Daftar Wisata

5 Tempat Wisata di Airmadidi Minahasa Utara

Minahasa Utara

Salah satu tempat wisata di Airmadidi - youtube.com

Tempat Wisata di Airmadidi –  Jika bermain-main ke Sulawesi Utara jangan lupa untuk singgahkan diri kalian ke bagian Utara Minahasa tepatnya di Kecamatan Airmadidi. Meskipun tidak terlalu luas, Airmadidi punya beberapa destinasi wisata yang gak kalah seru dibandingkan dengan daerah lainnya. Apa saja tempat wisata yang bisa kalian kunjungi saat berada di Airmadidi? Berikut kami berikan lima tempat wisata di Airmadidi yang cocok untuk memenuhi hasrat petualanganmu!

5 Tempat Wisata di Airmadidi Minahasa Utara

1. Taman Purbakala Waruga Sawangan 

5 Tempat Wisata di Airmadidi Minahasa Utara 2

Taman Purbakala Waruga, Airmadidi – minutkab.go.id

Tak Sulawesi Selatan saja yang punya Kuburan Baru di Tana Toraja, Sulawesi Utara pun memiliki Kuburan Batu. Kuburan Batu ini terletak di Desa Sawangan, Kecamatan Airmadidi, Kabupaten Minahasa Utara sekitar satu jam perjalanan dari Kota Manado. Kuburan Batu ini sering dikenal dengan Kuburan Batu Waruga.

Taman Purbakala Waruga ini merupakan sebuah komplek pemakaman kuno milik Suku Minahasa yang diperkirakan telah ada sejam zaman megalitikum dulu. Waruga sendiri merupakan sebuah kubur batu berbentuk kotak batu berongga dengan penutup berbentuk segitiga. Waruga berasal dari kata ‘Waru’ yang berarti rumah dan ‘Ruga’ yang berarti tubuh. Sehingga Waruga dapat diartikan sebagai rumah bagi tubuh yang akan kembali ke surga. Filosofi ini didukung dengan letak jenazah yang ditempatkan pada posisi seperti bayi dalam rahim. Masyarakat Minahasa percata jika manusia mengawali hidup  mereka dengan posisi seperti bayi dalam rahim maka begitu pula saat kembali. Biasanya satu Waruga diisi oleh satu kepala keluarga.

Saat ini terdapat sekitar 144 buah Waruga namun sayangnya baru sebanyak 31 Waruga saja yang dapat teridentifikasi. Bangunan Waruga pertama yang ditemukan terletak di wilayah Bukit Klewer, Treman dan Tumaluntung. Menariknya dari Waruga ini adalah setiap Waruga memiliki ornamen yang berbeda di masing-masing sisinya.

Nah, bagi kalian yang tertarik untuk melakukan wisata purbakala dengan nuansa religi di Taman Purbakala Waruga ini, kalian cukup membayar sebesar Rp.3000/orang. Tempat ini buka dari pukul 08.00 WITA hingga pukul 17.00 WITA.

2. Menara Kaki Dian

5 Tempat Wisata di Airmadidi Minahasa Utara 3

Menara Kaki Dian – Ferdi Photograpy, minutkab.go.id

Airmadidi tak hanya memiliki satu tempat wisata religi loh. Menara Kaki Dian merupakan satu dari sekian banyak wisata religi yang wajib masuk dalam daftar kunjungan kalian nih. Menara ini terletak di Kaki Gunung Klabat dengan ketinggian 620 meter dari permukaan laut. Menara yang memiliki tujuh cabang lampu dengan ujung yang dapat menyala dengan listrik tenaga surya ini mempunyai tinggi mencapai 19meter dan ukuran bagian kaki menara ini mencapai 8 x 8 meter membuatnya menjadi Menara Kaki Dian terbesar dan tertinggi di dunia.

Tertarik untuk mengunjungi dan berswafoto di Menara Kaki Dian ini? Kalian hanya perlu menempuh perjalanan sejauh 3km dari Kota Airmadidi. Karena terletak di kaki gunung, maka jalan menuju tempat wisata yang satu ini cukup menanjak dan berliku. Namun saat telah mencapai puncak, rasanya peluh dan perjuangan selama perjalanan dapat terbayarkan dengan sempurna karena suguhan pemanandangan yang luar biasa dari atas Kota Manado, pesisir teluk hingga perairan Taman Nasional Bunaken. Oiya, jika sudah sampai atas jangan lupa untuk mencicipi cemilan khas Manado yakni Pisang Goreng Goroho ditemani secangkir minuman Saraba.

3. Mata Air Tumatenden

5 Tempat Wisata di Airmadidi Minahasa Utara 4

Tempat Wisata Mata Air Tumatenden  – minutkab.go.id

Tempat wisata yang satu ini berada cukup dekat dengan Komplek Waruga Airmadidi Bawah, tepatnya di Airmadidi Bawah, Kecamatan Airmadidi, Kabupaten Minahasa Utara. Hanya sekitar 13 Km dari pusat Kota Manado dan hanya  5km dari Bandar Udara Sam Ratulangi.

