Alam, Pantai, Pulau

Pulau Cemara Brebes, Delta Sungai yang Disulap Menjadi Spot Wisata

Pulau Cemara Brebes

Pulau Cemara Brebes - 1001wisata.com

Kabupaten Brebes merupakan salah satu lokasi yang memiliki banyak wisata berpotensi di Jawa Tengah. Brebes juga sudah terkenal sebagai salah satu tempat yang memiliki keindahan alam. Pemerintah kota setempat juga terus mendukung dengan membuka dan merawat lahan-lahan wisata di sana. Salah satu spot wisata yang terkenal di Brebes adalah Pulau Cemara Brebes.

Pulau Cemara Brebes sendiri merupakan spot wisata yang memiliki wisata pantai di dalamnya. Lokasi Pulau Cemara berada di Desa Sawojajar, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Jika ingin kesana, kamu bisa naik bus di pantura ke arah kota Brebes. Kemudian dari Brebes menuju arah utara sampai Desa Sawojajar. Untuk selanjutnya, kamu bisa menyusuri jalan desa dan berakhir di sungai kecil yang difungsikan sebagai dermaga tambat menuju Pulau Cemara. Apabila kamu masih bingung, kamu bisa mengikuti petunjuk arah yang ada.

Lalu, apa saja yang ada di Pulau Cemara Brebes?

Pulau Cemara tidak hanya memiliki pantai yang eksotis dengan perpaduan lingkungan alam yang segar. Saat kamu datang ke spot wisata ini, kamu akan menemukan sedikit perbedaan. Jika pantai pada umumnya hanya ditumbuhi banyak pohon kelapa atau bakau, maka pantai di Pulau Cemara juga ditumbuhi beberapa pohon cemara. Sangat unik ya?

Baca juga:

Pulau Cemara Brebes

Pulau Cemara Brebes – foto 1001wisata.com

Jadi, awalnya Pulau Cemara di Brebes ini adalah delta sungai yang terbentuk akibat berkumpulnya tanah dari erosi sungai yang terbawa arus sampai ke muara sungai. Karena sebuah delta, maka tidak ada sumber air bersih di sana, sehingga tidak ada tanaman yang bisa hidup. Namun setelah eksperimen dengan berbagai tanaman, hanya pohon cemara yang bisa hidup di delta tersebut. Sehingga disebutlah Pulau Cemara.

Penduduk sekitar sangat berperan dalam pembangunan Pulau Cemara. Sebab, awalnya tempat tersebut hanya berbentuk satu pulau pasir, namun masyarakat menanaminya dengan pohon cemara, dan berhasil mengemas delta sungai yang tadinya tidak bermanfaat menjadi tempat wisata seperti sekarang ini. Selain penduduk sekitar, pemerintah daerah juga ikut serta memberi dukungan dengan membangu talud untuk meredam air tambak di kanan dan kiri arah dermaga.

Baca Juga ya :

Selain pohon cemara, di sana juga terdapat hamparan pasir yang biasa digunakan oleh wisatawan untuk camping. Jadi jika kamu ingin berwisata ke Pulau Cemara, kamu juga bisa sekalian camping sambil melihat suasana sekitar yang asri.

Di sana juga ada tambak udang windu. Udang windu adalah salah satu type fauna laut yang sering dibudidaya di daerah pantai. Wisatawan juga bisa membeli udang di tambak tersebut dengan harga yang pastinya jauh lebih murah dibanding dengan pasar di kota-kota.

Fasilitas di Pulau Cemara

Pulau Cemara Brebes

Pulau Cemara Brebes – foto jejakpiknik.com

Hampir sama seperti di beberapa pantai yang ada, di Pulau Cemara juga terdapat beberapa fasilitas umum seperti toilet, tempat ganti pakaian, dan mushola. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan keindahan panorama sunset dan sunrise yang berpadu dengan pantai.

Harga tiket masuk Pulau Cemara

Untuk masuk ke dalam spot wisata Pulau Cemara, kamu hanya perlu membayar karcis tiket perahu sekaligus tiket masuk ke pulau cemara sebesar Rp 15.000,- saja. Kenapa tiket perahu? Karena kamu akan naik perahu nantinya dari dermaga menuju Pulau Cemara. Perahu tersebut memiliki kapasitas 15-20 orang.

Leave a Reply