Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Bukit

Inilah 20 Negri Diatas Awan yang ada di Indonesia

Gunung Luhur Desa Citorek

Lautan Awan Gunung Luhur Desa Citorek, Negri Diatas Awan Lebak Banten – foto @jrmcko_

Saat ini masyarakat tengah dihebohkan dengan fenomena Negri diatas Awan yang sempat viral beberapa waktu lalu seperti misalnya Negri lautan di atas Awan Desa citorek yang berada di Gunung Luhur Lebak Banten. Saat kita berada dikawasan perbukitan Gunung Luhur ini kita bisa melihat hamparan lautan awan yang indah dan sangat menawan. Lokasinya sendiri sekitar 70 km dari pusat kota Rangkasbitung atau dekat Baduy.

Tapi tahukah kalian jika di indonesia ada banyak sekali Negri lautan diatas awan atau wilayah-wilayah yang bisa menikmati keindahan Lautan diatas Awan? Nah berikut ini saya mencoba merangkum 20 Negri Diatas Awan yang ada di Indonesia dan bisa kalian kunjungi.

1. Telemoyo

Salah satu negri diatas awan adalah Gunung Telomoyo. Gunung Telemoyo ini adalah gunung yang terletak di wilayah Kabupaten Semarang dan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Gunung ini memiliki ketinggian 1.894 m dpl dan merupakan gunung api yang berbentuk strato (kerucut) tetapi belum pernah tercatat meletus. Ia terlihat dari kota-kota sekitar, seperti Salatiga, Ambarawa, dan Secang, Magelang.

Gunung ini diapit oleh Gunung Merbabu, Gunung Andong, Gunung Sumbing, dan Gunung Ungaran. Ia terbentuk dari sisi selatan Gunung Soropati yang telah tererosi dan runtuh sejak Pleistosen. Akibat runtuhan ini, terbentuk cekungan berbentuk U. Gunung Telomoyo muncul di sebelah selatan depresi ini setinggi 600 m dari dasar cekungan.

Gunung Telemoyo

Gunung Telemoyo – foto @mad_scape

Untuk melihat lautan awan yang muncul digunung ini, wisatawan dapat naik hingga ke puncak Gunung Telomoyo dengan menggunakan kendaraan maupun jalan kaki. Terdapat air terjun kecil disaat menapaki jalan menuju puncak gunung. Pemandangan di sekitar gunung ini sangat indah terlebih saat sunrise dan sunset karena lautan awan akan menghiasi hampir semua penjuru.

Sumber : Wikipedia

2. Bukit Sikunir Dieng

Terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Bukit Sikunir merupakan bagian dari dua gunung cantik yang berdiri gagah di Jawa Tengah, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Karena letaknya yang diapit dua gunung, Bukit Sikunir dikenal luas sebagai spot berburu sunset yang sempurna, lho.

Berada di ketinggian 2.300 meter di atas permukaan laut, Bukit Sikunir bakal memanjakan kamu dengan transisi langit yang tadinya gelap berubah menjadi terang benderang. Berbalut kabut tipis, pancaran sinar matahari dari timur terlihat sangat cantik dan menawan.

Nggak cuma itu, dari atas kamu juga bisa melihat penampakan Gunung Slamet yang terselip di antara kedua gunung tersebut. Tapi bonusnya jika cuaca jelas, Gunung Merbabu, Merapi hingga Ungaran di kawasan Semarang juga dapat terlihat dari puncak ini.

Sikunir Dieng Wonosobo

Sikunir Dieng Wonosobo – foto @sayyidatunnisa98

Buat main ke Bukit Sikunir, kamu diharuskan untuk menempuh pendakian berdurasi satu jam dari Telaga Cebong sebagai titik awalnya. Jalur pendakiannya pun bisa dibilang memiliki kesulitan medium, sehingga kamu harus mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Di kawasan tersebut pengunjung bisa melihat langsung hamparan Gunung Sindoro. Jika sudah sampai di Tugu Selamat Datang, pengunjung sudah tiba di ‘negeri di atas awan’. Beberapa obyek wisata alami yang populer dikunjungi seperti kawasan Candi Arjuna, Kawah Sikidang, Telaga Merdada, Kawah Sileri, Kawah Candradimuka, Jalatunda, dan Museum Kaliasa. Wisata itu, terutama Candi Arjuna dan Kawah Sikidang, selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik dalam maupun luar negeri.

