Alam, Budaya, Bukit, Daftar Wisata, Gua, Gunung, Pantai, Pulau

5 Tempat Wisata di Selayar

Tempat Wisata di Benteng Kepulauan Selayar

pantai pinang, Tempat Wisata di Benteng Kepulauan Selayar - Sumber: Ayo Ke Selayar

Tempat Wisata di Selayar – Selayar merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan. Ibukota Kabupaten Kepulauan Selayar adalah Kota Benteng. Kabupaten Kepulauan Selayar merupakan gugusan pulau dengan jumlah keseluruhan 130 pulau dan 7 di antaranya tenggelam pada saat air pasang.

Tentunya Kabupaten Kepulauan Selayar ini menyimpan sejuta potensi wisata alam yang masih asri dari perbukitan hingga biota lautnya. Berikut lima tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh para pengunjung pecinta alam.

1. Hutan Mangrove Gusung

Hutan Mangrove Selayar

Hutan Mangrove Selayar – Sumber: Ayo Ke Selayar

Tempat Wisata di Selayar adalah Hutan Mangrove Selayar. Hutan Mangrove ii Merupakan kawasan hutan bakau yang membelah Pulau Pasi dengan Pulau Gusung, pulau yang terletak sebelah barat Kota Benteng. Pulau Pasi Gusung bisa diakses dengan perahu nelayan jenis jolloro dari Benteng dan memakan waktu sekitar 30 menit. Lokasi kawasan Mangrove Gusung berada di Desa Bontolebang, Kecamatan Bontoharu, Kepulauan Selayar.

Pengunjung dapat menyewa perahu dengan tarif sekitar Rp 500.000 untuk menyusuri bentangan hutan bakau. Tentunya pengunjung akan dapat merasakan sensasi alami dari perjalanan ini, dari mulai menikmati pemandangan yang berbeda dari pemandangan perkotaan dan juga aroma hutan mangrove alami.

Satu perahu dapat menampung 5 sampai 10 orang. Di sekitar hutan Mangrove Gusung ini terdapat beberapa perkampungan nelayan setempat yang bisa juga dikunjungi dan pengunjung dapat menyaksikan langsung aktivitas keseharian warga setempat.

2. Bukit Pusera, Tempat Wisata di Selayar yang hits

Bukit Pusera

Bukit Pusera – foto karmilaikaputri

Bagi pengunjung yang suka dengan pemadangan perbukitan, destinasi Bukit Pusera di Selayar merupakan destinasi yang tepat untuk dikunjungi. Bukit Pusera merupakan puncak tertinggi di Kepulauan Selayar dan dari puncaknya, pengunjung dapat menikmati pemandangan mempesona yaitu pantai timur di Kepulauan Selayar.

Bukit Pusera terletak di Dusun Taipadada, Desa Bonea Makmur, Kecamatan Bontomanai. Untuk dapat mencapai Bukit Pusera, pengunjung harus menempuh perjalanan sejauh 25 km dari Kota Benteng bisa menggunakan mobil atau motor. Ada beberapa jalanan mendaki yang harus dilewati sehingga pengunjung harus berhati-hati.

3. Gua Balojaha

Gua Balojaha

Gua Balojaha – foto festivaljaan.com

Tempat Wisata di Selayar yang ketiga adalah Goa Balohaja atau Gua Balohaja. Goa ini tepatnya terletak di Pulau Pasi, Goa Balojaha, Kabupaten Kepulauan Selayar. Sungguh cantik Gua Balohaja ini untuk dinikmati pengunjung.

Baca juga : Kunjungi 5 Tempat wisata di Gowa  yang menarik

Daya tarik spesial dari Goa Balohaja ini yaitu terdapat kolam alami dengan air yang sangat jernih. komponen utama goa ini adalah batuan kapur yang licin berbentuk semi vertikal. Pengunjung tentu dapat berenang sambal menikmati pemandangan batu stalakmit yang terbentuk secara alami.

4. Pantai Pinang, Tempat Wisata di Selayar yang indah

Pantai Pinang merupakan pantai yang berada di bagian timur Pulau Selayar. Dengan karakter pantai berpasir putih dan air laut yang jernih serta pemandangan alam bawah laut yang cantik, pantas sekali jika pantai ini menjadi magnet bagi pengunjung pecinta diving maupun snorkeling.

pantai pinang selayar

pantai pinang selayar – Sumber: Ayo Ke Selayar

Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Pinang adalah pada bulan September sampai April atau biasa disebut sebagai musim barat oleh warga setempat. Untuk mencapai pantai ini, dari Kota Benteng, dapat diakses melalui perjalanan darat menuju Pelabuhan PattumbukangTempat Wisata di Selayar dengan waktu tempuh sekitar 45 menit kemudian dilanjutkan dengan menggunakan angkutan kapal jenis jolloro berkapasitas penumpang hingga 15 orang, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

5. Pulau Bahuluang

Pulau Bahuluang

Pulau Bahuluang, tempat wisata di Selayar yang indah – Sumber: Wisata Oky

Tempat Wisata di Selayar yang terakhir adalah Pulau Bahuluang. Destinasi satu ini bisa dikunjungi dengan menggunakan kapal dari Dermaga Appatanah, kira-kira 40 kilometer dari Kota Benteng. Pulau Bahuluang terbentuk dari patahan karang yang terbawa arus lalu sehingga menjadi daratan kecil di lautan.

Pengunjung akan disuguhi dengan keindahan pemandangan alam dengan gugusan batu dan air laut yang jernih. Belum berhenti di situ, hamparan pasir putih juga menambah daya tari dari Pulau Bahuluang di Selayar ini.

Melanjutkan suguhan alami, pengunjung dapat ber-snorkeling dan juga diving untuk menikmati suguhan cantik bawah laut. Daya tarik selanjutnya dari Pulau Bahuluang, Selayar, adalah bentuk yang sering berubah setiap musimnya.

Belum ada penelitian khusus tentang kabar tersebut namun diperkirakan ombak dan angin laut menjadi penyebabnya. Terdapat juga legenda setempat yang mengatakan bahwa fenomena pulau berubah bentuk disebabkan oleh ulah dari penunggu pulau yang kerap dikatakan menyerupai gurita raksasa.

 

Leave a Reply