3 Hal Menarik Keindahan Air Terjun Semuncar - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Air Terjun

3 Hal Menarik Keindahan Air Terjun Semuncar

Air Terjun Semuncar

https://www.kompasiana.com/

Tempat wisata yang menarik di Boyolali salah satunya adalah Air Terjun Semuncar. Namun masih banyak wisatawan yang kurang mengetahui tempat wisata ini padahal pemandangannya sangat sejuk dan membuat nyaman. Airnya juga jernih atau bening dan dingin. Mengalir langsung dari sumber mata air.

Disetiap daerah pegunungan pasti memiliki aliran air terjun, salah satunya adalah seperti Gunung Merbabu. Air terjun Semuncar ini terdapat di daerah Gunung Merbabu, lebih tepatnya lereng timur Gunung Merbabu. Ternyata gunung api yang sudah tidak aktif ini memiki air terjun yang indah.

Semuncar berasal dari bahasa jawa yaitu  “muncar”  atau muncrat yang berarti cipratan dari tubung Gunung Merbabu. Dan mungkin karena airnya yang mengalir  cukup deras sehingga turun bawah kolam, muncar-muncar maka dinamakan air terjun Semuncar.

Di sekitar Gunung Merbabu sebenarnya masih banyak tempat wisata yang asri dan belum banyak orang tahu. Karena kini Gunung Merbabu menjadi Kawasan Taman Nasional di bawah Balai Konservasi Sumber Daya Alam sehingga para wisatawan aman untuk mengunjungi tempat wisata di daerah sekitar Gunung Merbabu.

Lokasi Air Terjun Semuncar

Bagi wisatawan yang menyukai air terjun pasti akan menyukai Air Terjun Semuncar. Lokasi air terjun ini terletak di desa Candisari, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali. Air terjun indah ini harus dilalui dengan blusukan karena dikelilingi bukit-bukit, tidak banyak wisatawan yang banyak mengetahui air terjun ini.

Perjalanan menuju air terjun ini tidaklah mudah, dari pasar Ampel menuju desa Candisari kurang lebih berjarak 10 km.  Dan jarak antara titik awal basecamp sampai air terjun diperkirakan 3 km dapat ditempuh dalam waktu 2 jam. Awal perjalanan Anda akan menemui petilasan Syekh Maulana Ibrahim Maghrib.

Leave a Reply