3. Lolai Toraja

Negeri di atas awan Toraja berada di Lolai, Kepala Pitu, Rantepao, Sulawesi Selatan. Ketinggian 1.300 mdpl, membuat Lolai memiliki pemandangan awan yang tebal. Untuk bisa sampai ke sini harus menempuh jarak sekitar 20 km selama 30 menit perjalanan dari kota Rantepao, ibu kota Kabupaten Toraja Utara menggunakan mobil atau sepeda motor.

Lolai Toraja Negri diatas Awan

Lolai Toraja Negri diatas Awan – foto @andirahadi

Di Lolai, ada tiga obyek wisata yang bisa dikunjungi sekaligus karena jaraknya yang berdekatan, yaitu To’Tombi, Tongkonan Lempe, dan Pongtorra. Dari sana wisatawan dapat melihat pemandangan lautan awan, mahatari terbit dan tenggelam.

4. Pamoyanan – Subang

Salah satu destinasi baru yang tengah hits di Subang adalah Bukit Pamoyanan. Bukit Pamoyanan merupakan sebuah perbukitan yang hijau yang terletak di Desa Kawungluwuk, Tanjungsiang, Kabupaten Subang Provinsi Jawa barat. Panorama apik pemandangan Bukit Pamoyanan membuat banyak traveller berdatangan ke buit yang juga disebut bukit tanjungsiang.

Bukit Pamoyanan Subang

Bukit Pamoyanan Subang – foto : @habib_farindra

Pemandangan yang ditawarkan di Bukit Pamoyanan adalah selain melihat keindahan alam sekitarnya juga menyuguhkan sensasi melihat lautan awan atau kabut pagi hari. Tak hanya itu saja, saat malam hari kita bisa melihat langsung gemerlap keindahan kota Subang dari ketinggian.

Sebenarnya Bukit Pamoyanan ini bukan wisatawa baru mengingat dahulu tempat ini sudah dikenal warga subang sebagai tempat wisata. Namun beberapa tahun terkahir Bukit Pamoyanan dibiaran saja oleh pengelola sehingga tidak terawat dan tidak banyak wisatawan yang datang. Nah kini semenjak mulai meningkatnya wisatawan yang ingin liburan maka Bukit Pamoyanan kembali dibuka dengan nama baru yakni obyek wisata Bukit Alam Endah Pamoyanan.

Sumber : backpackerjakarta.com

5. Gunung Luhur Citorek

Objek wisata Negri Diatas Awan Lebak Banten ini berada di kawasan  Gunung Luhur atau tepatnya berada di Desa Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Hampir setiap hari Negri Diatas Awan Lebak Banten ini ramai dikunjungi wisatawan yang datang dari berabagi daerah tidak hanya dari Lebak sajak tetapi dari Jakarta dan Tangerang.

Gunung Luhur Desa Citorek

Lautan Awan Gunung Luhur Desa Citorek, Negri Diatas Awan Lebak Banten – foto @jrmcko_

Lokasi Negri Diatas Awan Lebak Banten ini memang sedikit tinggi dan jalanya menanjak, berada tepat diatas perbukitan gunung luhur. Oleh sebab itu jika teman-teman ingin melihat Negri Diatas Awan Lebak Banten, kalian harus naik kendaraan motor atau mobil ofroad dan mobil jenis lainnya menuju puncak gunung luhur dari desa Citorek Kidul.

6. Bukit Wolobobo – Bajawa Ngada Flores

Pagi hari pemandangan menakjubkan akan tampak dari Bukit Wololobo, Flores ketika lautan awan berada di bawah Gunung Inerie yang tampak gagah. Bukit Wololobo berada di Kabupaten Ngada, Flores, Nusa Tenggara Timur. Fenonema langka lain, dari Bukit Wolobobo wisatawan dapat melihat pemandangan matahari terbit pada pagi hari dan matahari terbenam di sore hari. Hal ini terbilang jarang ditemui di satu obyek wisata.

