Budaya, Fashion

Inilah 6 Pakaian Adat dari Papua

Pakaian Adat dari Papua

Pakaian Adat Papua-sumber: Nazeefah.com

Pakaian Adat dari Papua – Provinsi Papua selain kaya akan wisata alamnya yang tersembunyi seperti di Kabupaten Nduga yang terkenal dengan eksotisme tempat wisatanya yang sayang apabila dilewatkan. Ternyata Papua ini juga kaya akan kebudayaan sebagai warisan leluhur yang harus tetap dilestarikan.

Termasuk pakaian adat Papua yang masih saja melekat erat pada penduduk lokal setempat tanpa terkontaminasi dengan peradaban zaman yang makin maju. Memang sejatinya kita harus merasa bangga dengan kebudayaan yang dipunyai oleh negara Indonesia yang beraneka ragam.

Daftar Pakaian Adat dari Papua

Berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai hal apa saja mengenai pakaian adat yang berasal dari Provinsi Papua.

1. Pakaian Adat Yokal

Pakaian Adat Yokal, Pakaian Adat dari Papua

Pakaian Adat Yokal, Pakaian Adat dari Papua – sumber: Berbol.co.id

Pakaian Adat dari Papua yang pertama adalah Pakaian Adat Yokal. Yokal merupakan pakaian adat yang umumnya dipakai oleh para wanita di daerah Papua Barat dan sekitarnya.

Yokal, hanya boleh dipakai bagi perempuan yang sudah menikah atau berkeluarga. Kalian bisa melihat pakaian adat Yokal ini di daerah pedalaman Papua. Warna pakaian adat Yokal ini cokelat agak kemerahan dan merupakan simbol yang menggambarkan kedekatan masyarakat Papua dengan alam.

2. Pakaian Adat Holim

Pakaian Adat Holim, Pakaian Adat dari Papua

Pakaian Adat Holim, Pakaian Adat dari Papua – sumber: rifkianfawwazmarkana.blogspot.com

Pakaian Adat dari Papua yang kedua adalah Pakaian Adat Holim. Pakaian adat Holim biasanya dipakai oleh para pria dari suku Dani, Papua. Nama lain pakaian Holim ini adalah koteka yang terbuat dari bahan dasar kulit labu air.

Kemudian setiap suku di Papua juga punya bentuk Koteka yang berbeda-beda misalnya dari suku Tiom yang memakai dua buah labu air sekaligus. Pakaian Holim juga biasanya dipakai dengan cara diikatkan ke pinggang dengan tali.

Hal ini bertujuan agar bagian ujung koteka ini akan mengacung ke arah atas. Namun, pakaian Holim ini kini sudah jarang dikenakan oleh masyarakat Papua. Justru menjadi buah tangan bagi wisatawan asing yang berkunjung ke Papua.

Baca Juga ya :

3. Pakaian Adat Sali, Pakaian Adat dari Papua

Pakaian Adat Sali, Pakaian Adat dari Papua

Pakaian Adat Sali, Pakaian Adat dari Papua – sumber: Kumpulanilmu.com

Pakaian Adat Sali menjadi salah satu Pakaian Adat dari Papua yang biasa dipakai sehari-hari oleh oleh perempuan yang belum menikah. Pakaian ini terbuat dari bahan dasar kulit pohon.

Kulit pohon yang dipakai untuk membuat Pakaian Adat Sali ini pun tidak sembarangan. Harus menggunakan kulit pohon yang berwarna cokelat agar menghasilkan pakaian adat yang bagus.

4. Pakaian Adat Baju Kurung

Pakaian Adat Baju Kurung, Pakaian Adat dari Papua

Pakaian Adat Baju Kurung, Pakaian Adat dari Papua – sumber: Borneochannel.com

Pakaian Adat Baju Kurung menjadi Pakaian Adat dari Papua lainnya yang mungkin bisa kamu coba. Pakaian Adat Baju Kurung biasanya digunakan oleh wanita dari Papua dan Papua Barat yang tinggal di Manokwari.

Pakaian ini berupa atasan yang modelnya adalah rok rumbai. Baju kurung ini terbuat dari kain jenis beludru yang juga ditambah dengan aksesoris lain seperti rumbai bulu pada bagian tepi leher, lengan atau pada bagian pinggang.

Kemudian saat dipakai akan lebih cantik apabila si wanita juga memakai gelang dan kalung yang terbuat dari biji-bijian keras yang dirangkai benang. Lalu, untuk bagian penutup kepalanya menggunakan bulu burung kasuari.

5. Pakaian Adat Rok Rumbai

Pakaian Adat Rok Rumbai, Pakaian Adat dari Papu

Pakaian Adat Rok Rumbai, Pakaian Adat dari Papua – sumber: Beritapapua.id

Pakaian Adat Rok Rumbai merupakan Pakaian Adat dari Papua yang biasa digunakan oleh perempuan Papua. Biasanya terbuat dari susunan daun sagu kering untuk menutupi bagian bawah tubuh. Namun, Rok Rumbai ini juga umum digunakan oleh laki-laki.

Ketika Pria Papua menggunakan koteka maka kaum wanita menggunakan rok rumbai, tetapi mereka sama-sama tidak memakai baju atasan. Biasanya mereka menyamarkan tubuh bagian atas dengan lukisan atau tato yang terbuat dari tinta alami. Motif lukisan pada tubuhnya pun kebanyakan tentang flora dan fauna karena masyarakat Papua yang kita tahu sangat dekat dengan alam.

6. Pakaian Adat Baju Kain Rumput

Baju Kain Rumput, Pakaian Adat dari Papua

Baju Kain Rumput, Pakaian Adat dari Papua – sumber: Budayalokal.id

Pakaian Adat dari Papua ini biasanya dipakai oleh suku Papua Modern dari Sorong Selatan baik pria atau wanita. Pakaian Adat ini terbuat dari bahan daun sagu kering. Kemudian daun sagu yang dipakai pun tidak boleh asal, harus memakai daun yang masih pucuk dan diambil ketika air laut tengah pasang.

Setelah itu proses selanjutnya adalah pengeringan dan juga perendaman. Lalu, baju kain rumput ini dipintal secara manual atau dianyam. Saat menganyam, masyarakat Papua hanya memakai kayu dengan panjang 1 meter yang berfungsi untuk mengaitkan ujung-ujung tali.

Kemudian rumput kering digunakan sebagai karet pada bagian pinggang atau tali. Tali yang digunakan pun bervariasi minimal sebanyak dua tali.

Sumber: mantabz.com

Leave a Reply