6 Kuliner dan Makanan Khas Gowa Sulawesi Selatan yang Lezat - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Gowa Sulawesi Selatan yang Lezat

makanan khas Gowa

makanan khas Gowa

Makanan khas Gowa adalah kuliner yang layak dinikmati jika kamu sedang bepergian ke tempat ini. Apalagi sekarang sedang musim hujan tentu mencicipi makanan-makanan yang hangat membuat suasana hati lebih rileks dan lidah berselera.

Makanan Khas Gowa Sulawesi Selatan

Supaya kamu tidak kebingungan ketika ingin mencicipi makanan khas di tempat ini, maka di bawah kami berikan list-nya. Silakan dipilih yang menurut kamu harganya terjangkau. Ini dia makanan-makanan yang dimaksud:

1. Coto

Coto

Makanan khas Gowa Sulawesi Selatan yang pertama adalah Coto. Makanan ini bukan hanya kuliner tradisional tetapi juga kuliner masa kini yang sangat populer. Coto dibuat dari daging yang dilumuri dengan kuah yang sangat kental. Selain itu juga ada racikan bumbu-bumbu tradisional yang khas yang membuat rasa kuah semakin maknyus.

Biasanya makanan ini disediakan atau dihidangkan dalam keadaan panas. Maka dari itu, jika menyantapnya maka tubuh seakan-akan lebih hangat.

Jika ingin lebih mantap lagi silakan makan Coto dengan tambahan sambal. Kamu bisa memilih sambal mana yang kamu suka. Seperti jeruk nipis atau racikan daun bawang. Dijamin rasa Coto semakin segar.

2. Bassang

Bassang

Bassang bukan hanya makanan khas Gowa tetapi juga hampir di seluruh kawasan Sulawesi Selatan memilikinya.  Yang berbeda, ada beberapa tambahan bahan yaitu penggunaan gula. Yang mana tidak ditemukan pada makanan Bassang jenis lain.

Bassang adalah makanan yang terbuat dari perpaduan antara tepung terigu dengan jagung pulut. Keduanya dibaurkan lalu dicampur air, gula dan beberapa sendok garam lalu dituangkan pada bubur beras.

Ini juga makanan yang lebih enak jika disajikan dalam keadaan panas. Jika kamu penyuka manis maka bolehlah ditambah sedikit gula pasir untuk menambah rasa.

Jika di Jawa Bassang ini adalah sejenis bubur yang biasanya memiliki tekstur warna cokelat dan putih. Namun bubur khas Goa ini memiliki perbedaan yaitu rasanya lebih manis dan aromanya lebih tajam.

3. Pallu Kaloa

Pallu Kaloa

Pallu Kaloa adalah masakan yang di dalamnya dimasukkan ikan kluwek dengan bumbu berwarna cokelat gelap. Jika melihat warna kuahnya seperti rawon di Jawa. Karena memiliki ciri khas kuah yang bening dan aroma yang harum.

Leave a Reply