6 Kuliner dan Makanan Khas Amurang Minahasa Selatan - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Amurang Minahasa Selatan

Makanan Khas Amurang, Minahasa selatan

Makanan Khas Amurang, Minahasa selatan

Makanan Khas Amurang – Tanah Minahasa terkenal dengan kuliner khas dan mempunyai cita rasanya sangat pedas, terutama makanan yang berbahan dasar olahan dari daging dan sayuran dan olahan-olahan lainnya yang tentunya menciptakan rasa lezat dan enak.

Selain itu, beberapa jajanan atau cemilan tradisional yang terkenal dari Minahasa yang patut anda coba secara langsung atau bisa sebagai oleh-oleh buat tangan untuk sanak keluarga di rumah. Cemilan terkenal dengan rasanya khas dan penyajian cukup unik. Berikut ini beberapa jajanan atau cemilan khas Amurang Minahasa adalah:

1. Dodol Kenari

Dodol kenari,Makanan Khas Amurang

Dodol kenari, Makanan Khas Amurang – Foto: duniawanita.net

Makanan Khas Amurang yang pertama adalah Dodol Kenari atau yang lebih terkenal dengan sebutan dodol Amurang. Dodol ini memang berasal dari Kecamatan Amurang yang merupakan ibu kota Kabupaten Minahasa Selatan. Pada zaman dahulu dodol Amurang merupakan bagaian makanan yang dihidangkan pada saat acara perayaan syukuran pasca panen untuk dibawa ke gereja sebagai jamuan.

Yang membedakan dodol amurang dengan dodol lain yaitu terletak pada bahan pembuatan dodol tersebut. Nah, untuk bahan-bahan dalam pembuatan dodol ini yaitu gula aren, tepung beras, kayu manis, minyak kelapa murni, kacang dan lainnya. Cita rasa khas terdapat pada aroma kayu manis. T

ekstur dari dodol Kenari ini sama seperti dodol pada umumnya adalah lengket, kenyal. Penyajian dodol amurang menggunakan daun kepala atau janur, sebagai pembungkus dengan ukuran yang sama, kemudian diikat pada kedua ujung daun kelapannya. Dodol Amurang atau dodol kenari banyak ditemukan di pusat perbelanjaan oleh-oleh khas manado berlokasi di kota manado

2. Pala Manis / Manisan Pala

Pala Manis, Makanan Khas Amurang

Pala Manis, Makanan Khas Amurang – Foto: cookpad.com

Makanan Khas Amurang lainnya yang harus kalian coba adalah Manisan Pala atau Pala Manis. Jajanan satu ini terkenal hingga ke Negeri seberang (malaysia). Tentunya menggunakan bahan utama yaitu pala dan gula pasir.

Proses pembuatan pala manis adalah pertama pala yang sudah dibersihkan terlebih dahulu kemudian diiris tipis – tipis, setelah itu masak gula pasir hingga mencair atau bisa menggunakan gula cair, kemudian masukan pala yang sudah diiris aduk hingga tercampur rata semuanya. Rasanya manis dan ada khas rempah – rempah.

Jika anda berkunjung ke Mando khusus daerah Amuran Kabupaten Minahasa Selatan, sempatkan untuk mencicipi jajanan khas ini. Tidak sulit untuk menemukkan jajanan ini karena sudah tersebar di seluruh penjuru Manado atau pusat oleh-oleh khas manado.

Baca Juga ya :

3. Kue lampu – lampu

Kue Lampu- Lampu, Makanan Khas Amurang

Kue Lampu- Lampu, Makanan Khas Amurang – Foto: resepmasakankreatif.blogspot.com

Kue Lampu-Lampu adalah Makanan Khas Amurang lainnya yang jug atak kalah menggodanya. Makna kata dalam bahasa setempat, “tetu” berarti perahu. Maka dari itu, cemilan lembut ini dalam penyajian menggunakan daun pisang yang dibentuk takir atau menyerupai perahu.

Kue ini terbuat dari tepung terigu, gula merah, dan santan. Proses memasaknya dengan ketiga bahan di atas dicampur menjadi satu, kemudian dibungkus daun pisang. Setelah itu, barulah dikukus hingga matang sampai mengeluarkan aromanya.

Cara menikmati jajan ini dengan simpan kue di dalam kulkas beberapa menit agar kue lampu-lampu lebih dingin, sehingga cita rasanya makin lezat. Selain dimakan langsung, bisa juga dimakan bareng kolak kacang hijau.

Kue lampu-lampu menjadi jajanan tradisional wajib ada di bulan Ramadan sebagai takjil, dipercaya bisa membuat daya tahan tubuh kuat dengan adanya gula merah pada kue tersebut. Tak heran selama bulan puasa kue ini banyak sekali penjualnya.

4. Binyolos, Makanan Khas Amurang yang lezat

Binyolos, Makanan Khas Amurang

Binyolos, Makanan Khas Amurang Minahasa Selatan – Foto: IndonesiaKaya.com

Jajanan lain dari Minahasa yang terkenal di Manado yaitu Binyolos. Jajanan ini memiliki bentuk bulat, yang terbuat dari campuran ubi, tepung terigu, mentega, telur, vanili, gula pasir. Untuk bagian dalam pada kue ini akan diisi dengan gula merah cair.

Proses pembuatan ubi yang telah direbus lalu dihaluskan, setelah itu dicampurkan dengan bahan lainnya hingga menjadi adonan, kemudian bentuk menjadi bulatan kecil dan masukan gula merah pada bagian dalam kue ini.

Rasanya yang manis dan guri sehingga cocok dinikmati saat pagi dan sore hari sebagai teman makan teh atau kopi. Binyolos mudah ditemukan di pusat oleh-oleh khas manado. Binyolos juga kini telah menjadi Makanan Khas Amurang yang sayang untuk dilewatkan.

5. Bobengka, Makanan Khas Amurang yang menggoda

Bobengka, Makanan Khas Amurang

Bobengka, Makanan Khas Amurang – Foto: jualkuetradisionalmanad

Makanan Khas Amurang yang bisa kalian coba lagi adalah Kue Bobengka. Sebenarnya Kue bobengka mirip seperti brownie yang berasal dari kota Manado. Bahan dasar pembuatan kue Bobengka dari tepung terigu, santan, telur, gula merah, dan kelapa parut.

Cara memasaknya dengan dipanggang di dalam oven. Bobengka memiliki tekstur yang lembut, dan rasa yang gurih, manis khas rempah-rempah kayu manis. Kue bobengka sebagai ganjal perut yang lezat, kue ini juga cocok sebagai oleh-oleh khas Manado.

6. Koyabu

Koyabu, Makanan Khas Amurang

Koyabu, Makanan Khas Amurang – Foto: sajiansedap.grid.id

Koyabu merupakan Makanan Khas Amurang berupa  jajanan basa. Kue ini sangat  khas sebagai jajanan dari Minahasa yang juga populer di Manado. Jajanan tradisional ini terbuat dari ketan putih yang dicampur parutan kelapa, sedikit garam, air daun suji dan bagian dalamnya terdapat isian gula merah.

Setelah itu dibungkus daun pandan dan dikukus selama 20 menit di atas api sedang sampai matang. Rasanya sudah pasti legit, manis dan bikin ketagihan. Jajanan koyabu mudah ditemukan di pasar tradisional Manado atau di Minahasa.

Leave a Reply