6 Kuliner dan Makanan Khas Amurang Minahasa Selatan - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Amurang Minahasa Selatan

Makanan Khas Amurang, Minahasa selatan

Makanan Khas Amurang, Minahasa selatan

Makanan Khas Amurang – Tanah Minahasa terkenal dengan kuliner khas dan mempunyai cita rasanya sangat pedas, terutama makanan yang berbahan dasar olahan dari daging dan sayuran dan olahan-olahan lainnya yang tentunya menciptakan rasa lezat dan enak.

Selain itu, beberapa jajanan atau cemilan tradisional yang terkenal dari Minahasa yang patut anda coba secara langsung atau bisa sebagai oleh-oleh buat tangan untuk sanak keluarga di rumah. Cemilan terkenal dengan rasanya khas dan penyajian cukup unik. Berikut ini beberapa jajanan atau cemilan khas Amurang Minahasa adalah:

1. Dodol Kenari

Dodol kenari,Makanan Khas Amurang

Dodol kenari, Makanan Khas Amurang – Foto: duniawanita.net

Makanan Khas Amurang yang pertama adalah Dodol Kenari atau yang lebih terkenal dengan sebutan dodol Amurang. Dodol ini memang berasal dari Kecamatan Amurang yang merupakan ibu kota Kabupaten Minahasa Selatan. Pada zaman dahulu dodol Amurang merupakan bagaian makanan yang dihidangkan pada saat acara perayaan syukuran pasca panen untuk dibawa ke gereja sebagai jamuan.

Yang membedakan dodol amurang dengan dodol lain yaitu terletak pada bahan pembuatan dodol tersebut. Nah, untuk bahan-bahan dalam pembuatan dodol ini yaitu gula aren, tepung beras, kayu manis, minyak kelapa murni, kacang dan lainnya. Cita rasa khas terdapat pada aroma kayu manis. T

ekstur dari dodol Kenari ini sama seperti dodol pada umumnya adalah lengket, kenyal. Penyajian dodol amurang menggunakan daun kepala atau janur, sebagai pembungkus dengan ukuran yang sama, kemudian diikat pada kedua ujung daun kelapannya. Dodol Amurang atau dodol kenari banyak ditemukan di pusat perbelanjaan oleh-oleh khas manado berlokasi di kota manado

2. Pala Manis / Manisan Pala

Pala Manis, Makanan Khas Amurang

Pala Manis, Makanan Khas Amurang – Foto: cookpad.com

Makanan Khas Amurang lainnya yang harus kalian coba adalah Manisan Pala atau Pala Manis. Jajanan satu ini terkenal hingga ke Negeri seberang (malaysia). Tentunya menggunakan bahan utama yaitu pala dan gula pasir.

Proses pembuatan pala manis adalah pertama pala yang sudah dibersihkan terlebih dahulu kemudian diiris tipis – tipis, setelah itu masak gula pasir hingga mencair atau bisa menggunakan gula cair, kemudian masukan pala yang sudah diiris aduk hingga tercampur rata semuanya. Rasanya manis dan ada khas rempah – rempah.

Jika anda berkunjung ke Mando khusus daerah Amuran Kabupaten Minahasa Selatan, sempatkan untuk mencicipi jajanan khas ini. Tidak sulit untuk menemukkan jajanan ini karena sudah tersebar di seluruh penjuru Manado atau pusat oleh-oleh khas manado.

Baca Juga ya :

3. Kue lampu – lampu

Kue Lampu- Lampu, Makanan Khas Amurang

Kue Lampu- Lampu, Makanan Khas Amurang – Foto: resepmasakankreatif.blogspot.com

Kue Lampu-Lampu adalah Makanan Khas Amurang lainnya yang jug atak kalah menggodanya. Makna kata dalam bahasa setempat, β€œtetu” berarti perahu. Maka dari itu, cemilan lembut ini dalam penyajian menggunakan daun pisang yang dibentuk takir atau menyerupai perahu.

Leave a Reply