6 Kuliner dan Makanan Khas Tenggarong Kutai Kartanegara - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Tenggarong Kutai Kartanegara

6 Kuliner dan Makanan Khas Tenggarong Kutai Kartanegara

kuliner dan makanan khas tenggarong kutai kartanegara , gence ruan | merahputih.com

Kuliner dan Makanan Khas Tenggarong Kutai Kartanegara – Tenggarong adalah sebuah kota sekaligus menjadi ibu kota dari Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur yang memiliki luas 398Km. Di Kutai Kartanegara inilah yang nantinya akan menjadi Ibu kota baru bagi Indonesia selain Penajem Paser Utara.

Bila nanti berkunjung ke Tenggarong Kutai Kartanegara selepas menikmati destinasi wisatanya, jangan lupakan untuk mencicipi cita rasa makanan khas dari Tenggarong Kutai Kartanegara.

Berikut 6 Kuliner dan Makanan Khas Tenggarong Kutai Kartanegara.

1. Pepes Kepiting Soka

6 Kuliner dan Makanan Khas Tenggarong Kutai Kartanegara

pepes kepiting soka | beritagar.id

Menu seafood yang satu ini terbuat dari Kepiting Soka. Kepiting Soka adalah kepiting yang hidup di kawasan hutan bakau dan memiliki bentuk cangkang yang lunak.  Salah satu cara terbaik untuk menikmati kepiting soka adalah dengan cara di pepes.

Pepes kepiting soka ini dibuat dengan bahan campuran bumbu rempah-rempah yang kemudian ditumis dengan kepiting soka. Kemudian, kepting soka dibungkus daun pisang dan di pepes dengan cara dibakar. Pepes kepiting soka ini bisa dinikmati dengan harga berkisar Rp 15.000 per bungkusnya.

2. Nasi Bekepor, Makanan Khas Tenggarong yang Lezat

6 Kuliner dan Makanan Khas Tenggarong Kutai Kartanegara

nasi bekepor | wisataku.id

Kalau kuliner yang satu ini, bisa dibilang merupakan nasi liwet khas dari Kallimantan. Nasi Bekepor ini adalah nasi putih yang dibumbui dengan rempah-rempah khas. Makin nikmat disajikan dengan sambal raja yang terdiri dari enam jenis. Sehingga menjadikan cita rasa gurih pada nasi.

Dulunya kuliner legendaris khas kutai ini hanya disajikan untuk para anggota keluarga saja. Namun, kini masyarakat biasa bisa mencicipi dan tak terbatas dari segala kalangan. Nasi Bekepor lengkap dengan lauk seperti Daging Masak dan Sambal Raja dibandrol dengan harga berkisar Rp 35.000 per porsi.

3. Ayam Cincane

6 Kuliner dan Makanan Khas Tenggarong Kutai Kartanegara

ayam cincane, Makanan Khas Tenggarong | klingonfood.com

Ayam Cincane adalah Kuliner dan Makanan Khas Tenggarong Kutai Kartanegara yang wajib kalian coba. Ayam Cincane  merupakan makanan tradisional yang bahan utamanya ayam kampung. Cara pengolahannya dengan cara dilumuri bumbu rempah yang khas lalu dibakar hingga matang. Bahan dasar ayam kampung digunakan karena rasa ayam kampung ini lebih lezat dan lebih gurih dari jenis ayam negeri.

Leave a Reply