Daftar Wisata

6 Taman Nasional di Sulawesi yang harus kamu kunjungi

Taman Nasional di Sulawesi

Taman Nasional di Sulawesi - wikipedia.org

Taman Nasional di Sulawesi – Memiliki sumber daya alam yang melimpah, tentu menjadi fokus utama bagi kita selaku sektor publik atau pemerintah untuk dapat terus melestarikannya. Jika alamnya terjaga lestari, tentu kekayaaan alam yang dimiliki bisa berubah menjadi sebuah aset sebagai potensi bisnis pariwisata yang akan menyejahterakan ekonomi Indonesia tentunya.

Salah satu cara pelestarian kekayaan alam Indonesia yang sudah dikenal adalah taman nasional. Taman nasional merupakan salah satu upaya pemerintah pusat untuk menjaga serta melestarikan alam.

Dengan adanya Taman Nasional yang mempreservasi ekosistem asli, tentu memberi kemudahan akses untuk melakukan penelitian yang tujuannya bisa dikonversi ke ranah ilmu pengetahuan, pendidikan, budi daya flora dan fauna, hingga pariwisata.

Peta Pulau Sulawesi

Peta Pulau Sulawesi – foto wikipedia

Tersebar di hampir seluruh pulau di Indonesia, taman nasional juga menjadi destinasi wisata favorit bagi turis domestik ataupun mancanegara. Salah satu pulau yang memiliki banyak Taman Nasional adalah Pulau Sulawesi.

Di Pulau Sulawesi Banyak taman Nasional yang memiliki pesonanya masing-masing. Jadi  tidak sekadar hanya menawarkan ragam bentang keindahan alam saja, namun juga ada warisan budaya kuno, serta berbagai spesies hewan dan tumbuhan yang jarang ditemui bahkan langka yang bisa ditelisik dan dipelajari lebih jauh jika berkunjung ke sana.

Daftar Taman Nasional di Sulawesi

Berikut adalah 6taman nasional yang bisa dikunjungi saat Anda berada di Pulau Sulawesi.

1. Taman Nasional Wakatobi

Taman Nasional Wakatobi, Taman Nasional di Sulawesi

Taman Nasional Wakatobi, Taman Nasional di Sulawesi – digitaloceanspaces.com

Taman Nasional Wakatobi adalah salah satu Taman Nasional di Sulawesi  yang harus kamu kunjungi. Jika berbicara tentang Wakatobi, tentu yang pertama kali terbesit di dalam pikiran adalah wisata baharinya.

Bersama dengan Bunaken dan Raja Ampat, Taman Nasional Wakatobi ini dikenal dengan sebutan Coral Triangle. Nama tersebut hadir karena ketiga tempat tersebut memiliki tingat dunia unutk keindahan pada bawah lautnya.

Terumbu karang di Wakatobi juga tidak kalah cantiknya dengan dua tempat tersebut. Di Wakatobi, terumbu karang dijaga dengan sangat baik. Fakta menarik lainnya adalah, Wakatobi adalah sebuah kabupaten di Sulawesi Tenggara dan merupakan singkatan nama dari empat pulau yang ada di kawasan tersebut.

Singkatan Wakatobi yaitu gabungan dari Pulau Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Untuk masuk ke Taman Nasional Wakatobi, Anda perlu membayar Rp 160.000 sebagai tanda tiket masuk.

2. Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken, Taman Nasional di Sulawesi

Taman Nasional Bunaken, Taman Nasional di Sulawesi – instagram,com/@ilyasricky

Taman Nasional di Sulawesi selanjutnya adalah Taman Nasional Bunaken. Siapa yang tidak tahu tentang Taman Nasional Bunaken? Berada di ujung pantai Sulawesi Utara, Bunaken merupakan taman laut yang ketenarannya sudah tersiar sangat lama.

Karena sudah dikenal oleh banyak wisatawan, tentu tempat ini menawarkan fasilitas yang sangat memudahkan para pengunjung untuk menikmati alam laut yang indah. Bunaken juga dikenal sebagai spot diving bagi para turis.

Dengan melakukan aktivitas diving, setiap orang akan dapat merasakan pengalaman yang tidak terlupakan. Para penyelam dapat mengeksplorasi kurang lebih 400 terumbu karang beraneka warna. Selain itu, terdapat juga ikan dan hewat laut yang khas di sini.

Tidak perlu khawatir, di Bunaken sudah banyak tersedia perlengkapan yang disewakan. Untuk meminjam alat selam, pengunjung bisa menyewanya dengan hanya Rp. 150.000 per jam. Untuk tiket masuk, turis lokal akan dikenakan harga sebesar Rp 5.000 sedangkan turis mancanegara sebesar Rp. 150.000.

