Daftar Wisata

6 Tempat wisata di Sendawar Kabupaten Kutai Barat

Tempat wisata di Sendawar Kabupaten Kutai Barat

Tempat wisata di Sendawar Kabupaten Kutai Barat

 Tempat wisata di Sendawar Kabupaten Kutai Barat – Kawasan atau Desa Sendawar berada di Kecamatan Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur. Desa Sendawar memiliki potensi wisata alam yang indah. Wisata alam yang paling terkenal adalah air terjun Sendawar yang menawan.

Selain air terjun Sendawar, ada beberapa tempat wisata yang memiliki potensi alam tidak kalah menawan yang dimiliki Sendawar. Berikut rangkumannya

Berikut adalah rangkuman Tempat Wisata di Sendawar, versi Lancang Kuning Kalimantan Timur.

1. Gunung Es

Gunung Es, Tempat wisata di Sendawar Kabupaten Kutai Barat Tempat wisata di Sendawar Kabupaten Kutai Barat

Gunung Es, Tempat wisata di Sendawar Kabupaten Kutai Barat – Sumber : indocreative33

Tempat wisata di Sendawar Kabupaten Kutai Barat  yang pertama yang cukup dikenal masyarakat adalah Gunung Es yang berlokasi di antara Kampung Tutung dan Kampung Intu Lingau. Membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam dari pusat daerah Sendawar.

Suhu udara yang sangat dingin di puncak gunung membuat gunung ini disebut Gunung Es. Memiliki pemandangan yang mempesona dapat membuat pendakian ke puncak menjadi sangat menyenangkan. Medan jalur pendakian tidak berbahaya sehingga dapat ditempuh pendaki pemula sekalipun.

Dari puncak Gunung Es, pemandangan Hutan lindung Kalimantan yang indah dapat dinikmati. Jika Anda ingin menikmati suasana sejuk yang masih alami puncak Gunung Es adalah tempat yang tepat.

2. Air Terjun Sendawar

Air Terjun Sendawar,  Tempat wisata di Sendawar Kabupaten Kutai Barat

Air Terjun Sendawar, Tempat wisata di Sendawar Kabupaten Kutai Barat – Sumber : kaltim.tribunnews

Tempat wisata di Sendawar Kabupaten Kutai Barat  selanjutnya adalah Wisata alam air terjun Sendawar memiliki ketinggian sekitar 50 Kaki. Tempatnya masih sangat asri di sekelilingnya dapat melihat hutan lindung yang rimbun dengan udara yang sejuk.

Tempat yang cocok untuk bersantai dikala jenuh dari rutinitas di kota. Pemandangan yang indah sangat cocok untuk berfoto atau sekedar mandi di bawah air terjun yang dingin.

Namun untuk sampai di area air terjun Sendawar harus melewati jalur yang cukup ekstrim apalagi jika musim hujan. Jalan yang masih alami naik turun dan penuh tikungan harus dilalui dengan hati-hati, terlebih saat hujan menjadi licin.

Air terjun terletak di Desa Sendawar, kecamatan Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat (Melak). Desa yang masih sangat terjaga keasriannya.

Baca Juga ya :

3. Air Terjun Jantur Gemuruh

Air Terjun Jantur Gemuruh, Tempat wisata di Sendawar Kabupaten Kutai Barat

Air Terjun Jantur Gemuruh, Tempat wisata di Sendawar Kabupaten Kutai Barat – Sumber : koncosuper

Tempat wisata di Sendawar Kabupaten Kutai Barat lainnya yang tak kalah indahnya adalah Air Terjun Jantur Gemuruh.  Jantur dari bahasa dayak memiliki arti air terjun.

Sementara gemuruh merupakan nama yang diberikan warga sekitar karena air terjun ini memiliki suara yang besar atau bergemuruh. Jantur Gemuruh atau Air Terjun Gemuruh tidak kalah asri dan membawa kesejukan.

Air terjun ini masih berasa di kawasan Sendawar tepatnya di Sekolaq Darat. Keindahan alamnya sangat berpotensi sebagai tempat wisata alam yang disukai karena kesejukan dan keasrian alamnya.

4. Air Terjun Jantur Inaar

Air Terjun Jantur Inaar Kutai Barat

Air Terjun Jantur Inaar Tempat wisata di Sendawar Kabupaten Kutai Barat,  foto – nhorachan.com

Masih wisata alam air terjun, Tempat wisata di Sendawar Kabupaten Kutai Barat berikutnya adalah Jantur Inaar. Pemandangan yang asri dan udara yang sejuk masih menjadi andalan. Dibandingkan air terjun di pulau Jawa  air terjun di sini jauh lebih asri ditambah pemandangan hutan yang masih terjaga.

Anda yang ingin mandi berlama-lama harus siap dengan air yang sangat dingin. Atau jika ingin berfoto untuk media sosial akan sangat puas dengan pemandangan alami di sini.

Jika masih tidak cukup dengan air terjun, Anda bisa mengunjungi Jantur Mapan, air terjun di Desa Sendawar yang menawan. Air terjunnya tidak terlalu tinggi namun bertingkat sangat indah apalagi untuk difoto.

Udara yang sejuk dan pemandangan yang asri masih menjadi andalan. Untuk sampai ke lokasi juga tidak sulit karena letaknya ada di tepi jalan sehingga mudah ditemukan.

5. Taman Budaya Luuq

Taman Budaya Luuq Sendawar Kutai Barat

Taman Budaya Luuq Sendawar Kutai Barat

Beranjak dari air terjun, Tempat wisata di Sendawar Kabupaten Kutai Barat yang wajib kamu kunjungi adalah sebuah taman budaya bernama Taman Budaya Luuq. Taman Budaya Luuq ini memuat berbagai informasi tentang budaya Dayak. Tempat yang cocok untuk berwisata bersama kaluarga dan anak-anak. Wisata edukatif  memuat segala sesuatu tentang Dayak dapat ditemukan di sini, seperti Rumah Lamin, Patung Dayak dan lain sebagainya.

Berada di kawasan Sendawar yang masyarakatnya sendiri masih cukup kuat memegang budaya Dayak. Anda dapat datang saat momen HUT Sendawar sebab ada banyak acara yang digelar baik acara adat, festival dan lain sebagainya.

6. Danau Aco

Danau Aco, Tempat wisata di Sendawar Kabupaten Kutai Barat

Danau Aco, Tempat wisata di Sendawar Kabupaten Kutai Barat

Tempat wisata di Sendawar Kabupaten Kutai Barat berikutnya adalah Danau Aco. Wisata alam berupa danau ini tidak kalah kerennya. Danau ini cukup unik karena berada di atas bukit yang dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor. Sepanjang perjalanan pemandangan alam yang mempesona akan menemani. Udara sejuk dapat menghilangkan penat di kepala.

Jadi bagaimana? Anda berminat mengunjunginya? Jangan lupa membawa rombongan keluarga atau teman-teman agar semakin seru ya.

Leave a Reply