7. Puncak B29 Lumajang

Puncak B29 di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, adalah salah satu obyek wisata yang menawarkan panorama Gunung Bromo dan momen matahari terbit. Wisatawan juga bisa menyesap udara segar dan berkemah di Puncak B29. Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Budiyanto, mengatakan Puncak B29 mulai ramai dikunjungi sejak 2013.

Dulu populernya Puncak Songolikur (sebutan angka 29 dalam bahasa Jawa). Tapi saya ganti saja jadi B29,” kata Budiyanto saat ditemui di rumahnya. Puncak B29 berbentuk tanah lapang. Setiap sisi menawarkan pemandangan yang menarik. Ada Gunung Batok, Bromo, Semeru, Raung, Lemongan, dan Argopuro yang menjadi daya tarik untuk dilihat. Matahari terbit tepat dari arah Gunung Lemongan, Raung, dan Argopuro.

8. Bukit Jamur Bengkayang Kalimantan Barat

Hamparan bebatuan di puncak bukit kerap menjadi latar para pengunjung untuk berfoto. Selain dikenal dengan nama Bukit Jamur, penduduk setempat juga menyebut bukit ini dengan julukan “Gunung Batu”. Terletak di Desa Belangko, Bukit Jamur bisa dikatakan sebagai Mahamerunya Kalimantan Barat sebab keindahannya memang mirip dengan keindahan Gunung Mahameru di Jawa Timur.

Dari puncak bukit, pengunjung dapat menyaksikan puncak bukit-bukit yang bertebaran nun di seberang lembah, permukiman penduduk, sawah, dan ladang yang menghampar bak permadani. Pengunjung juga dapat melihat seluruh pemandangan Kota Bengkayang. Selain menikmati indahnya matahari terbit, hamparan awan dan keindahan yang memesona di pagi hari, pengunjung juga dapat merasakan pemandangan indah di malam hari.

9. Gunung Bromo
10. Ungaran Semarang
11. Desa Mantar Sumbawa Barat

Desa Mantar terletak sekitar 630 meter di atas permukaan laut yang memiliki pemandangan yang istimewa. Untuk menuju Desa Matar, pengunjung harus melewati jalur perbukitan yang terjal dan berkelok selama 40 menit dari Tapir, Kecamatan Seteluk, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Di sebelah barat Desa Mantar terlihat awan putih berarak pelan menyelimuti Gunung Rinjani di Pulau Lombok.

Tepat di sisi timur gunung berapi setinggi 3.726 meter di atas permukaan laut itu membentang Selat Alas. Kapal-kapal penyeberangan di Pelabuhan Pototano terlihat jelas di ketinggian. Tampak jelas dari Mantar, tak jauh dari pelabuhan, tersebar delapan pulau kecil (gili) yang disebut Gili Balu. Dari kejauhan, pulau-pulau yang sebagian besar tak berpenghuni itu terlihat cantik dengan pasir putih, laguna, dan hutan bakau lebat.

12. Kebun Buah Mangunan Yogyakarta

Negeri Di Atas Awan Yogyakarta, begitulah julukan bagi kebun buah mangunan bantul ini. Adapun daya tarik untuk tempat wisata ini adalah gardu pandang mangunan. Gardu ini memiliki ketinggian 200 meter di atas permukaan laut, sehingga pengunjung bisa menikmati keindaan gumpalan awan membalut pegunungan sewu.

Tempat wisata yang terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul ini terkenal sebagai negeri diatas awan dan dilengkapi dengan kebun buah. Kebun Buah ini luasnya sekitar 23,3415 hektar pada ketinggian 150-200m diatas permukaan laut. Titik ketinggian tersebut membuat kawasan ini memiliki udara yang sejuk serta pemandangan pegunungan seribu.

