Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Boroko Bolaang Mongondow Utara

Makanan Khas Boroko Bolaang Mongondow Utara

Dinangoi, Makanan Khas Boroko Bolaang Mongondow Utara -sumber: budayaindonesia.org

Makanan Khas Boroko Bolaang Mongondow Utara – Wilayah kota Borok masuk kedalam kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Provinsi Sulawesi Utara. Di wilayah Mongondow Utara ini terdapat banyak kuliner baik cemilan dan juga masakan khas yang wajib untuk dicicipi.

Jadi apabila kalian sedang liburan ke wilayah Mongondow ini jangan lupa yah untuk mencicipi aneka wisata kuliner khasnya dan jagan lupa juga untuk membawa pulang oleh-oleh maupun makanan khasnya.

Daftar Wisata Kuliner Khas Boroko Bolaang Mongondow Utara

Berikut ini kami akan memberikan rekomendasi makanan khas dan kuliner lezat dari kota Boroko Bolaang Mongondow Utara yang harus kalian cicipi.

1. Kacang Goyang

6 Kuliner dan Makanan Khas Boroko Bolaang Mongondow Utara 3

Kacang Goyang, Makanan Khas Boroko Bolaang Mongondow Utara – sumber: Klik24.id

Kacang Goyang adalah Makanan Khas Boroko Bolaang Mongondow Utara yang wajib kalian coba. Kacang Goyang juga merupakan cemilan ringan dengan bahan utamanya berupa kacang tanah. Kenapa diberi nama kacang goyang karena pada saat proses pemberian warna disebut penggoyangan. Rasa kudapan khas Kotamobagu ini adalah manis dan juga gurih.

Untuk bisa menikmati cemilan kacang goyang ini pun tidak sulit. Kalian dapat membelinya di pusat oleh-oleh makanan atau jika ingin langsung melihat cara produksinya , bisa datang langsung ke pengrajin rumahan Kacang Goyang di Kotamobagu.

2. Dinangoi, Makanan Khas Boroko Bolaang Mongondow Utara

6 Kuliner dan Makanan Khas Boroko Bolaang Mongondow Utara 4

Dinangoi,Makanan Khas Boroko Bolaang Mongondow Utara – sumber: kawanuainside.com

Dinangoi adalah Makanan Khas Boroko Bolaang Mongondow Utara yang paling populer dan paling disukai. Makanan ini terbuat dari sagu dan konon adalah makanan yang menjadi warisan turun temurun sejak kerajaan Mongondow berdiri.

Pada masa kemerdekaan dulu, makanan Dinangoi ini menjadi makanan pengganti nasi karena adanya musim kemarau Panjang di Mongondow. Oleh karena itu, makanan khas ini seolah sudah melekat erat di hati suku asli Mongondow maupun para pendatang juga. Bahkan masyarakat setempat ada yang menyebut cemilan ini sebagai pizza-nya Kotamobagu.

Selain sagu bahan lain untuk membuat Dinangoi adalah kelapa muda, gula dan proses pembuatannya pun masih tradisional dengan tungku kayu. Tekstur Dinangoi ini kenyal dan rasanya manis.

Baca Juga ya :

3. Kolombeng

kue kolombeng Makanan Khas Boroko Bolaang Mongondow Utara

Kue Kolombeng, -sumber: kuekeringlengkap.blogspot.com

Kolombeng terbuat dari tepung terigu, gula, telur dan juga bahan-bahan lainnya. Yang membuat kue Kolombeng ini berbeda atau memiliki ciri khas karena terdapat parutan kulit jeruk sebagai penambah aroma.

Rasa kue Kolombeng ini manis dan ada dua varian yaitu Kolombeng biasa dan Kolombeng Selai nanas asli kota Kotamobagu. Jika kalian liburan ke Kotamobagu bisa mampir ke tempat produksi kue Kolombong ini di Desa Poyowa Besar Satu  dan Dua, Kecamatan Kotamobagu  Selatan.

4. Binarundak

6 Kuliner dan Makanan Khas Boroko Bolaang Mongondow Utara 5

Binarundak, Makanan Khas Boroko Bolaang Mongondow Utara – sumber: kotamobaguonline.com

Binarundak adalah salah satu Makanan Khas Boroko Bolaang Mongondow Utara yang konon diolah secara unik. Bahan untuk membuat Binarundak adalah beras ketan, dan juga dicampur bahan lainnya seperti bawang merah, jahe, serai, santan dan lainnya.

Campuran beras ketan dan bumbunya tersebut dimasukkan ke dalam batang bambu yang sudah dilapisi dengan daun pisang. Yang terakhir bambu tersebut dibakar menggunakan sabut kelapa dan tempurung kelapa. Apabila sudah matang, siap untuk disantap dan pastinya menggugah selera.

5. Alingkoge, Makanan Khas Boroko Bolaang Mongondow Utara

6 Kuliner dan Makanan Khas Boroko Bolaang Mongondow Utara 6

Alingkoge, Makanan Khas Boroko Bolaang Mongondow Utara – sumber: Travellingyuk.com

Kudapan ringan ini terbuat dari beras ketan putih dicampur dengan beras ketan hitam dan juga gula aren. Makanan ini sering tersaji sebagai hidangan untuk hajatan di Kotamobagu. Alingkoge biasanya dibungkus dengan menggunakan daun jagung atau daun woka. Makanan ini tentunya memiliki cita rasa manis dan cocok sebagai pengganjal perut.

Apabila kalian ingin menikmati makanan khas ini bisa datang ke Kelurahan Matali Kecamatan Kotamobagu Timur, tepatnya di kompleks gedung Manggala. Karena di sini banyak pedagang kue dan t Wisata di Airmadidi Minahasa Utaraermasuk menjual Alingkoge ini.

Baca Juga ya :

6. Sinandoi, Makanan Khas Boroko Bolaang Mongondow Utara

Sinandoi, Makanan Khas Boroko Bolaang Mongondow Utara

Sinandoi, Makanan Khas Boroko Bolaang Mongondow Utara

Sinandoi adalah kuliner khas Mongondow yang terbuat dari daging sapi atau bolog (sidat). Kemudian makanan tersebut dimasukkan dalam patung (bambu) dan dimasak dengan api ukuran normal. Saat pembakaran pun perlu diawasi agar apinya tidak terlalu besar atau mungkin mati.

Makanan ini sangat lezat dan paling disukai oleh masyarakat Kotamobagu. Sinandoi juga sering disajikan dalam acara-acara adat maupun pernikahan. Tentunya makanan ini adalah makanan favorit dan paling ditunggu-tunggu penyajiannya oleh masyarakat asli Kotamobagu maupun pendatang.

Oleh karena itu apabila kalian datang ke Mongondow wajib sekali untuk menikmati berbagai kuliner lezat baik Sinandoi maupun kuliner lainnya yang sayang apabila dilewatkan.

Sumber: totabuannaton.blogspot.com, bolmora.com, kotamobagu.online

Leave a Reply