Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Molibagu Bolaang Mongondow Selatan

Makanan Khas Molibagu

Binarundak Makanan Khas Molibagu Bolaang Mongondow Selatan - Foto: @irasepriyana85

Makanan Khas Molibagu – Kali ini kita akan menjelajah ke Provinsi Sulawesi Utara, tepatnya ke Molibagu Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Kawasan ini dikenal memiliki banyak pantai indah seperti Pantai Biniha, Pantai Modisi, dan Pantai Molibagu.

Tempat ini juga menjadi salah satu surga bagi pecinta diving menikmati kekayaan alam bawah laut di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Selain kekayaan alamnya yang indah, disini kalian juga bisa mendapati keanekaragaman kuliner khas yang ada. Berikut ini adalah 6 diantaranya.

1. Kue Lampu Lampu, Makanan Khas Molibagu

Kue Lampu Lampu, Makanan Khas Molibagu Mongondow Selatan

Kue Lampu Lampu, Makanan Khas Molibagu Mongondow Selatan – Foto: @lucysompie

Ada sebuah penganan unik di Bolaang Mongondow Selatan dan Sulawesi Utara yaitu Kue Lampu Lampu. Kue ini banyak ditemukan terutama menjelang bulan Ramadhan. Kue yang menjadi ceemilan dan juga Makanan Khas Molibagu ini menjadi salah satu cemilan wajib saat kalian datang kekota ini.

Kue ini terbuat dari adonan tepung terigu, tepung beras, daun pandan, gula merah dan santan. Rasa kue ini manis sehingga banyak masyarakat yang berburu kue ini terutama untuk makanan berbuka puasa.

Yang unik dari kue ini adalah kue ditaruh di wadah kotak yang terbuat dari daun pandan. Harga kue ini juga sangat murah hanya sekitar Rp. 1.500 saja untuk satu buah kue.

Baca jug ya :

2. Ikan Roa Tumbuk

Makanan Khas Molibagu

Ikan Roa Tumbuk Halus, oleh-oleh dan Makanan Khas Molibagu – Foto: @ikanroamanado

Di perairan Sulawesi Utara banyak ditemui ikan Roa. Ikan Roa adalah ikan yang memiliki ciri khas mulut seperti tangkai. Ikan ini mudah ditemui sepanjang pesisir Sulawesi sampai Maluku. Maka tidak heran bila olahan Ikan Roa akan mudah ditemui di Molibagu.

Olahan ikan ini cocok dibawa sebagai oleh-oleh. Selain tahan lama, Ikan Roa Tumbuk juga dapat digunakan sebagai bahan utama sambal Roa. Jadi kalau kalian Molibagu dan ingin membawa oleh-oleh, kalian bisa membawa Ikan Roa Tumbuk halus ini. Kalian bisa mendapatkan  oleh-oleh ini dengan harga Rp.50.000 – Rp. 150.000.

3. Binarundak, Makanan Khas Molibagu yang Lezat

Binarundak Makanan Khas Molibagu

Binarundak, Makanan Khas Molibagu – Foto: @irasepriyana85

Binarundak adalah Makanan Khas Molibagu Bolaang Mongondow Selatan yang juga tak boleh kalian lewatkan untuk kalian coba. Makanan ini terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan bumbu yang terbuat dari bawang merah, jahe, santan, dan lainnya.

Kemudian semua bahan tersebut dimasukkan ke dalam daun pisang lalu dimasukkan ke dalam bambu untuk kemudian dibakar. Sajian ini biasa dihidangkan saat 3 – 7 hari setelah Hari Raya Idul Fitri. Yang unik adalah Binarundak ini sudah menjadi tradisi yang dilakukan oleh masyarakat pendatang dan dilakukan di pinggir jalan di depan rumah atau di lapangan terbuka.

4. Dinangoi, Makanan Khas Molibagu Dari Sagu

Makanan Khas Molibagu

Dinangoi Makanan Khas Molibagu dari Sagu- Foto: @helmikodayowkodayow

Ada sebuah makanan yang sudah diwariskan turun temurun di Bolaang Mongondow Selatan yaitu Dinangoi. Makanan ini terbuat dari bahan baku utama sagu.

Menurut kisah turun temurun juga diceritakan makanan ini menjadi salah satu makanan kegemaran para bangsawan Kerajaan Mongondow pada dahulu kala.

Dinangoi terbuat dari sagu, kelapa muda, dan gula. Diolah dengan cara dibakar di atas tungku yang terbuat dari tanah liat. Rasa yang dihasilkan adalah rasa manis karena gula yang dibakar menyerap ke dalam sagu yang dibakar.

Baca jug ya :

5. Ayam Woku

Ayam Woku,, Kuliner dan Makanan Khas Molibagu

Ayam Woku,, Kuliner dan Makanan Khas Molibagu – Foto: @doyancooking

Bagi kalian yang sudah sering travelling atau senang wisata kuliner mungkin sudah pernah merasakan yang namanya ayam woku. Memang makanan ini lebih dikenal sebagai menu khas Manado. Tetapi ternyata makanan ini menyebar ke seantero Sulawesi Utara sampai ke Molibagu.

Kalian akan mudah menemukan makanan ini karena Molibagu adalah Ibukota Kabupaten dimana banyak orang yang hilir mudik ke daerah ini dan banyak yang mencari menu Ayam Woku ini. Tak heran jika kalian singgah ke kota ini maka menu wajib dan Makanan Khas Molibagu ini wajib kalian coba.

Sebetulnya Ayam Woku mirip dengan Ayam Rica Rica hanya saja karakter rasa yang dimiliki oleh Ayam Woku lebih “berani” terutama bagi mereka yang senang pedas. Kalian yang ingin merasakan sensasi menu Ayam Woku bisa mencarinya di rumah makan sekitar  Molibagu dengan harga per porsinya sekitar Rp. 8000 sampai dengan Rp. 10.000 saja. Murah banget kan!

6. Kacang Goyang

Makanan Khas Molibagu

Kacang Goyang cemilan dan Makanan Khas Molibagu – Foto: @danisrenianggraini

Satu lagi cemilan yang bisa kalian jadikan oleh-oleh adalah Kacang Goyang. Kacang ini tersebar di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan jug amenjadi oleh oleh atau cemilan dan Makanan Khas Molibagu. Keunikan kacang ini adalah rasanya yang manis.

Keunikan lainnya adalah teskstur dari Kacang Goyang adalah keras di luar namun empuk didalam saat digigit. Nama Kacang Goyang sendiri berasal dari pembuatannya dimana agar warna kacang ini menyebar maka harus digoyang-goyangkan.

Jangan lupa bila kalian berkunjung ke Molibagu Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan pastikan kalian membawa Kacang Goyang sebagai oleh-oleh. Harganya juga murah hanya Rp. 8.500 – Rp.10.000 saja per bungkus.

Leave a Reply