Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Sorong

Makanan Khas Sorong

Udang Selingkuh, Makanan Khas Sorong - Sumber : Metropolitan.com

Makanan Khas Sorong – Papua yang merupakan provinsi paling timur dari Indonesia, saat ini sudah mulai di kenal baik oleh turis baik local maupun mancanegara. Karena tidak hanya menunjukan pesona alam yang begitu memukai seperti Raja Ampat, tetapi juga kuliner eksotis yang memanjakan lidah para traveler.

Salah satu kota di Papua, yaitu Sorong, memiliki berbagai jenis kuliner yang unik yang mungkin untuk dicicipi. Tentu saja kuliner khas Sorong tersebut tidak mudah ditemui di kota-kota besar lainnya di Indonesia seperti Jakarta atau Bandung.

6 Kuliner dan Makanan Khas Sorong

1. Udang Selingkuh, Makanan Khas Sorong

Udang Selingkuh, Kuliner Khas Sorong

Udang Selingkuh, Makanan Khas Sorong – Sumber : Metropolitan.com

Mendengar namanya mungkin sebagian masyarakat akan langsung mengingat kejadian menyakitkan bersama pasangan. Tetapi kuliner ini tidak akan membuat sakit hati karena namanya mengandung kata “selingkuh”. Udang selingkuh adalah sebutan untuk udang air tawar yang berasal dari sungai, khususnya Sungai Baliem.

Kenapa bisa dikatakan udang selingkuh? Karena walaupun memiliki tubuh udang, tetapi memiliki capit yang cukup besar dan kuat seperti kepiting.

Udang selingkuh dapat di olah dengan cara di rebus atau di goreng, namun bagi masyarakat setempat mengolah udang selingkuh biasa dengan cara di bakar atau di tambah garam saja.

Kuliner atau Makanan Khas Sorong ini banyak dijumpai di berbagai restoran dan hotel setempat yang di bandrol dengan harga cukup mahal. Harga udang selingkuh tergantung berat dan ukuran udang itu sendiri. Harga yang ditawarkan bekisar antara Rp. 90.000 hingga Rp. 300.000. Biasanya satu piring berisi 5-6 ekor udang.

Baca Juga ya :

2. Papeda

6 Kuliner dan Makanan Khas Sorong 3

Papeda, Makanan Khas Sorong – Sumber : merahputih.com

Mungkin kalau kuliner atau makanan khas Sorong yang satu ini sudah tidak asing di telinga masyarakat luas karena sering mendengar bahwa ini adalah salah satu makanan wajib bagi penduduk setempat.

Papeda merupakan makanan menyerupai bubur yang terbuat dari sagu dan bertekstur lengket serta berwarna putih. Papeda biasa di santap dengan ikan kuah kuning sebagai sajian pelengkapnya.

Sagu sendiri seperti yang kita kenal, merupakan makanan pokok pengganti nasi bagi masyarakat di timur Indonesia tersebut.

Biasanya papeda di masak saat ada acara adat, sehingga kuliner tersebut termasuk ke salah satu daftar kuliner bersejarah yang masuk yang di buat dalam tradisi masyarakat setempat.

Jenis kuliner ini banyak sekali dijumpai di berbagai restoran di wilayah setempat. Harganya yang di bandrol pun tidak mahal. Di salah satu restoran papeda dihargai Rp. 12.000 dengan porsi yang lumayan banyak.

3. Sate Ulat Sagu

6 Kuliner dan Makanan Khas Sorong 4

Sate Ulat Sagu, Makanan Khas Sorong – Sumber : tribunnews.com

Memakan ulat bagi sebagain orang merupakan hal yang tidak umum, tetapi tidak bagi masyarakat Sorong. Karena ulat sagu sendiri sebenarnya sumber protein yang untuk dikonsumsi walaupun memang sedikit mengerikan bagi orang yang belum pernah mencobanya. Tekstur ulat sagu sendiri kenyal dan rasanya gurih.

