 37 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam menggunakan kendaraan roda empat.

Dari Yogyakarta, kamu bisa melewati rute Jalan Bantul menuju perempatan Palpabang. Sesampainya di perempatan, belok ke arah timur menuju jembatan Kali Progo. Di situ nanti kamu akan melihat papan arah yang akan mengantarkanmu sampai di Pantai Trisik.

Baca juga:

Pantai Trisik Kulon Progo

Pantai Trisik Kulon Progo – infolibur

Jika bingung, kamu bisa bertanya pada warga setempat karena jaraknya dari perkampungan tidak terlampau jauh. Bila memang kesulitan, kamu juga bisa menggunakan Google Maps dengan mengetikkan kata kunci “Pantai Trisik”. Ikuti saja arahannya dan kamu akan tiba di lokasi sesuai jarak dan waktu tempuh.

Yang perlu diingat adalah tidak ada transportasi umum yang menuju ke arah pantai ini. Jadi, kamu harus menggunakan kendaraan pribadi, ya!

Tiket Masuk Pantai Trisik Kulon Progo

Harga tiket masuk ke Pantai Trisik juga cukup terjangkau, yakni hanya Rp5.000 saja. Selain itu, kamu juga perlu membayar jasa parkir sebesar Rp5.000 untuk sepeda motor dan Rp10.000 untuk kendaraan roda empat. Ohya, jangan lupa membawa bekal makanan dan minuman dari rumah ya karena masih sedikit yang berjualan di sekitar pantai ini.

Leave a Reply