Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Kota Tual Kei

Makanan Khas Kota Tual Kei

Makanan Khas Kota Tual Kei - sumber: detik.com

Makanan Khas Kota Tual Kei – Mendengar nama Pulau Kei pasti cukup asing di telinga kalian yang jarang travelling. Namun, tempat ini konon menyimpan banyak wisata wisata alam yang memesona.

Selain tempat wisatanya yang menakjubkan. Di pulau Kei ternyata juga menyimpan banyak kuliner yang lezat dan pastinya menggugah selera. Oleh karena itu, jangan lupa untuk liburan ke Pulau Kei sambil mencicipi beragam kuliner lezatnya.

Daftar Makanan Khas Kota Tual Kei

Berikut ini kami akan memberikan rekomendasi makanan dan hal apa saja di wisata kuliner yang ada di Kota Tual Kei yang wajib kalian cicipi.

1. Makanan Embal Khas Kota Tual Kei

Embal, Makanan Khas Kota Tual Kei

Embal, Makanan Khas Kota Tual Kei – sumber: Liputan6.com

Salah satu Makanan Khas Kota Tual Kei yang paling terkenal di daerah ini adalah Embal. Embal ini terbuat dari singkong yang diolah menjadi tepung. Singkong sendiri merupakan makanan pokok masyarakat di Pulau Kei.

Embal ini bisa dikonsumsi dengan ikan asar, ikan kuah ataupun sayur lainnya. Selain itu embal juga bisa digoreng dan dibentuk dengan berbagai bentuk. Makanan ini sangat cocok dijadikan camilan sambil minum teh hangat atau secangkir kopi.

Harga Makanan Embal Khas Kota Tual Kei

Harga Embal kukus 2.000 rupiah per potong dan Embal yang dipanggang harganya 3.000 rupiah per potong. Sedangkan Embal yang dikemas dan diolah dengan berbagai rasa seperti cokelat atau keju harganya 25.000 rupiah per bungkus.

2. Kue Srikaya Khas Kota Tual Kei

Kue Srikaya, Makanan Khas Kota Tual Kei

Kue Srikaya, Makanan Khas Kota Tual Kei – sumber: Antaranews.com

Kue Srikaya adalah kue sederhana yang menjadi Makanan Khas Kota Tual Kei. Kue ini terbuat dari bahan-bahan alami, salah satunya daun pandan yang membuat aroma Kue Srikaya ini begitu nikmat apabila disantap.

Karena kue ini diproses secara tradisional, jadi aman dari bahan pengawet dan layak dikonsumsi oleh semua kalangan. Jika kalian liburan ke Pulau Kei jangan lewatkan untuk mencicipi Kue Srikaya yang lezat dan nikmat.

Baca Juga ya :

3. Bubuhuk, Makanan Khas Kota Tual Kei

Bubuhuk, Makanan Khas Kota Tual Kei

Bubuhuk, Makanan Khas Kota Tual Kei – sumber: Wisato.id

Nama Bubuhuk mungkin terkesan unik di telinga kita. Makanan ini juga merupakan makanan populer di kabupaten Tual dan juga menjadi salah satu kuliner atau Makanan Khas Kota Tual Kei.

Proses pembuatan Bubuhuk ini masih alami dan sangat sederhana, tetapi memiliki cita rasa yang luar biasa. Bahan utama makanan ini adalah parutan singkong, sehingga Bubuhuk memiliki kekhasan rasa yang gurih.

4. Kuliner Ikan Asar Khas Kota Tual Kei

Ikan Asar, Makanan Khas Kota Tual Kei

Ikan Asar Kota Tual Kei-sumber: blog.gogonesia.com

Kuliner Ikan Asar ini merupakan lauk-pauk utama dari masyarakat di Pulau Kei. Jenis ikan yang digunakan biasanya berupa berupa ikan komo (tongkol), ikan sapuda (kakap), atau ikan semandar (baronang).

Prosenya sendiri dengan cara diasap atau pengasapan. Untuk rasa dari ikan ini adalah gurih. Ikan asar ini cocok dikonsumsi dengan makanan khas Kei lainnya seperti embal, sambal colo-colo, sirsir atau pun lad.

5. Kuliner Lad Khas Kota Tual Kei

Lad, Makanan Khas Kota Tual Kei

Lad, Makanan Khas Kota Tual Kei – sumber: Triptrus.com

Lad adalah tumisan dengan bahan utamanya yaitu rumput laut. Makanan Khas Kota Tual Kei ini adalah masakan khas masyarakat di Pulau Kei terutama masyarakat pesisir pantai yang terbiasa dengan rumput laut. Meski terkesan unik karena terbuat dari rumput laut, tetapi makanan ini konon sangat lezat.

Lad adalah olahan rumput laut segar yang ditumis dengan bawang merah, bawang putih dan cabai, atau bisa juga dicampur dengan kelapa parut seperti urap. Masyarakat Pulau Kei umumnya menikmati makanan ini dengan nasi atau embal. Rasa rumput laut ini memang unik dan lezat dan juga mengandung protein yang tinggi.

6. Kue Langar

Kue Langar, Makanan Khas Kota Tual Kei

Kue Langar, Makanan Khas Kota Tual Kei – sumber: blog.gogonesia.com

Makanan Khas Kota Tual Kei yang terakhir adalah Kue langar. Kue Langar terbuat dari singkong yang disangrai setengah matang. Kemudian dalam keadaan masih hangat, singkong ini disiram dengan santan dan digumpal-gumpal dibentuk seperti anyaman.

Proses selanjutnya digoreng dengan minyak panas hingga matang. Bentuk kue ini ada yang panjang dan memiliki banyak varian rasa seperti keju, cokelat, pandan dan rasa lainnya.

Lokasi Kuliner Khas Kota Tual Kei

Jika kalian liburan ke Kota Tual Kei kalian bisa mencicipi beragam kuliner dan jajanan di atas di Pasar Malam Kota Tua. Pasar ini terkenal menyajikan banyak menu Makanan Khas Kota Tual Kei.

Selain itu kalian juga bisa menemuinya di pasar malam yang terdapat di berapa tempat antara lain di halaman kantor Dinas Pendapan Daerah Jalan Panglima Sudirman dan di Pasar Tual yang terletak di sekitar pelabuhan Tual.

Sumber: wisato.id, detik.com, blog.gogonesia.com

Leave a Reply