Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Bukit, Desa Wisata

Wisata Bukit Gancik Selo Boyolali, Inilah Info Tiket & Rutenya

Bukit Gancik Selo di Boyolali

Bukit Gancik Selo di Boyolali - foto @rriiska

Bagi mereka yang sering naik gunung Merbabu via Selo pasti sering melihat atau tahu mengenai salah satu wisata kekinian yang ada di Boyolali satu ini. Namanya adalah Bukit Gancik Selo Boyolali. Sebuah tempat wisata di Boyolali yang menawarkan pemandangan alam khas pedesaan dan pegunungan dibalut dengan nuansa spot foto kekinian.

Baca juga ya :

Bukit Gancik Selo

Bukit Gancik Selo – foto @hedy_s13Seperti yang kita tahu jika Desa Selo Boyolali merupakan kawasan pegunungan yang menampilkan landscap alam yang sangat indah. Para petani dengan hasil kebunya, jalanan yang berliku menyusuri lereng bukit hingga gunung dan perbukitan yang menjulang tinggi mengelilingi Kawasan ini akan terlihat sangat indah sekali.

Berada di ketinggian 1.850 Mdpl

Bukit Gancik Selo Boyolali

Bukit Gancik Selo Boyolali – foto @wahyu_setyoko

Bukit Gancik Selo Boyolali memiliki sebuah gardu pandangan yang cukup tinggi sehingga pengunjung bisa melihat area disekitarnya dengan cukup jelas. Oh ya, Bukit Gancik Selo Boyolali ini berada di Ketinggian sekitar 1.850 Mdpl. Lokasinya tepat berada di kaki gunung Merbabu sehingga pemandangan utama disekitar kawasan Bukit Gancik Selo Boyolali adalah gunung Merbabu yang sangat gagah.

Baca juga ya :

Bukit Gancik Selo di Boyolali

Bukit Gancik Selo di Boyolali – foto @rriiska

Biasanya banyak pengunjung yang datang ke kawasan Bukit Gancik Selo Boyolali ini untuk melihat Sunset atau sunrise yang sangat indah dikawasan ini. Bahkan misalnya saat senja atau saat menjelang fajar, lautan awan yang sangat indah menyelimuti area kawasan Bukit Gancik Selo sehingga membuatnya sangat keren untuk difoto.

Jalur Pendakian Gunung Merbabu

Pendakian ke Gunung Merbabu biasanya melalui jalur umum Selo. Nah sebenarnya selain jalur umum Selo, kita juga bisa melalui jalur selo lainnya yakni melalui kawasan wisata Bukit Gancik Selo Boyolali. Nnatinya jika kita mendaki melalui jalur Gancik, kita akan sampai di pos tiga jalur pendakian gunung Merbabu melalui Selo lama. Dilanjutkan dengan jalur seperti biasanya menuju puncak Merbabu.

Tempat wisata di Boyolali Bukit Gancik Selo

Tempat wisata di Boyolali Bukit Gancik Selo – foto dika_mochamad_risqi

Lokasi dan Cara Menuju Bukit Gancik Selo Boyolali

Bukit Gancik Selo Boyolali ini berada di Dukuh Selo Nduwur, Desa Selo, Kecamatan. Selo, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Jika kalian Pernah dengar objek wisata umbul Ponggok Klaten, nah lokasi Bukit Gancik Selo Boyolali ini hanya berjarak 33 kilometer atau sekitar 1 jaman saja dari Umbul Ponggok.

Baca juga ya :

Sementara jika masih bingung, berikut ini cara menuju bukit Gancik selo Boyolali dari Yogyakarta. Kita ambil saja jalur Jogja menuju jalur Solo – Borobudur. Nah sebelum tiba kita akan melewati desa selo ini. Lanjutkan terus perjalanan menuju desa Selo tengah hingga menuju arah bascampe gunung Merbabu via Selo. Nanti akan ada papan petunjuk yang mengarahakn lokasi wisata Bukit Gancik Selo Boyolali ini.

Bukit Gancik

Bukit Gancik berada dikaki gunung Merbabu – foto @intherage

Jika kalian datang dari utara seperti Semarang, arahkan laju kendaraan menuju ke Salatiga. Nah sesampai di bunderan Ramayana Salatiga, pilih ke arah Kopeng hingga bertemu sebuah lampu merah pertama. Dari lampu merah tersebut kita tinggal lurus saja hingga memasuki daerah Boyolali dan menuju Desa Selo atau Basecamp gunung Merbabu via Selo.

Harga tiket Masuk wisata Bukit Gancik Selo Boyolali

Hingga saat ini masih tercatat untuk biaya masuk ke kawasan wisata Bukit Gancik Selo Boyolali adalah sebesar Rp 5000 per pengunjungnya. Biaya parkirnya juga tergolong murah yakni Rp 2000/ motor dan Rp 5000 per mobil. Harga tiket tersebut sudah termasuk menikmati fasilitas gardu pandang dan jembatan bambu yang cukup panjang serta berada diatas ketinggian.

wisata Boyolali Bukit Gancik Selo

wisata Boyolali Bukit Gancik Selo – foto ayu_nurmala_

Fasilitas lain yang ada dikawasan Bukit Gancik Selo Boyolali ini adalah toilet umum, mushola hingga banyak warung-warung yang berjualan makanan ringan atau minuman. Kawasan Bukit Gancik Selo Boyolali akan sangat ramai dikunjungi wisatawan saat liburan atau saat sore hari.

Leave a Reply