Gunung

5 Gunung Tertinggi di Jawa Tengah

Gunung Slamet, Gunung Tertinggi di Jawa Tengah

Gunung Slamet, Gunung Tertinggi di Jawa Tengah - foto @khoiri_kho

Gunung Tertinggi di Jawa Tengah – Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi yang memiliki banyak gunung berapi maupun tidak berapi dan dijadikan tujuan oleh para pendaki. Keberadaan gunung yang tingginya mencapai lebih dari 3000 meter juga menjadikan daya tarik dan membuat penasaran para pendaki.

Nah sebagai refrensi untuk pendakian, Berikut ini saya infokan mengenai 5 gunung tertinggi di Jawa Tengah yang bisa kamu daki bersama temanmu.

1. Gunung Slamet (3.428 mdpl)

Gunung Slamet adalah Gunung Tertinggi di Jawa Tengah. Gunug Slamet juga merupakan sebuah gunung berapi yang berada di Perbatasan Kabupaten Brebes, Banyumas, Purbalingga, Kabupaten Tegal.

Gunung ini merupakan gunung tertinggi pertama di Jawa Tengah sekaligus menjadi gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa dengan ketinggian mencapai 3.428 meter diatas permukaan laut.

Gunung Slamet, Gunung Tertinggi di Jawa Tengah

Gunung Slamet, Gunung Tertinggi di Jawa Tengah – foto @khoiri_kho

Gunung Slamet terkenal dengan jalur pendakiannya yang sulit karena hampir di sepanjang rute pendakian tidak ditemukan air. Ditambah lagi dengan kabut asap pekat yang tiba-tiba muncul menjadikan sedikit masalah bagi para pendaki.

Untuk itu diharapkan menyiapkan semua keperluan penting seperti air yang cukup sebagai bekal di perjalanan, karena sudah pasti pendaki akan merasa kehausan di tengah jalan dan takutnya persediaan air habis sedangkan disana tidak ada air.

 2. Gunung Sumbing (3.371 mdpl)

Gunung Tertinggi di Jawa Tengah yang kedua adalah Gunung Sumbing. Gunung Sumbing merupakan gunung berapi yang terdapat di Jawa Tengah. Dengan ketinggian 3.371 mdpl, Gunung Sumbing dinobatkan sebagai gunung tertinggi kedua di Jawa Tengah sekaligus gunung tertinggi ketiga di Pulau Jawa.

Gunung Sumbing, salah satu Gunung Tertinggi di Pulau Jawa

Gunung Sumbing, Salah satu Gunung Tertinggi di Jawa Tengah – foto duainstato.com

Gunung ini terletak di 3 kabupaten, diantaranya adalah Kabupaten Temanggung, Magelang, dan Wonosobo. Sudah pasti gunung ini dijadikan target oleh para pendaki.  Mendaki gunung yang tinggi tentunya merupakan sebuah pengalaman yang keren. Terlebih lagi jalur pendakian yang cukup sulit menjadi tantangan bagi para pendaki.

Ada yang unik dari gunung ini, yaitu ada mitos sebuah pasar setan yang sudah pasti penghuninya adalah makhluk tak kasat mata. Adanya pasar setan ini tentu diketahui dari para pendaki yang mendengar suara rama layaknya sedang ada transaksi jual beli disana. Padahal ketika didatangi, tidak ada seorangpun disana.

Baca Juga ya :

3. Gunung Lawu (3.265 mdpl)

Gunung Lawu merupakan gunung tertinggi keetiga di Jawa Tengah dan tertinggi ke empat di Jawa Timur. Gunung Lawu memiliki ketinggian 3.265 meter diatas permukaan laut.  Gunung Lawu juga berada di perbatasan antara Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Gunung Lawu, Salah satu Gunung Tertinggi di Jawa Tengah

Gunung Lawu, Salah satu Gunung Tertinggi di Jawa Tengah – foto urbanesia.com

Status gunung lawu ini sekarang “istirahat” karena sudah lama tidak aktif lagi. Gunung ini memiliki tiga puncak yaitu Puncak Hargo Dalem, Hargo Dumiling, dan Hargo Dumilah. Hargo Dumilah merupakan puncak tetinggi di gunung ini.

Tak lepas dari mitos, gunung Lawu juga menyimpan banyak mitos terkait keberadaan makhluk halus yang ditandai dengan suara bising di suatu tempat seperti sedang melangsungkan transaksi jual beli.

Selain itu, para pendaki juga harus menaati segala aturan termasuk pantangan yang harus dihindari baik  berupa perkataan maupun perbuatan.  Namun dibalik itu semua, Gunung Lawu menyimpan banyak keindahan alam yaitu air terjun. Para pendaki akan menemukan banyak air terjun disana, salah satunya ada air terjun Pundak Kiwo.

4. Gunung Merbabu (3.145 mdpl)

Gunung Merababu, salah satu Gunung Tertinggi di Jawa Tengah

Gunung Merababu, salah satu Gunung Tertinggi di Jawa Tengah – sumber-radarsolo.jawapos.com

Gunung Tertinggi di Jawa Tengah yang ke empat adalah Gunung Merbabu. Gunung Merbabu terletak di Kabupaten Malang, Boyolali, Semarang, dan Kota Salatiga. Gunung ini memiliki jalur pendakian yang cukup ringan dan juga menampilkan pemandangan yang sangat indah.

Gunung Merbabu merupakan gunung berapi tua yang bersebelahan dengan Gunung Merapi yang sampai saat ini masih aktif. Ada 5 jalur pendakian yang bisa dilewati, diantaranya adalah Jalur Selo, Suwanting, Wekas, Cunthel, dan Thekelan.

Baca Juga ya : 

5. Gunung Sindoro (3.136 mdpl)

Gunung Sindoro, salah satu Gunung Tertinggi di Jawa Tengah

Gunung Sindoro, salah satu Gunung Tertinggi di Jawa Tengah – sumber-dagrinizar.blogspot.com

Gunung Sindoro menjadi Gunung Tertinggi di Jawa Tengah yang kelima setelah gunung Merbabu. Gunung Sindoro terletak di batas Kabupaten Temanggung dan Wonosobo. Letaknya bersebelahan dengan Gunung Sumbing dan hanya terpisahkan oleh jalan raya.

Berbagai aturan yang harus ditaati selama berada disini seperti harus sopan, dilarang membawa tisu basah, wajib lapor kepada anggota basecamp sebelum mendaki, melaporkan barang bawaan, hindari perbuatan mesum, menjaga kebersihan, tidak membawa senjata tajam.

Tak hanya itu saja kita juga dilarang mendekati bibir kawah, tidak bole kencing sembarangan, dan tidak boleh membuang sampah sembarangan. Aturan-aturan tersebut hendaknya ditaati oleh setiap pendaki jika ingin selamat sampai kembali lagi turun.

Leave a Reply