Mata Air Tumatenden atau yang biasa dikenal dengan Pemandian Sembilan Pancuran Tumatenden ini memiliki sebuah legenda mengenai kisah cinta dua dunia yakni manusia dan bidadari. Legenda Mata Air Tumatenden erat dengan kisah Mamanua dan sang bidadari Lumalundung. Alkisah Mamanua adalah seorang lelaki kaya raya, ia memiliki pemandian yang sangat jernih serta sejuk. Suatu ketika ia mendapatkan berita  jika pemandian miliknya kotor yang lantas membuat Mamanua marah dan berniat untuk memberikan pelajaran bagi pelakunya. Namun siapa sangka saat bersembunyi untuk menangkap pelaku, Mamanua melihat 9 ekor burung yang berubah menjadi putri cantik.

Gembira hati Mamanua sehingga berniat untuk memiliki mereka dengan cara menyembunyikan satu sayap milik putri. Sayap tersebut ternyata milik Lumalundung, sang putri bungsu. Mamanua  berhasil meyakinkan Lumalundung untuk tinggal dan hidup bersama dengan syarat tidak boleh ada sehelai rambut Lumalundung yang rontok atau tercabut. Sayang seribu sayang, disuatu hari saat sedang mencari kutu di rambut sang istri, Mamanua tak sengaja mencabut tiga helai rambut Lumalundung dan menyebabkan ia pergi meninggalkan Mamanua bersama anak mereka Walasendow.

4. Raewaya Hills 

5 Tempat Wisata di Airmadidi Minahasa Utara 5

Raewaya Hills – beritanusantara.co.id

Tempat wisata yang satu ini wajib kalian kunjungi jika berkunjung ke Airmadidi.  Raewaya Hills. Dibuka pada tahun 2017, tempat wisata yang terletak tepat di belakang Kantor Bupati Minahasa Utara ini menyediakan wisata alam dan berbagai permainan menarik. Tak lupa pula tersedia kafe dan resto sebagai tempat bersantai. Terletak di Kelurahan Airmadidi Atas, Kecamatan Airmadidi, kita hanya perlu waktu 30 menit dari pusat Kota Manado dengan menggunakan kendaraan roda empat.

Raewaya Hills menghadirkan beberapa permainan menarik seperti Flying Fox, Sky Bike sepanjang 200m dan setinggi 1000m di atas permukaan laut serta Extreme Swing.  Tempat wisata Raewaya Hills buka dari hari Selasa hingga Kamis pukul 15.00 sampai 20.00 WITA, khusus hari Jum’at sampai Minggu buka mulai pukul 11.00 sampai 20.00 WITA. Harga tiket masuk Raewaya Hills pun tidak mahal hanya sebesar Rp.10.000 dan kalian sudah bisa menikmati pemandangan alam yang menakjubkan. Sedangkan untuk harga per-wahana dibandrol dengan harga Rp.20.000/orang.

5. Pantai Firdaus Kema 

5 Tempat Wisata di Airmadidi Minahasa Utara 6

Tempat Wisata Pantai Firdaus Kema – manado.tribunnews.com

Jika empat tempat wisata sebelumnya lebih banyak berlokasi di kaki gunung, tempat wisata yang satu ini jauh dari gunung. Pantai Firdaus Kema berada di Desa Kema Dua, Kabupaten Minahasa Utara sekitar 15km dari Airmadidi dan perjalanan yang ditempuh memakan waktu 40 menit.  Hamparan pasir yang indah ditemani dengan riuh suara ombak dan semilir angin rasanya sepadan dengan perjuangan perjalanan kalian. Usut punya usut asal kata nama Kema berasal dari kata ‘Kammah’ yang dalam bahasa Arab berarti kemah.

Tak hanya main pasir atau berkejaran dengan ombak semata, kalian bisa menikmati berbagai olahraga air seperti Banana Boat, Flying Fish, Mega Mambo, hingga Jet Ski dengan harga yang cukup terjangkau yakni Rp. 25.000/orang untuk Banana Boat,  Rp. 30.000/orang untuk Mega Mambo, Rp.300.000/pasang untuk Flying Fish, dan Rp. 125.000/15 menit untuk Jet Ski. Tiket masuk ke pantai dibandrol dengan harga sangat murah hanya Rp.10.000 untuk kendaraan roda dua, Rp.30.000 untuk kendaraan roda empat. Selain itu kalian juga bisa menyewa pendopo atau Cottage dengan harga sewa mulai dari Rp. 50.000.

Buat kalian yang butuh inspirasi fashion ke pantai bisa intip tulisan ini ya https://seringjalan.com/5-baju-pantai-wanita/ 

Jangan lupa untuk intip daftar wisata lainnya https://seringjalan.com/5-tempat-wisata-di-sipirok-tapanuli-selatan/

Leave a Reply