5 Tempat Wisata di Selayar - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Alam, Budaya, Bukit, Daftar Wisata, Gua, Gunung, Pantai, Pulau

5 Tempat Wisata di Selayar

Tempat Wisata di Benteng Kepulauan Selayar

pantai pinang, Tempat Wisata di Benteng Kepulauan Selayar - Sumber: Ayo Ke Selayar

Tempat Wisata di Selayar – Selayar merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan. Ibukota Kabupaten Kepulauan Selayar adalah Kota Benteng. Kabupaten Kepulauan Selayar merupakan gugusan pulau dengan jumlah keseluruhan 130 pulau dan 7 di antaranya tenggelam pada saat air pasang.

Tentunya Kabupaten Kepulauan Selayar ini menyimpan sejuta potensi wisata alam yang masih asri dari perbukitan hingga biota lautnya. Berikut lima tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh para pengunjung pecinta alam.

1. Hutan Mangrove Gusung

Hutan Mangrove Selayar

Hutan Mangrove Selayar – Sumber: Ayo Ke Selayar

Tempat Wisata di Selayar adalah Hutan Mangrove Selayar. Hutan Mangrove ii Merupakan kawasan hutan bakau yang membelah Pulau Pasi dengan Pulau Gusung, pulau yang terletak sebelah barat Kota Benteng. Pulau Pasi Gusung bisa diakses dengan perahu nelayan jenis jolloro dari Benteng dan memakan waktu sekitar 30 menit. Lokasi kawasan Mangrove Gusung berada di Desa Bontolebang, Kecamatan Bontoharu, Kepulauan Selayar.

Pengunjung dapat menyewa perahu dengan tarif sekitar Rp 500.000 untuk menyusuri bentangan hutan bakau. Tentunya pengunjung akan dapat merasakan sensasi alami dari perjalanan ini, dari mulai menikmati pemandangan yang berbeda dari pemandangan perkotaan dan juga aroma hutan mangrove alami.

Satu perahu dapat menampung 5 sampai 10 orang. Di sekitar hutan Mangrove Gusung ini terdapat beberapa perkampungan nelayan setempat yang bisa juga dikunjungi dan pengunjung dapat menyaksikan langsung aktivitas keseharian warga setempat.

2. Bukit Pusera, Tempat Wisata di Selayar yang hits

Bukit Pusera

Bukit Pusera – foto karmilaikaputri

Bagi pengunjung yang suka dengan pemadangan perbukitan, destinasi Bukit Pusera di Selayar merupakan destinasi yang tepat untuk dikunjungi. Bukit Pusera merupakan puncak tertinggi di Kepulauan Selayar dan dari puncaknya, pengunjung dapat menikmati pemandangan mempesona yaitu pantai timur di Kepulauan Selayar.

Bukit Pusera terletak di Dusun Taipadada, Desa Bonea Makmur, Kecamatan Bontomanai. Untuk dapat mencapai Bukit Pusera, pengunjung harus menempuh perjalanan sejauh 25 km dari Kota Benteng bisa menggunakan mobil atau motor. Ada beberapa jalanan mendaki yang harus dilewati sehingga pengunjung harus berhati-hati.

3. Gua Balojaha

Gua Balojaha

Gua Balojaha – foto festivaljaan.com

Tempat Wisata di Selayar yang ketiga adalah Goa Balohaja atau Gua Balohaja. Goa ini tepatnya terletak di Pulau Pasi, Goa Balojaha, Kabupaten Kepulauan Selayar. Sungguh cantik Gua Balohaja ini untuk dinikmati pengunjung.

Baca juga : Kunjungi 5 Tempat wisata di Gowa  yang menarik

Leave a Reply