Danau

Bendungan Ponre Ponre Bone Yang Indah

Lokasi bendungan Ponre

Pesona bendungan Ponre - foto wisatago. com

Bendungan Ponre Ponre – Kita tahu bahwa di Indonesia memiliki banyak perairan. Tentu hal yang semacam itu akan berguna dan juga bermanfaat untuk menampung air air yang ada di permukaan suatu daerah. Hal itu tentu di lakukan dengan maksud untuk mencegah terjadinya banjir yang kemungkinan bisa terjadi di suatu daerah yang kemungkinan bisa terjadi pada saat musim hujan telah tiba.

Di Indonesia sendiri kita tahu bahwa ada banyak sekali bendungan. Hal yang semacam itu muncul dengan maksud dan juga tujuan untuk bisa menampung air pada saat musim hujan dan kemudian jika terjadi kekeringan pada saat musim kemarau tiba air yang di tamping di sana pun masih bisa di pakai.

Baca juga ya :

bendungan ponre ponre

bendungan ponre ponre – tribunnews.com

Di suatu daerah ada suatu bendungan yang di katakan unik yang bisa juga di anggap sebagai tempat wisata untuk berfoto. Adapun nama bendungan yang unik itu bernama bendungan  Ponre ponre bone.

Mungkin bagi anda yang bukan menjadi orang yang bertempat tinggal di Bone tentu akan merasa sedikit penasaran dan juga bertanya tentang apa sih yang di maksud dengan Bendungan Ponre ponre itu. penasaran kan? Maka dari itu yuk kita  baca bersama sama penjelasan  dan juga keterangan yang akan kami berikan dan juga kami tulis seperti yang ada di bawah ini.

Lokasi dari bendungan ponre ponre di bone

Bendungan Ponre ponre tak hanya menjadi sumber irigasi pertanian di wilayah Kecamatan Libureng dan sekitarnya. Namun bendungan terbesar kedua Indonesia itu kini menjadi obyek wisata favorit.

Lokasi bendungan Ponre

Pesona bendungan Ponre – foto wisatago. com

Bendungan Ponre ponre terletak di Desa Tompobulu, Kecamatan Libureng. Berdasarkan informasi yang di dapatkan bendungan ponre ponre ini di bangun dan juga di buat dengan tujuan untuk konstruksi bangunan concrete face rockfill dam (CFRFD).

Sebenarnya Bendungan besar jenis ini baru ada dua yang bisa kita temui dan juga kita jumpai di Indonesia. Satu bendungan ini  berlokasi di Jawa Barat bernama Bendungan Cirata, dan satunya lagi adalah Bendungan Ponre ponre.

Bendungan ponre ponre masuk dalam jenis  bendungan  yang luas dan unik

Bendungan Ponre ponre memiliki kapasitas tampung 48 juta kubik dan mampu mengairi 4.411 hektare sawah. Bendungan ini di bangun  dan juga di buat dengan menghabiskan dana sekira Rp91 miliar dan sudah  di resmikan pada 12 Maret 2009 silam. Untuk sampai ke lokasi ini, pengunjung akan melihat secara langsung aneka macam jenis pemandangan indah, berupa hamparan persawahan dan perbukitan.

Baca juga ya : Mau Liburan ke Toraja, cek Itin Trip Toraja  untuk Backpacker

Bendungan ponre ponre Bone

Bendungan ponre ponre Bone – foto sda.pu.go.id

Selain fungsi utamanya mengairi sawah tadah hujan juga pada hari libur, Bendungan Ponre ponre berubah menjadi lokasi obyek wisata yang di gemari dan juga di sukai. Berbagai aktivitas bisa dilakukan untuk melepas penat, seperti berenang, memancing hingga duduk santai menikmati pemandangan yang eksotis. Bendungan Ponre ponre tak hanya menjadi pilihan favorit warga setempat, tapi warga dari luar daerah pun berdatangan untuk menikmati pesona bendungan Ponre ponre.

Bendungan Ponre-Ponre ini gratis

Tidak seperti tempat wisata pada umum yang cenderung menyediakan tiket masuk. Jika anda ingin melihat bendungan ini anda tidak perlu membayar uang tiket masuk sedikitpun alias. Nah inilah kesematan buat kalian bisa mengajak keluargakalian atau teman kalian liburan ketempat ini.

Leave a Reply