Cara mengolahnya tidak berbeda dengan pengolahan sate pada umumnya, yaitu dengan menusukan ulat sagu ke tusuk sate, lalu di bakar. Setelah ulat sagu matang, dicampurkan ke bumbu kacang atau kecap.

Jika ingin mencoba sate ulat sagu, tidak perlu repot mencarinya di pohon sagu, karena biasanya di pasar tradisional ada yang menjual tangkapan ulat tersebut.

Jadi, apakah tertarik untuk mencoba kuliner khas Sorong yang satu ini?

4. Abon Gulung

6 Kuliner dan Makanan Khas Sorong 5

Abon Gulung, Makanan Khas Sorong – Sumber : detikfood.com

Kuliner di Sorong ini disajikan dalam bentuk panjang seperti roti yang sering dijumpai di berbagai tempat. Mungkin jika mendengar melihat bentuknya sudah tidak asing lagi. Namun abon gulung yang disajikan di Sorong berbeda. Rotinya di gulung dengan isian abon yang melimpah sampai menyembul keluar dari kedua sisinya.

Perbedaan lainnya adalah besar roti tersebut. Abon gulung di Sorong cukup besar, sehingga diameternya bisa mencapai 10m.

Di jual dalam berbagai variasi seperti abon ayam, tuna, sapi, lalu ada variasi keju dan coklat pula. Uniknya keju dan coklat tersebut dicampurkan dengan abon. Disitulah sensasi rasa dari abon gulung khas Sorong tersebut.

Untuk mendapatkan kuliner khas Sorong yang satu ini cukup mudah, karena berbagai toko roti banyak yang menjual kudapan tersebut. Harganya pun tidak menguras kantong, cukup Rp. 12.000/ potong. Abon Gulung menjadi salah satu kuliner atau Makanan Khas Sorong yang paling sering diburu oleh wisatawan.

Baca Juga ya :

5. Keripik Keladi

6 Kuliner dan Makanan Khas Sorong 6

Keripik Keladi, Makanan Khas Sorong – Sumber : mkwtourism.wordpress.com

Keripik ini merupakan salah satu oleh-oleh khas Kota Sorong. Keripik keladi terbuat dari keladi atau biasa masyarakat menyebutnya dengan talas yang di potong tipis dan di bentuk bulat atau panjang. Rasa yang ditawarkan pun beragam, seperti original, peda, jagung, dan lain sebagainya.

Mencari penganan khas Sorong ini juga tidaklah sulit karena di toko oleh-oleh, pelabuhan, bandara, dan supermarket pun banyak yang menjualnya.

6. Kue Lontar

6 Kuliner dan Makanan Khas Sorong 7

Kue Lontar, Makanan Khas Sorong – Sumber : phinemo.com

Bentuk kue lontar mirip dengan pie susu Bali yang menjadi cemilan favorit di kalangan masyarakat. Namun kue lontar khas Sorong merupakan kuliner yang berasal dari Belanda. Jika ingin mencicipi kue lontar, biasanya disajikan saat ada perayaan seperti ulangtahun, Idul Fitri, tahun barun, natal, dan berbagai acara adat lainnya.

Bahan untuk membuat penganan ini sangatlah sederhana. Hanya meliputi susu, telur, tepung terigu, dan margarin yang banyak di jumpai di berbagai toko atau supermarket terdekat.

Berbicara mengenai kuliner dari suatu daerah memang tidak akan pernah ada habisnya. Karena kuliner juga selalu mengikuti perkembangan jaman. Namun, kuliner tradisional yang sudah di santap secara turun temurun dan menjadi kebiasan untuk lidah masyarakat setempat tidak akan pernah lekang oleh waktu. Jika ada kesempatan untuk berkelana di Kota Sorong, ada kalanya mencoba berbagai makanan khas setempat untuk menjumpai bahwa Indonesia memang kaya akan rasa.

Leave a Reply