20 Tempat Wisata di Kutai Kartanegara dan Tenggarong - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Daftar Wisata, Alam, Budaya, City Tour, Danau, Desa Wisata

20 Tempat Wisata di Kutai Kartanegara dan Tenggarong

Bukit Bangkirai

Bukit Bangkirai - foto @dika.mahendra

Halo guys, kali ini saya mau mengulas sedikit tentang Daftar Tempat Wisata di Kutai Kartanegara yang bisa kamu kunjungi saat kamu berada disana. Namun sebelumnya kita akan mengulas sedikit tentang Kabupaten Kutai Kartanegara, proinsi Klaimantan Timur ini.

Kota Tenggarong kabupaten  kutai kartanegara

Kota Tenggarong kabupaten kutai kartanegara – foto minews

Kabupaten Kutai Kartanegara adalah sebuah kabupaten di provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Ibu kota berada di Kecamatan Tenggarong. Kabupaten Kutai Kartanegara memiliki luas wilayah 27.263,10 km² dan luas perairan sekitar 4.097 km² yang dibagi dalam 18 wilayah kecamatan dan 225 desa/kelurahan dengan jumlah penduduk lebih dari 650.000 jiwa.

Nah berikut ini Daftar Tempat Wisata di Kutai Kartanegara yang bisa kamu kunjungi.

1. Museum Mulawarman di Tenggarong

Museum Mulawarman adalah salah satu bangunan peninggalan Kesultanan Kutai Kartanegara. Museum Mulawarman juga merupakan sebuah istana dari Kesultanan Kutai Kartanegara dibangun pada tahun 1963 sebagai pengganti Istana sebelumnya yang terbakar dan diresmikan pada tanggal 25 November 1971 oleh Gubernur Abdoel Wahab Sjahranie, lalu diserahterimakan kepada Departemen Pendidikan dan Kebudayaan tanggal 18 Februari 1976.

Baca juga ya :

Museum Mulawarman

Museum Mulawarman – @pipit_nurmalasari

Museum yang sebelumnya adalah bangunan Keraton Kesultanan Kutai Kartanegara ini didirikan pada tahun 1932 oleh Pemerintah Belanda yang menyerahkan Keraton kepada Sultan Adji Muhammad Parikesit pada tahun 1935. Bahan bangunannya didominasi oleh beton mulai dari ruang bawah tanah, lantai, dinding, penyekat hingga atap.

Di halaman depan Museum terdapat duplikat Patung Lembuswana yang merupakan lambang Kerajaan Kutai Kartanegara. Arsitektur dari museum ini mengadopsi dari arsitektur tradisional Suku Dayak yang ada di Kutai.

Museum Mulawarman di Tenggarong

Museum Mulawarman di Tenggarong – foto @merycaputriaryanto

Di dalam Museum Mulawarman tersimpan benda-benda sejarah yang pernah digunakan oleh Kesultanan seperti Singgasana, Tempat Peraduan, Pakaian Kebesaran, Tombak, Keris, Meriam, Kalung dan Prasasti Yupa serta Koleksi Keramik Cina.

Kerajaan dan kesultanan kutai kartanegara

Kerajaan dan kesultanan kutai kartanegara

Setiap tahun dilaksanakan Upacara Erau, yaitu tarian Khas Kedaton Upacara Adat dan Mengulur Naga di Desa Kutai Lama. Dimana pada setiap pelaksanaan Erau juga ditampilkan atraksi Seni Budaya baik berupa Tarian Tradisional dan Upara Adat dari berbagai Suku lainnya di Indonesia serta mancanegara. (Sumber : Wikipedia)

2. Pulau Kumala di Tenggarong

Jika kalian berada di Tenggarong pasti akan melihat sebuah Pulau saat melintas di Jembatan Mahakam Kutai. Yap, Pulau tersebut adalah Pulau Kumala. Pulau Kumala merupakan daerah delta di Sungai Mahakam yang memanjang di sebelah Barat Kota Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara. Dimulai pada tahun 2000, Pulau Kumala dibangun menjadi kawasan wisata.

pulau Kumala Tenggarong Kutai Kartanegara

pulau Kumala Tenggarong Kutai Kartanegara – foto @rhiezma18

Objek wisata Pulau Kumala yang terletak di tengah Sungai Mahakam merupakan taman rekreasi perpaduan antara teknologi modern dan budaya tradisional. Pulau seluas 76 hektare ini dulunya adalah lahan tidur dan semak belukar.

Jembatan Pulau Kumala

Jembatan Pulau Kumala – foto @nakata_cool13

Saat ini, sebagian area sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti sky tower setinggi 100 meter untuk menikmati keindahan dari udara, kereta api mini area permainan dan kereta gantung yang menghubungkan dengan daratan.

Pulau Kumala

Pulau Kumala – foto @baun_adriana

Di pulau ini terdapat DSJ Resort lengkap dengan kolam renang dan sarana bagi mereka yang ingin istirahat, yaitu satu-satunya cottage di tengah Sungai Mahakam di lokasi Pulau ini dipersiapkan Aquarium Raksasa bagi ikan pesut, lumba-lumba air tawar yang hanya ada di Republik Rakyat Tiongkok dan Brasil. (Sumber : Wikipedia)

3. Pantai Pangempang di Muara Badak

Pantai Pangempang merupakan sebuah objek wisata yang berlokasi di desa Tanjung Limau, kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Setiap akhir pekan, pantai ini ramai pengunjung, terutama mereka yang hobi memancing atau sekadar menikmati hidangan seafood segar hasil tangkapan nelayan setempat.

Baca juga ya :

Pantai Pangempang di Muara Badak

Pantai Pangempang di Muara Badak – foto @rudybodonk

Untuk mencapai Pantai Pangempang, kini tidak sesulit beberapa tahun silam. Akses jalan menuju pantai di Dusun Pangempang itu terus dibenahi Pemkab Kukar dengan membuat badan jalan berbahan beton. Sejumlah jembatan di poros jalan tersebut dibuat permanen, saat ini ada dua jembatan belum dapat dilalui kendaraan roda empat karena dalam pembangunan.

Pantai Pangempang

Pantai Pangempang – foto @ungnuyuy

Pangempang tidak saja mengandalkan pantainya, namun di seberangnya ada Pulau Pangempang menghadap Selat Makassar yang luasnya lebih dari 95 hektare. Di pulau inilah keunikan sekaligus destinasi menarik bagi pengunjung Pantai Pangempang. (Sumber : