Kunjungi 5 Tempat Wisata di Tana Tidung Kalimantan Utara - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Alam, Air Terjun, Daftar Wisata, Gua, Itinerary

Kunjungi 5 Tempat Wisata di Tana Tidung Kalimantan Utara

Hutan Lindung Sugai Sesayap, Tempat Wisata di Tana Tidung Kalimantan Utara

Hutan Lindung Sugai Sesayap, Tempat Wisata di Tana Tidung Kalimantan Utara - Sumber : pinterest

Tempat Wisata di Tana Tidung – Kabupaten Tana Tidung atau disingkat juga dengan KTT merupakan salah satu dari kabupaten yang berada di provinsi Kalimantan Utara atau Kaltara. Kabupaten Tana Tidung ini merupakan salah satu tempat pemekaran dari 3 wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Bulungan.

Pembentukan dari Kabupaten Tana Tidung ini disetujui pada Sidang Paripurna DPR RI sejak pada tanggal 17 Juli 2007 lalu. Tana Tidung mempunyai sejumlah potensi wisata alam yang sangat indah yang bisa untuk diknjungi oleh para wisatawan ketika sedang berkunjung di salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Kalimantan Utara ini.

Pada pembahasan kali ini akan diberikan daftar obyek wisata alam unggulan yang terdapat di Kabupaten Tana Tidung. Berikut ini beberapa daftar Tempat Wisata di Tana Tidung yang menarik yang bisa untuk Anda kunjungi.

1. Air Terjun Gunung Rian

Air Terjun Gunung Rian, Tempat Wisata di Tana Tidung

Air Terjun Gunung Rian, Tempat Wisata di Tana Tidung – sumber : korankaltara

Tempat Wisata di Tana Tidung yang pertama yang harus dikunjungi adalah Air terjun Gunung Rian. Air terjun gunung Rian ini terletak di Desa Rian, Kecamatan Sasayap, Tana Tidung, Kalimantan Utara.

Gunung Rian ini merupakan salah satu dari Hutan Lindung yang sangat luas yang ada di Kabupaten Tana Tidung. Kawasang ini mempunyai batu putih serta air terjun yang sangat jernih serta tinggi yang terdiri dari tujuh tingkat.

Perjalanan untuk menuju ke lokasi wisata bisa dibilang memang cukup mudah. Mulai dari Tarakan maka Anda bisa untuk menaiki speedboat kemudian singgah di pelabuhan Kabupaten Tana Tidung. Setelah itu perjalanan dilanjutkan kembali melalui darat sejauh 28 km menuju ke arah Malinau.

Dari Malinau Anda menuju lokasi sejauh 45 km atau sekitar satu jam untuk perjalanan dari Tidang Pali, Ibukota Kabupaten Tana Tidung. Meski lokasi dari Air Terjun Rian ini aksesnya cukup jauh dari kota, akan tapi tidak sedikit para wisatawan yang berkunjung ke sini.

2. Batu Mapan, Tempat Wisata di Tana Tidung

 

Batu Mapan, Tempat Wisata di Tana Tidung

Batu Mapan, Tempat Wisata di Tana Tidung – Sumber : flickr

Tempat Wisata di Tana Tidung  selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Batu Mapan. Tempat wisata Batu Mapan ini berada di llokasi Km 6 Tideng pale, Kabupaten Tana Tidung, Kalimantan Utara.

Ada 2 jalur jalan yang bisa untuk Anda lewati ketika Anda ingin berkunjung ke Batu Mapan serta masing-masing rute mempunyai tantangan tersendiri. Untuk memulai perjalanan menuju lokasi dari Gang Kopral, Jalan Simpang Amal, Rt 03.

Untuk rute yang satu ini terbilang cukup favorit, karena ada beberapa medan jalan yang dilalui tidak terlalu terjal, serta tidak curam. Hanya saja, untuk waktu tempuhnya cukup memakan waktu yaitu sekitar 20 – 25 menit dengan melewati hutan serta semak belukar, baru Anda sampai ke Batu Mapan.

Baca juga :

Berbeda halnya jika Anda memilih untuk bisa memulai perjalanan dari Gang Batu Mapan, maka Jalan Simpang Amal, Rt 03. Rute yang satu ini cukup singkat, karena Anda hanya akan melalui satu medan namun dianggap sangat terjal.

Leave a Reply