Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Muaradua Ogan Komering Ulu Selatan

Makanan Khas Muaradua Ogan Komering Ulu Selatan

Makanan Khas Muaradua Ogan Komering Ulu Selatan

Makanan Khas Muaradua – Taman Kota Muaradua sebagai salah satu ikon baru di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan telah dibangun pada tahun 2019.

Taman ini menjadi ikon baru di Muaradua yang menjadi tempat rekreasi masyarakat untuk bersantai bagi semua orang dan bermain untuk anak-anak saat libur.

OKUĀ  Selatan berbatasan dengan Kecamatan Ulu Ogan, Kecamatan Pengandonan, dan Kecamatan Lengkiti Kabupaten Ogan Komering Ulu di utara.

Kota Muaradua Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan juga berbatasan dengan Kecamatan Martapura Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur dan Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung di timur.

baca juga :

Kota Muaradua Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan

Kota Muaradua Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan – foto tribunsumsel.com

Kota Muaradua Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Berbatasan dengan Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung di selatan.

Kota Muaradua Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan juga berbatasan dengan Kabupaten Bengkulu Selatan Provinsi Bengkulu dan Kecamatan Semendo Darat Ulu Kabupaten Muara Enim di barat.

Sebuah kecamatan di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan yang bernama Muaradua Kisam dihuni oleh Sumbay kisam, yaitu sebuah kelompok masyarakat adat atau suatu komunitas suku.

Muaradua Kisam mempunyai banyak ragam budaya yang khas mulai dari sistem kekerabatan, bahasa, kesenian, rumah tradisional, dan bahasa yang digunakan adalah bahasa melayu.

1. Bor Gibor

Bor Gibor, Makanan Khas Muaradua Ogan Komering Ulu Selatan

Bor Gibor, Makanan Khas Muaradua Ogan Komering Ulu Selatan – sumber : cookpad

Bor Gibor termasuk jenis kuliner berkuah. Bumbu dasarnya sama seperti bumbu masakan pindang.

Di Sumatera Selatan, ada beberapa jenis masakan pindang yakni pindang pegagan dan pindang musi rawas, maka, khusus di OKU Selatan ada jenis pindang yang unik, yaitu Bor Gibor. Bor Gibor berbeda dengan pindang yang lain karena memiliki cita rasa khas,yakni rasa asam.

Rasa asam dari pindang ini, didapatkan dari tempoyak, yaitu buah durian yang diawetkan dengan cara mencampur daging durian dengan garam lalu disimpan dalam stoples kedap udara selama beberapa hari hingga rasanya menjadi asam.

Di kota Muaradua, OKU Selatan, menu Bor Gibor dapat dinikmati di berbagai warung makan yang tersebar di sekitaran kota.

2. Pepes Tempoyak, Makanan Khas Muaradua

Pepes Tempoyak

Pepes Tempoyak – sumber : rasa sayange

Tempoyak atau tempuyak adalah masakan yang menggunakan buah durian yang difermentasi. Pepes Tempoyak juga menjadi salah satu Makanan Khas Muaradua Ogan Komering Ulu Selatan.

Tempoyak dapat langsung dilahap sebagai teman menyantap nasi. Namun, tempoyak dapat juga diolah lagi menjadi masakan, yaitu dijadikan sambal, gulai, pepes, dan lain-lain.

Pepes tempoyak ini adalah salah satu Kuliner dan Makanan Khas Baturaja yang mudah ditemukan di kabupaten OKU. Pepes ini dimasak dengan menggunakan ikan patin sebagai tambahan nutrisi untuk tubuh.

3. Kopi Durian

Kopi Durian

Kopi Durian – sumber : suara.com

Durian merupakan buah yang tak jarang ditemui di kabupaten OKU. Mudahnya mendapatkan durian pun dijadikan eksperimen unik dimana satu biji daging buah durian dicelupkan di dalam secangkir kopi.

Diyakini oleh para penikmatnya, bahwa bau durian yang sangat menyengat dapat dinetralisir oleh kopi.

Durian yang ada di kopi ini memberikan sensasi creamy dan berpadu dengan rasa manis dan asam yang dimiliki oleh kopi.

Cara menyantap durian dan kopi ini sering ditemui di berbagai warung kopi di kabupaten OKU

4. Perkedel Bayam

Perkedel Bayam, Makanan Khas Muaradua

Perkedel Bayam, Makanan Khas Muaradua – sumber : cookpad

Perkedel bayam kukus merupakan salah satu Kuliner dan Makanan Khas Baturaja yang telah dikenal banyak orang dan sekarang dapat ditemui di beberapa wilayah lainnya di Sumatera Selatan.

Perkedel ini diolah dengan bahan utamanya, yaitu kentang, yang dicampur dengan daun bayam yang telah dicincang halus, sehingga daun bayam tersebut tidak akan merusak cita rasa yang dimiliki oleh perkedel ini.

5. Keripik Pare

Keripik Pare

Keripik Pare – sumber : omiyago

Keripik ini dibuat dengan bahan dasar pare. Walaupun buah pare dikenal dengan rasanya yang pahit, namun rasa pahitnya akan hilang ketika menjadi keripik dan memiliki tekstur yang renyah dan menggoyang lidah.

Keripik ini biasa dikonsumsi dengan menggunakan bumbu balado, tepung beras, dan penyedap-penyedap lainnya sebagai penambah rasa.

6. Sambal Ranggam

Sambal Ranggam

Sambal Ranggam, kuliner khas Baturaja – Sumber: cookpad.com

Sambal Ranggam

Sambal Ranggam – foto endeus.tv

Sambal Ranggam, atau sering disebut pula dengan sambal jok-jok, merupakan salah satu makanan khas kabupaten OKU yang dikenal oleh banyak orang.

Secara umum, sambal ini merupakan sambal mentah dengan berbahan dasar ranggam, yaitu tomat kecil, yang dipadukan dengan terasi.

Biasanya, sambal ini hadir bersamaan dengan ikan pindang, pepes, ataupun bakar, dan juga rebusan sayur.

Sambal ini memiliki cita rasa yang gurih, pedas, dan segar karena dibuat dengan tambahan bahan makanan seperti kemangi dan jeruk nipis.

Inilah beberapa makanan khas Muaradua Ogan Komering Ulu Selatan yang bisa kamu nikmati. Jika kamu berkunjung ke kota ini maka jangan sampai melewatkan kenikmatan kuliner khas ini.

 

Leave a Reply