5 Tempat Wisata di Airmadidi Minahasa Utara - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Daftar Wisata

5 Tempat Wisata di Airmadidi Minahasa Utara

Minahasa Utara

Salah satu tempat wisata di Airmadidi - youtube.com

Tempat Wisata di Airmadidi –  Jika bermain-main ke Sulawesi Utara jangan lupa untuk singgahkan diri kalian ke bagian Utara Minahasa tepatnya di Kecamatan Airmadidi. Meskipun tidak terlalu luas, Airmadidi punya beberapa destinasi wisata yang gak kalah seru dibandingkan dengan daerah lainnya. Apa saja tempat wisata yang bisa kalian kunjungi saat berada di Airmadidi? Berikut kami berikan lima tempat wisata di Airmadidi yang cocok untuk memenuhi hasrat petualanganmu!

5 Tempat Wisata di Airmadidi Minahasa Utara

1. Taman Purbakala Waruga Sawangan 

5 Tempat Wisata di Airmadidi Minahasa Utara 1

Taman Purbakala Waruga, Airmadidi – minutkab.go.id

Tak Sulawesi Selatan saja yang punya Kuburan Baru di Tana Toraja, Sulawesi Utara pun memiliki Kuburan Batu. Kuburan Batu ini terletak di Desa Sawangan, Kecamatan Airmadidi, Kabupaten Minahasa Utara sekitar satu jam perjalanan dari Kota Manado. Kuburan Batu ini sering dikenal dengan Kuburan Batu Waruga.

Taman Purbakala Waruga ini merupakan sebuah komplek pemakaman kuno milik Suku Minahasa yang diperkirakan telah ada sejam zaman megalitikum dulu. Waruga sendiri merupakan sebuah kubur batu berbentuk kotak batu berongga dengan penutup berbentuk segitiga. Waruga berasal dari kata ‘Waru’ yang berarti rumah dan ‘Ruga’ yang berarti tubuh. Sehingga Waruga dapat diartikan sebagai rumah bagi tubuh yang akan kembali ke surga. Filosofi ini didukung dengan letak jenazah yang ditempatkan pada posisi seperti bayi dalam rahim. Masyarakat Minahasa percata jika manusia mengawali hidup  mereka dengan posisi seperti bayi dalam rahim maka begitu pula saat kembali. Biasanya satu Waruga diisi oleh satu kepala keluarga.

Saat ini terdapat sekitar 144 buah Waruga namun sayangnya baru sebanyak 31 Waruga saja yang dapat teridentifikasi. Bangunan Waruga pertama yang ditemukan terletak di wilayah Bukit Klewer, Treman dan Tumaluntung. Menariknya dari Waruga ini adalah setiap Waruga memiliki ornamen yang berbeda di masing-masing sisinya.

Nah, bagi kalian yang tertarik untuk melakukan wisata purbakala dengan nuansa religi di Taman Purbakala Waruga ini, kalian cukup membayar sebesar Rp.3000/orang. Tempat ini buka dari pukul 08.00 WITA hingga pukul 17.00 WITA.

2. Menara Kaki Dian

5 Tempat Wisata di Airmadidi Minahasa Utara 2

Menara Kaki Dian – Ferdi Photograpy, minutkab.go.id

Airmadidi tak hanya memiliki satu tempat wisata religi loh. Menara Kaki Dian merupakan satu dari sekian banyak wisata religi yang wajib masuk dalam daftar kunjungan kalian nih. Menara ini terletak di Kaki Gunung Klabat dengan ketinggian 620 meter dari permukaan laut. Menara yang memiliki tujuh cabang lampu dengan ujung yang dapat menyala dengan listrik tenaga surya ini mempunyai tinggi mencapai 19meter dan ukuran bagian kaki menara ini mencapai 8 x 8 meter membuatnya menjadi Menara Kaki Dian terbesar dan tertinggi di dunia.

Tertarik untuk mengunjungi dan berswafoto di Menara Kaki Dian ini? Kalian hanya perlu menempuh perjalanan sejauh 3km dari Kota Airmadidi. Karena terletak di kaki gunung, maka jalan menuju tempat wisata yang satu ini cukup menanjak dan berliku. Namun saat telah mencapai puncak, rasanya peluh dan perjuangan selama perjalanan dapat terbayarkan dengan sempurna karena suguhan pemanandangan yang luar biasa dari atas Kota Manado, pesisir teluk hingga perairan Taman Nasional Bunaken. Oiya, jika sudah sampai atas jangan lupa untuk mencicipi cemilan khas Manado yakni Pisang Goreng Goroho ditemani secangkir minuman Saraba.

3. Mata Air Tumatenden

5 Tempat Wisata di Airmadidi Minahasa Utara 3

Tempat Wisata Mata Air Tumatenden  – minutkab.go.id

Tempat wisata yang satu ini berada cukup dekat dengan Komplek Waruga Airmadidi Bawah, tepatnya di Airmadidi Bawah, Kecamatan Airmadidi, Kabupaten Minahasa Utara. Hanya sekitar 13 Km dari pusat Kota Manado dan hanya  5km dari Bandar Udara Sam Ratulangi.

Leave a Reply