Asal Usul dan Sejarah Tari Beksan Wireng - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Budaya, Tari Adat

Asal Usul dan Sejarah Tari Beksan Wireng

Tari Beksan Wireng

Tari Beksan Wireng-sumber: Myimage.id

Tari Beksan Wireng merupakan kesenian tari yang asalnya dari Kasultanan Surakarta atau Solo, Jawa Tengah. Dalam sejarahnya yang merujuk pada Serat Centhini yang mulai disusun pada tahun 1814 silam.

Asal Usul Tari Beksan Wireng

Tari Beksan Wireng telah ada sejak abad ke-11 atau pada jaman kerajaan Jenggala-Kediri. Keberadaan tari Beksan Wireng ini masing-masing memang ada pada berbagai serat termasukĀ Serat Centhini, Serat Sastramiruda, Serat Weddataya, dan Serat Kridhwayangga.

Asal Usul dan Sejarah Tari Beksan Wireng 2

Tari Beksan Wireng-sumber: Teamtouring.net

Pada serat Chentini dan serat Kridhwayangga, Panji Inukertapati yang mempunyai gelarĀ  Prabu Suryamisesa, tetapi di dalam Serat Centhini menyebutnya Suryawisesa.

Serat Chentini dan Panji dikenal karena mahir atau pandai dalam menari, memiliki suara yang merdu pada saat bernyanyi, mahir dalam memainkan gamelan dan juga pandai dalam bercerita.

Hal ini terjadi pada saat Panju memerintah di tahun 1145 silam dan masyarakatnya pun mulai mempelajari dan memahami tari dan lagu.

Baca Juga ya :

Asal Usul dan Sejarah Tari Beksan Wireng 3

Tari Beksan Wireng Solo-sumber: Myimage.id

Tari Beksan Wireng diciptakan oleh Prabu Amiluhur dengan tujuan supaya sang putra beliau aktif dalam keprajuritan dengan memanfaatkan persenjataan perang serta cinta kepada negeri.

Tujuan diciptakannya Tari Beksan Wireng ini adalah untuk menyemangati para prajurit perang yang jumlahnya empat orang. Selain itu agar mereka lebih mahir atau tangkas dalam berperang di kerajaan.

Secara singkatnya, Tari Beksan Wireng ini hanya menggambarkan olah keprajuritan dan perang tanding, tetapi tidak ada yang kalah atau menang.

Tari Beksan Wireng ini berasal dari kata Wira dan ‘Aeng‘ yang artinya yaitu prajurit yang unggul, yang ‘aeng‘, yang ‘linuwih‘.
Jadi, bisa disimpulkan bahwa kata ‘Wira‘ berarti prajurit yang unggul dan linuwih.

Makna Tari Beksan Wireng

Pada dasarnya Tari Beksan Wireng ini hanya bercerita tentang keprajuritan dan tidak ada cerita lain yang terkandung di dalamnya.

Hal ini terlihat dalam tarian tersebut bahwa sang penarinya membawa alat berupa tombak dan tameng yang mencerminkan kegagahan dan keperkasaan bangunan seni yang ada di Indonesia.

Pertunjukan Tari Beksan Wireng

Tari Beksan Wireng

Tari Beksan Wireng, Solo-sumber: Blogkulo.com

Tari Beksan Wireng ini biasanya dibawakan oleh laki-laki secara berpasangan dengan menggunakan kostum layakanya seorang prajurit.

Leave a Reply