Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Gunung

Info Jalur Pendakian Gunung Selamet via Kaliwadas Baru

treking menuju puncak gunung slamet - foto @ari_amigos

Sebagai seorang pecinta gunung alias yang hobi mendaki, kalian pasti tau tentang Gunung Slamet. sebuah Gunung yang memiliki ketinggian 3.428 meter diatas permukaan laut MDPL. Gunung Slamet terletak di antara 5 kabupaten, yaitu Kabupaten Brebes, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah. Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah serta kedua tertinggi di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru.

puncak gunung slamet jawa tengah – foto @afifriyan_94

Kawah IV merupakan kawah terakhir yang masih aktif sampai sekarang, dan terakhir aktif hingga pada level siaga medio-2009. Gunung Slamet cukup populer sebagai sasaran pendakian meskipun medannya dikenal sulit. Di kaki gunung ini terletak kawasan wisata Baturraden yang menjadi andalan Kabupaten Banyumas karena hanya berjarak sekitar 15 km dari Purwokerto.

Jalur Pendakian Kaliwadas Gunung Slamet

Jalur pendakian ke gunung Slamet umumnya melewati jalur Blambangan yang berada di Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Purbalingga Jawa Tengah. Ada jalur lainny ayang cukup terkenal yakni jalur Baturraden dan dari Desa Gambuhan, Desa Jurangmangu dan Desa Gunungsari di Kabupaten Pemalang. Selain itu ada pula jalur yang baru saja diresmikan tahun 2013 lalu, yaitu jalur Dhipajaya yang terletak di Kabupaten Pemalang.

Tapi pernahkah kalian nanjak gunung Slamet via jalur Kaliwadas ?
Jalu Kaliwadas memang masih asing ditelinga para pendaki namun tidak untuk pendai dari Jawa tengah khsuusnya dari kawasan Brebes. Hal ini dikarenakan lokasi jalur Kaliwadas sendiri ada di Brebes yakni tepatnya di desa Dawuhan, Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Oh ya, Dusun Kaliwadas sendiri berada pada ketinggian 1.850 mdpl.

kawah puncak gunung slamet – foto @khoiri_kho

Berikut ini lama Waktu tempuh dan Jalur pendakian Gunung Slamet via kaliwadas Baru :

Basecamp – Post 1 Igir Tengek : 60 menit

Dari sini kita akan melewati jalan berbatu dan juga jalan setapak milik perkebunan warga setempat. Nah ketika kita melewati gerbang ucapan Selamat datang, ada sebuah jalan persimpangan ke arah kanan jalur yang lama. Untuk arah Jalur kaliwadas yang baru kalian lurus saja arahnya.

Selama melewati jalur Pertama ini kita akan melihat pemandangan hutan pinus yang cukup lebat dan luas. Saat Hutan pinus berlalu kita akan memasuki perkebunan milik warga kembali lalu setelah itu kita akan mulai memasuki kawasan hutan dan bukit yang cukup menanjak.

pendakian gunung slamet via Jalur Kaliwadas – foto @putra_moedank

Post 1 – post 3 Genting : 90 menit

Perjalanan dari post 1 menuju pos selanjutnya, semua jalanan juga didominasi oleh hutan dan jalan setapk yang menanjak. Meski dijalur ini kita tidak akan menemukan papan nama pos 2, namun kawasan ini dikenal dengan sebutan pos 2 oleh para pendaki. Hal ini ditandai dengan kawasan hutan yang cukup lebat setelah melewati pos 1.

Post 3 – Post 4 : 45 menit

Tuk suci kaliwadas – foto @mybatikmyadventure

Melewati pos 2 kita akan menuju pos 3. Jalan menuju pos 3 cukup menurun tajam, dan tanah serta treknya semakin rapat. Kita akan melewati kawasan rerumputan yang juga cukup tinggi. nah saat bertemu dengan turunan ariny akita sudah akan memasuki Pos 4. Pos 4 ini adalah syurga bagi para pendaki karena di pos 4 terdapat sumber mata air yang melimpah. Oh ya Pos 4 ini juga menjadi titik pertemuan jalur pendakian dari Guci Permadi dengan jalur kaliwadas baru.

Post 4 – Post 5 plawangan : 100 menit

Setelah mengisi air kembali dan bersitirahat, perjalanan menuju Pos selanjutnya yakni pos 5 kembali dilanjutkan. Untuk menuju pos 5, kita harus melewati perbukitan yang cukup terjal, berkelok dan menukik tajam. Sekitar hampir 2 jam lamanya kita akan melewati jalur yang sulit ini. Sampai akhinya kita akan tiba dipos pelawangan alias kawasan perkemahan atau camp area pos Pelawangan.

treking menuju puncak gunung slamet – foto @ari_amigos

Plawangan – Puncak :150 menit

Nah jika kalian ingin summit kepuncak Gunung Slamet, maka usahakan bangun dari jam 2 pagi dan jam 3 atau 4 pagi kalian harus sudah beranjak meninggalkan camp area mnuju puncak alias summit. Hal ini dikarenakan jalur yang cukup extreem dan terjal akan kita lalui selama hampir 3 jam lamanya.

Puncak Gunung Slamet via kaliwadas brebes – foto @putra_moedank

Jalanan terjal berbatu dan terbuka yang cukup curam akan sangat berbahaya jika kita lengah sedikit saja. Waspada terhadap bebatuan yang menggelinding alias jatuh dari arah atas atau depan kamu. Oh ya Sebelum sampai di puncak gunung Slamet kita akan melihat ada titik pertemuan antara jalur kaliwadas lama dengan yang baru. Nah jika sudah bertemu jalur titi temu tersebut artinya kalian akan sudah sampai di puncak gunung Slamet yang memiliki ketinggian 3428 mdpl.

 

Contact Basecamp Kaliwadas Baru

Buat kalian yang ingin bertanya-tanya soal jalur Kaliwadas Baru, silahkan hubungi saja Bapak Sukoco : 0823-2938-768

Leave a Reply