Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Tenggarong Kutai Kartanegara

6 Kuliner dan Makanan Khas Tenggarong Kutai Kartanegara

kuliner dan makanan khas tenggarong kutai kartanegara , gence ruan | merahputih.com

Kuliner dan Makanan Khas Tenggarong Kutai Kartanegara – Tenggarong adalah sebuah kota sekaligus menjadi ibu kota dari Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur yang memiliki luas 398Km. Di Kutai Kartanegara inilah yang nantinya akan menjadi Ibu kota baru bagi Indonesia selain Penajem Paser Utara.

Bila nanti berkunjung ke Tenggarong Kutai Kartanegara selepas menikmati destinasi wisatanya, jangan lupakan untuk mencicipi cita rasa makanan khas dari Tenggarong Kutai Kartanegara.

Berikut 6 Kuliner dan Makanan Khas Tenggarong Kutai Kartanegara.

1. Pepes Kepiting Soka

6 Kuliner dan Makanan Khas Tenggarong Kutai Kartanegara

pepes kepiting soka | beritagar.id

Menu seafood yang satu ini terbuat dari Kepiting Soka. Kepiting Soka adalah kepiting yang hidup di kawasan hutan bakau dan memiliki bentuk cangkang yang lunak.  Salah satu cara terbaik untuk menikmati kepiting soka adalah dengan cara di pepes.

Pepes kepiting soka ini dibuat dengan bahan campuran bumbu rempah-rempah yang kemudian ditumis dengan kepiting soka. Kemudian, kepting soka dibungkus daun pisang dan di pepes dengan cara dibakar. Pepes kepiting soka ini bisa dinikmati dengan harga berkisar Rp 15.000 per bungkusnya.

2. Nasi Bekepor, Makanan Khas Tenggarong yang Lezat

6 Kuliner dan Makanan Khas Tenggarong Kutai Kartanegara

nasi bekepor | wisataku.id

Kalau kuliner yang satu ini, bisa dibilang merupakan nasi liwet khas dari Kallimantan. Nasi Bekepor ini adalah nasi putih yang dibumbui dengan rempah-rempah khas. Makin nikmat disajikan dengan sambal raja yang terdiri dari enam jenis. Sehingga menjadikan cita rasa gurih pada nasi.

Dulunya kuliner legendaris khas kutai ini hanya disajikan untuk para anggota keluarga saja. Namun, kini masyarakat biasa bisa mencicipi dan tak terbatas dari segala kalangan. Nasi Bekepor lengkap dengan lauk seperti Daging Masak dan Sambal Raja dibandrol dengan harga berkisar Rp 35.000 per porsi.

3. Ayam Cincane

6 Kuliner dan Makanan Khas Tenggarong Kutai Kartanegara

ayam cincane, Makanan Khas Tenggarong | klingonfood.com

Ayam Cincane adalah Kuliner dan Makanan Khas Tenggarong Kutai Kartanegara yang wajib kalian coba. Ayam Cincane  merupakan makanan tradisional yang bahan utamanya ayam kampung. Cara pengolahannya dengan cara dilumuri bumbu rempah yang khas lalu dibakar hingga matang. Bahan dasar ayam kampung digunakan karena rasa ayam kampung ini lebih lezat dan lebih gurih dari jenis ayam negeri.

Dulunya, Ayam Cincane hanya disajikan pada saat upacara adat dan pesta besar saja. Tapi seiring waktu, kebiasaan itu lama-lama hilang dan kini Ayam Cincane bisa disajikan kapan pun. Biasanya, Ayam Cincane ini disajikan bersama dengan nasi putih yang hangat. Ayam Cincane ini dapat ditemukan di kedai-kedai atau warung makan dengan kisaran harga Rp 12.000 hingga Rp 25.000 per porsi.

Baca juga: 6 Kuliner dan Makanan Khas Singkawang

4. Gence Ruan

6 Kuliner dan Makanan Khas Tenggarong Kutai Kartanegara

gence ruan | sajiansedap.grid.id

Kalau makanan yang satu ini, terbuat dari ikan gabus atau haruan yang dibakar dan dipadukan dengan bumbu serta sambal khas. Dulunya, Gance Ruan adalah menu yang hanya disajikan untuk anggota kerajaan dan terbilang elit. Tapi saat ini siapa pun bisa menimkati kelezatan dari cita rasa kuliner ini.

Untuk menikmati Gence Ruan satu prosinya di bandrol mulai dari Rp 15.000 di rumah makan Tepian Pandan, yang letaknya di Jl. Wolter Monginsidi, Tenggarong, tepat di tepi sungai Mahakam.

5. Gence Lais

6 Kuliner dan Makanan Khas Tenggarong Kutai Kartanegara

gence lais | kurio.id

Kalau belum puas mencicipi hidangan seafood di rumah makan Tepian Pandan, kali ini bisa coba hidangan yang bernama dengan Gence Rais. Selain Gence Ruan, Gence Lais menjadi salah satu makanan favorit yang bahan utamanya ikan.

Kalau Gence Ruan berbahan dasar dari ikan gabus, Gence Lais berbahan utama dari ikan selais. Untuk  harga berkisar Rp 15.000 per porsi.

6. Roti Pisang

6 Kuliner dan Makanan Khas Tenggarong Kutai Kartanegara

roti pisang, Makanan Khas Tenggarong | otakbuntu.com

Dan inlah salah satu makanan khas yang paling terkenal, yaitu Roti Pisang. Bahan dasar utama dari Roti Pisang adalah pisang raja. Roti Pisang ini berbentuk bulat pipih seperti martabak maupun serabi, warnanya kekuninngan dan memiliki cita rasa yang manis tanpa tambahan pengawet.

Roti Pisang memang paling nikmat dinikmati saat lagi kumpul dan disajikan bersama dengan teh maupun kopi hangat. Untuk harganya pun terjangkau dan bisa ditemukan di jajanan pasar mulai dengan harga Rp 1.000.

Itu dia 6 kuliner dan makanan khas dari Tenggarong Kutai Kartanegara bila nantinya ingin datang berkunjung. Jangan lupa untuk mencoba salah satu kuliner dan makanan khasnya, ya!

Baca juga: 6 Kuliner dan Makanan Khas Pangkal Pinang

Leave a Reply