3. Taman Nasional Lore Lindu

Taman Nasional Lore Lindu, Taman Nasional di Sulawesi

Taman Nasional Lore Lindu, Taman Nasional di Sulawesi – goodnewsfromindonesia.id

Sebagai salah satu taman nasional di Sulawesi, Taman Nasional Lore Lindu memiliki kesan unik yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Lore Lindu memiliki tiga kawasan konservasi, yaitu hutan wisata Danau Lindu, Suaka Margasatwa Lore Kalamanta, dan Suaka Margasatwa Sopu Gumbasa.

Selain itu, taman nasional ini juga merupakan habitat asli dari hewan-hewan endemik Sulawesi, seperti musang sulawesi, kuskus, babi rusa, kera hantu, serta anoa. Keunikan lain yang bisa ditemukan adalah tersebarnya peninggalan sejarah zaman megalitikum.

Salah satu peninggalaya adalah patung-patung yang berumur ribuan tahun di kawasan taman nasional di Provinsi Sulawesi Tengah ini. Tiket masuk seharga Rp. 5.000 hanya perlu dibayar saat Anda mengunjungi kawasan Danau Tambing.

4. Taman Nasional Taka Bone Rate

Taman Nasional Taka Bone Rate, Taman Nasional di Sulawesi

Taman Nasional Taka Bone Rate, Taman Nasional di Sulawesi – superadventure.co.id

Taman Nasional yang berada di Kabupaten Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan ini dikenal dengan sebutan Maldives-nya Sulawesi. Bagaimana tidak, banyak sekali kemiripan yang bisa ditemui di Taman Nasional Taka Bone Rate dengan kepulauan Maladewa.

Taka Bone Rate juga memiliki hamparan atol atau karang penghalang ombak tebesar ketiga di dunia, sama halnya dengan yang dimiliki oleh Maldives dan kepulauan Marshall yang berada di kawasan Oseania.

Untuk memasuki Taman Nasional Taka Bone Rate, Anda perlu membayar sebesar Rp 210.000 sebagai harga tiket masuk. Taman Nasional Taka Bone Rate juga menjadi salah satu taman laut atau Taman Nasional di Sulawesi yang wajib kamu sambangi.

5. Taman Nasional Bantimuruung Bulusaurung

Taman Nasional Bantimuruung Bulusaurung

Taman Nasional Bantimuruung Bulusaurung – gpswisataindonesia.wordpress.com

Bagi Anda yang gemar untuk mengeksplorasi gua dan kekayaan alam dalam bentuk bebatuan lainnya, Anda bisa coba untuk kunjungi Taman Nasional Bantimuruung Bulusaurung yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan.

Taman nasional yang lebih dikenal dengan nama TN Babul ini merupakan kawasan konservasi karst terluas ketiga di dunia. Di kawasan ini, para turis dapat menikmati keindahan alam area karst yang dipenuhi oleh bebatuan, gua, sungai, hingga bukit yang hijau.

Selain itu, yang jadi daya tarik lainnya adalah, tempat ini dikenal juga dengan sebutan The Kingdom of Butterfly. Nama tersebut pertama kali dicetuskan oleh ahli biologi, Alfred Wallace yang menemukan banyak sekali ragam jenis kupu-kupu yang hidup di kawasan ini. Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 25.000 sebagai tanda tiket masuk turis lokal. Sedangkan turis mancanegara akan dikenakan harga sebesar Rp 250.000

6. Taman Nasional Kepulauan Togean

Taman Nasional Kepulauan Togean

Taman Nasional Kepulauan Togean – togean.net

Taman Nasional di Sulawesi yang terkahir adalah Taman Nasional Kepulauan Togean. Jika Anda belum puas menikmati pesona wisata alam bahari di Pulau Sulawesi, Anda bisa lanjutkan destinasi liburan menuju Taman Nasional Kepulauan Togean.

Kepulauan Togean berada di Provinsi Sulawesi Tengah dan merupakan kumpulan pulau-pulau kecil yang ada di Teluk Tomini. Para wisatawan bisa melakukan aktivitas menyelam atau snorkeling di salah satu pulau yang ada di sini, yaitu Pulau Kadidiri.

Aktivitas tersebut akan terasa lebih seru, karena Anda akan dapat menemukan beragam terumbu karang yang indah serta biota laut langka yang dilindungi oleh negara.

Selain itu, bagi Anda yang gemar hiking, Anda bisa melakukan eksplorasi di Pulau Malenge atau melakukan pendakian ke Gunung Colo yang berada di Pulau Una-una. Untuk wsatawan domestik, Anda perlu merogoh kocek sebesar Rp 10.000 untuk masuk ke Kepulauan Togean dan Rp 150.000 untuk turis mancanegara.

Leave a Reply