Fungsi Rumah Adat Tongkonan Toraja Berasal dari Sulawesi Selatan

Tapi Ingat Pulang

Rumah Adat

Fungsi Rumah Adat Tongkonan Toraja Berasal dari Sulawesi Selatan

Rumah Adat Tongkonan berasal dari Toraja

Rumah Adat Tongkonan berasal dari Toraja - foto @kataomed

Rumah Adat Tongkonan berasal dari daerah Toraja yakni salah satu Kabupaten yang ada di provinsi Sulawesi Selatan. Mungkin kamu sudah sering melihat foto rumah adat tongkonan. Tapi apakah kamu tahu sejarah dan Fungsi dari rumah adat tongkonan ?

Rumah adat Tongkonan berasal dari kata dasar tongkon yang berarti duduk bersama-sama, rumah adat tongkonan adalah rumah adat masyarakat adat Toraja untuk menggambarkan strata sosial.

Rumah Tongkonan berasal dari Toraja Sulawesi Selatan

Rumah Tongkonan berasal dari Toraja Sulawesi Selatan – foto @ravesiseba

Suku Toraja sendiri merupakan salah satu suku yang berada di Sulawesi Selatan yang berdiam di daerah pegunungan. Selain terkenal dengan rumah adat tongkonan, suku toraja juga terkenal dengan tradisi pemakaman dan ukiran kayunya.

Nama toraja pertama kali di gunakan oleh pemerintah kolonial Belanda pada tahun 1909.

Menurut catatan sejarah, nama toraja adalah sebuah nama yang diambil dari bahasa Bugis To Riaja yang berarti Orang Yang Diam Diatas Awan.

Baca juga: Itin Trip Toraja  Di Sulawesi Selatan

Fungsi Rumah Adat Tongkonan

Seperti sudah disinggung diawal, rumah adat tongkonan adalah gambaran dari keadaan masyarakat adat toraja. Rumah ini menggambarkan strata sosial masyarakat setempat.

Rumah Adat Tongkonan Toraja

Rumah Adat Tongkonan Toraja – foto pesona.travel

Rumah adat tongkonan ini berbentuk panggung yang biasanya berdiri diatas tumpukan kayu yang memiliki ukiran berwarna kuning, hitam, putih, dan merah. Warna-warna ini memiliki makna tersendiri bagi masyarakat toraja.

Warna kuning misalnya, masyarakat toraja memaknainya sebagai lambang adiduniawi atau Sang Pencipta.

Warna hitam yang melambangkan kematian, warna putih melambangkan kesucian dan warna kuning sebagai lambang kehidupan manusia.

Tongkonan Rumah Adat Toraja

Tongkonan Rumah Adat Toraja – foto @ammang

Bagi masyarakat toraja, rumah adat tongkonan bukanlah rumah adat biasa karena mereka meyakini rumah adat ini mampu menghubungkan mereka dengan para leluhur.

Itulah kenapa hampir segala aktivitas masyarakat toraja selalu berpusat di rumah adat tongkonan ini.

Jika kamu berkunjung ke desa wisata Sillanan, rumah adat tongkonan terdiri dari dua jenis tongkonan: Tongkonan Karua yang terdiri dari delapan rumah dan Tongkonan A’pa yang terdiri dari empat tongkonan.

Keduabelas tongkonan ini memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat sekitar.

Jenis Rumah Adat Tongkonan Toraja

Secara umum, terdapat tiga jenis rumah adat tongkonan yang mungkin harus kamu ketahui dimana masing-masing rumah menggambarkan strata kedudukan didalam masyarakat.

Pertama, adalah Tongkonan Layuk. Ini adalah jenis tongkonan yang sangat penting sekaligus simbol dari strata tertinggi. Tongkonan ini biasa dijadikan sebagai pusat ‘pemerintahan’ bagi masyarakat tongkonan.

Leave a Reply