Lokasi objek wisata kebun buah mangunan ini selalu ramai ketika musim libur tiba/weekand. Harga tiket masuk nya, kami membayar sebesar Rp 5.000/orang. Buka dari pukul 08.00 – 18.00 WIB. Di sini juga terdapat kontak nomor telepon observasi objek wisata yaitu (0274) 6460182 atau 6460236.

13. Bukit Pergasingan Lombok

Sembalun adalah kecamatan di lembah dataran tinggi Rinjani, gunung api tertinggi kedua di Indonesia. Jaraknya dari Kota Mataram, ibu kota Nusa Tenggara Barat (NTB), berkisar 90 kilometer atau kurang dari dua jam perjalanan mobil ke arah timur laut. Sembalun juga menjadi salah satu dari dua ”gerbang” pendakian ke gunung setinggi 3.726 meter dari permukaan laut Di sana ada Bukit Pergasingan setinggi 1.620 mdpl.

Bukit Pergasingan terkenal dengan pemandangan yang luar biasa, dengan pemandangan Sembalun, sawah, dan rumah penduduk. Di sana pengunjung bisa melihat Gunung Rinjani dan seakan dapat menyentuh awan. Tntunya jika ingin melihat awan yang lebih tebal, Gunung Rinjani adalah pilihan yang tepat.

14. Gancik Hill Top Boyolali

Gancik Hill Top memilki latar lanskap Kota Boyolali, Kota Magelang, dan Gunung Merbabu. Di tempat ini pengunjung juga bisa melakukan aktivitas paralayang. Destinasi dengan panorama menakjubkan ini berada di Desa Selo, Kecamatan Selo, Boyolali, Jawa Tengah. Setelah sampai di landmark tulisan Gancik Hill Top, puncak Gunung Merbabu yang diselimuti awan putih pun menyapa siap Anda.

Dinginnya hawa di sana seakan teralihkan oleh panorama sekitar yang menakjubkan. Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Desa Selo juga telah membuat lintasan trek yang terbuat dari bambu yang terdiri dari menara pandang, Jembatan Langit, hingga berakhir di landmark Gancik dengan latar belakang puncak Gunung Merbabu. Baca juga: Boyolali Punya Spot Foto Seperti di Atas Awan

15. Gunung Tanduk Kalua Mamasa

Puncak gunung Tanduk Kalua terletak persis di perbatasan Kecamatan Tanduk Kalua dan Kecamatan Balla, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat. Meski terbilang baru, obyek wisata “negeri di atas awan” di Sulawesi Barat yang menawarkan panorama alam pegunungan dengan awan yang indah dan menakjubkan mata. Obyek wisata yang terletak sekitar dua jam perjalanan dari kota Mamasa, Sulawesi Barat, ini langsung memikat hati para wisatawan.

16. Bukit Salero Gunung Tunjuk Lahat

Bukit Salero yang berada sekitar 900 meter di atas permukaan laut terletak di Desa Perangai, Kecamatan Merapi Selatan, Kabupaten Lahat Sumatra Selatan atau berjarak 276 km dari Palembang. Bukit ini menjadi anggota gugusan Bukit Barisan yang merupakan barisan bukit terpanjang di Pulau Sumatra. Bukit Salero atau dikenal juga dengan Gunung Jempol, Bukit Tunjuk, dan Bukit Telunjuk merupakan salah satu landmark dan kebanggaan masyarakat Lahat.

17. Gunung Putri Lembang

Gunung putri lembang adalah salah satu tempat wisata gunung di Bandung. Di sana kamu bisa bersantai, camping, hingga hunting foto.

Gunung Putri atau sering disebut juga gunung Geger Bintang Matahari dengan ketinggian sekitar 1.587 mdpl menawarkan keindahan khas alam pegunungan. Udara yang sejuk dan balutan tetumbuhan hijau tentunya akan memberi rasa nyaman bagi siapapun yang datang.

Di puncaknya juga sudah tersedia wahana dan spot yang asik untuk dijadikan tempat bersantai dan juga hunting foto. Kemudian bagi kamu yang ingin bermalam, di sana juga ada area camping yang bisa dijadikan peraduan malam sambil menikmati kilauan lampu-lampu rumah penduduk lembang di bawah sana.

Leave a Reply