Alam, Daftar Wisata, Gua, Harga Tiket, Pantai, Pulau

5 Tempat Wisata di Bulukumba yang Indah

Tempat Wisata di Bulukumba

Pantai Tanjung Bira,Tempat Wisata di Bulukumba - foto reddoorz.com

Tempat Wisata di Bulukumba – Bulukumba adalah kabupaten yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan. Daerah ini memang memiliki banyak tempat wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan, apalagi buat kalian yang demen travelling.

Di sini banyak menyimpan pesona alam yang aduhai khususnya di bagian timur daerah yang memiliki julukan Bumi Panrita Lopi ini. Tempat wisata Bulukumba ini pun jadi destinasi wisata favorit baik bagi wisatawan domestik maupun dari mancanegara yang tertarik ingin melihat pesona alam Bulukumba yang bisa memanjakan mata.

Daftar Tempat Wisata Di Bulukumba Sulawesi Selatan Terbaik

Berikut ini kami akan memberikan rekomendasi mengenai hal apa saja di tempat wisata terbaik yang ada di Bulukumba yang wajib kalian kunjungi.

1. Bukit Donggia

Bukit Donggia, Tempat Wisata di Bulukumba

Bukit Donggia, Tempat Wisata di Bulukumba – foto twitter.com

Tempat Wisata di Bulukumba yang berada di Sulawesi Selatan memang terkenal dengan pantainya. Namun, selain pantai di Bulukumba terdapat bukit yang sangat indah bernama Donggia.

Bukit Donggia merupakan hutan tropis di ketinggian 1.400 mdpl. Dari atas bukit Donggia ini selain bisa menikmati udaranya yang sejuk, kalian juga bisa mengambil gambar dengan latar perbukitan yang berwarna hijau dan juga sungai.

Untuk menuju ke area Bukit Donggia rutenya cukup sulit dan harus berhati-hati terutama jika kalian membawa kendaraan. Pasalnya, sebagian jalan untuk menuju ke Bukit Donggia ini ada yang sudah dibeton dan ada yang masih berupa bebatuan licin.

2. Pantai Marumasa, Tempat Wisata di Bulukumba

Pantai Marumasa, Tempat Wisata di Bulukumba

Pantai Marumasa, Tempat Wisata di Bulukumba – foto petaniadv.com

Pantai Marumasa adalah Tempat Wisata di Bulukumba yang juga wajib kalian dikunjungi. Pantai Maruma ini ada di Desa Darubia, kecamatan Bonto Bahari yang berbatasan langsung dengan Desa Bira.

Di pantai Marumasa kalian bisa melihat pemandangan pasir putih yang terhampar luas. Kemudian di pantai Marumasa ini ada banyak spot foto terbaik yang bisa kalian abadikan termasuk menikmati sunrise dari atas tebing.

Tidak hanya itu saja, kalian juga bisa berenang atau bermain pasir di dekat pantai dengan menuruni anak tangga yang sudah disediakan. Harga tiket masuk ke pantai ini adalah 10 ribu rupiah per orang.

Baca Juga ya :

3. Pantai Limbua

Pantai Limbua, Tempat Wisata di Bulukumba

Pantai Limbua, Tempat Wisata di Bulukumba – foto facebook.com

Tempat Wisata di Bulukumba lainnya adalah Pantai Limbua. Pantai ini letaknya ada di kelurahan Tri Tiro, kecamatan Bonto Biro. Di Limbua ini kalian bisa melakukan tiga aktivitas yaitu bermain di pantai, berenang di laut atau mungkin memilih untuk berenang di kolam. Meskipun dekat dengan bibir pantai, tetapi air kolam renang di Limbua tidak terasa payau.

Uniknya lagi, masyarakat setempat kadang kala meminum air dari mata air kolam renang Limbua yang dipercaya bisa menghilangkan berbagai macam penyakit. Untuk menuju ke lokasi ini kalian bisa menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua dan hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit dari Apparalang.

4. Gua Passea

Gua Passea, Tempat Wisata di Bulukumba

Gua Passea, Tempat Wisata di Bulukumba – foto steemit.com

Tidak hanya pantai dan bukitnya, Tempat Wisata di Bulukumba juga ada yang berupa gua. Tempat ini merupakan sebuah situs purbakala dan dilindungi oleh pemerintah Desa Lembanna.

Di gua Passea ini kalian bisa menikmati keindahan batuan stalaktit dan juga benda-benda peninggalan jaman nenek moyang terdahulu seperti tiulang belulang hingga keramik kuno. Gua Passea ini juga menyimpan kebudayaan masyarakat kaum Ara di masa lampau.

5. Pantai Tanjung Bira

Pantai Tanjung Bira, Tempat Wisata di Bulukumb

Pantai Tanjung Bira, Tempat Wisata di Bulukumba – foto Mytrip123.com

Tempat wisata di Bulukumba yang terakhir ini adalah yang paling favorit dikunjungi dan merupakan pantai yang paling indah. Di pantai Tanjung Bira kalian akan dimanjakan dengan pemandangan pasir putih yang halus di sepanjang bibir pantai dan juga hamparan air laut yang berwarna biru yang jernih.

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Bira

Harga tiket masuk untuk wisatawan domestik adalah 10 ribu rupiah dan untuk wisatawan asing sebesar 20 ribu rupiah. Saat akhir pekan harganya akan naik menjadi 15-20 ribu rupiah. Jika ingin pergi ke pulau Liukang dan Kambing yang ada di tanjung Bira, kalian harus menyewa perahu muali dengan harga 300 ribu rupiah.

Lokasi Pantai Tanjung Bira

Lokasi pantai ini ada di Jl. Tanjung Bira, Bonto Bahari, Bulukumba, Sulawesi selatan. Dari Bulukumba menuju ke pantai ini berjarak sekitar 40 km. Dari kota Makassar dapat ditempuh dengan waktu 5-6 jam. Kemudian lanjutkan perjalanan hingga menuju ke kabupaten Bantaeng. Dari sini pantai Tanjung Bira hanya beberapa kilometer saja.

Sumber: mytrip123.com, kumparan.com, kompas.com

Leave a Reply