Air Terjun

3 Hal Menarik Keindahan Air Terjun Semuncar

Air Terjun Semuncar

https://www.kompasiana.com/

Tempat wisata yang menarik di Boyolali salah satunya adalah Air Terjun Semuncar. Namun masih banyak wisatawan yang kurang mengetahui tempat wisata ini padahal pemandangannya sangat sejuk dan membuat nyaman. Airnya juga jernih atau bening dan dingin. Mengalir langsung dari sumber mata air.

Disetiap daerah pegunungan pasti memiliki aliran air terjun, salah satunya adalah seperti Gunung Merbabu. Air terjun Semuncar ini terdapat di daerah Gunung Merbabu, lebih tepatnya lereng timur Gunung Merbabu. Ternyata gunung api yang sudah tidak aktif ini memiki air terjun yang indah.

Semuncar berasal dari bahasa jawa yaitu  “muncar”  atau muncrat yang berarti cipratan dari tubung Gunung Merbabu. Dan mungkin karena airnya yang mengalir  cukup deras sehingga turun bawah kolam, muncar-muncar maka dinamakan air terjun Semuncar.

Di sekitar Gunung Merbabu sebenarnya masih banyak tempat wisata yang asri dan belum banyak orang tahu. Karena kini Gunung Merbabu menjadi Kawasan Taman Nasional di bawah Balai Konservasi Sumber Daya Alam sehingga para wisatawan aman untuk mengunjungi tempat wisata di daerah sekitar Gunung Merbabu.

Lokasi Air Terjun Semuncar

Bagi wisatawan yang menyukai air terjun pasti akan menyukai Air Terjun Semuncar. Lokasi air terjun ini terletak di desa Candisari, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali. Air terjun indah ini harus dilalui dengan blusukan karena dikelilingi bukit-bukit, tidak banyak wisatawan yang banyak mengetahui air terjun ini.

Perjalanan menuju air terjun ini tidaklah mudah, dari pasar Ampel menuju desa Candisari kurang lebih berjarak 10 km.  Dan jarak antara titik awal basecamp sampai air terjun diperkirakan 3 km dapat ditempuh dalam waktu 2 jam. Awal perjalanan Anda akan menemui petilasan Syekh Maulana Ibrahim Maghrib.

Petilasan ini sering dikunjungi warga sekitar dan juga dari kota lain untuk berziarah. Setelah melewati makam terdapat dua jalur yang akan dilewati wisatawan, yaitu :

  1. Rute pertama, jalur sebelah kiri sungai Cipendok yang melewati kebun warga dengan kondisi jalannnya yang lebih datar namun sempit.
  2. Rute kedua melewat sisi kanan Sungai Cipendok yang lebih terjal karena terdapat batu-batu besar yang menghalangi.

Di sekitar air terjun Semuncar terdapat 2 air terjun lainnya, yaitu air terjun Tempuran dan air terjun Watu Abang. Kalian bisa mampir juga sambil beristirahat dan melihat pemandangannya juga.

Kalian wajib berhati-hati melewati air terjun ini karena medannya terjal dan licin. Kalian harus mempersiapkan mental dan pakailah sepatu hiking atau sepatu sport agar lebih mudah berjalan.

Ketinggian Air Terjun Semuncar

Ketinggian dari air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter. Dan airnya cukup deras. Dan air terjun ini merupakan sumber air bagi masyarakat sekitar desa Ampel. Ketinggian air terjun ini dikelilingi bukit-bukit.

Tiket Masuk Air Terjun Semuncar

Untuk dapat masuk ke air terjun ini kita harus membayar tiket masuk sebesar Rp.5.000,-/orang. Air terjun ini masih dikelola oleh masyarakat setempat sehingga tiket masuk yang dibandrol tidak mahal.

Jangan lupa siapkan baju ganti jika Anda berkunjung ke air terjun karena Anda pasti akan main air. Biasanya yang mengunjungi tempat wisata ini adalah muda mudi karena cocok untuk berfoto-foto untuk media sosial dan ada juga orang-orang yang berfoto untuk prewedding.

Memang memandangannya sangat pas dan indah. Untuk yang berlibur juga sangat pas membuat penat hilang dan perasaan plong. Walaupun lelah dalam perjalanan menuju air terjun ini namun semuanya akan terbayar ketika sudah sampai.

Baca juga artikel kami lainnya untuk menambah rekomendasi tempat wisata kalian. Berikut artikel yang kami rekomendasikan untuk dibaca, yaitu :

  1. 3 Hal Menarik Brown Canyon Boyolali
  2. 3 Keindahan Pantai Salira Indah Yang Menajubkan
  3. 4 Hal Menarik di Bukit Pencit Tuban
  4. Green Kubu Cafe Tempat Nongkrong yang Asik di Ubud
  5. Petilasan Rambut Monte

Sangatlah beruntung kita tinggal di Indonesia karena banyak tempat wisata yang indah di berbagai daerah. Sehingga kita bisa menikmati pemandangan alam yang menajubkan.

Leave a Reply