Rumah Kajang Leko, Rumah Adat Jambi yang masih bertahan - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Budaya, City Tour, Rumah Adat

Rumah Kajang Leko, Rumah Adat Jambi yang masih bertahan

Rumah kajang leko

Rumah kajang leko - foto @teyeika

Provinsi Jambi adalah sebuah provinsi yang letaknya berada di Pulau Sumatera. Suku yang mendiami provinsi Jambi adalah suku Batin. Suku ini merupakan suku yang sedang mempertahankan adat istiadat yang diwariskan oleh nenek moyang mereka. Salah satunya adalah Rumah Kajang Leko.

Jembatan Getala Arasy Icon Kota Jambi

Jembatan Getala Arasy Icon Kota Jambi – foto pesona.travel

Rumah Panggung atau biasa disbut Rumah kajang leko adalah rumah adat khas mayarakat Jambi. Rumah ini terbuat dari kayu dan terbagi ke dalam 8 ruangan. Rumah panggung Jambi merupakan salah satu kebudayaan Indonesia yang masih dipertahankan hingga kini.

Baca Juga ya :

Rumah kajang leko Rumah Adat Jambi

Rumah kajang leko Rumah Adat Jambi – foto @teyeika

Rumah kajang leko yang tidak lain adalah rumah adat Jambi ini berasal dari 60 tumbi atau keluarga yang pindah ke Koto Rayo. Arsitektur rumah kajang leko ini sangatlah unik. Sehingga tidak heran jika rumah ini masih tetap dipertahankan hingga kini.

Arsitektur Rumah kajang leko atau Rumah Adat Jambi

Rumah kajang leko memiliki gaya seperti rumah adat di Indonesia pada umumnya. Yaitu berupa rumah panggung. Uniknya, rumah ini dibuat tinggi sehingga sangat bermanfaat ketika banjir. Selain itu dengan desain tersebut dapat digunakan untuk menghindari dari serangan musuh seperti binatang buas.

Rumah kajang leko

Rumah kajang leko – foto @teyeika

Leave a Reply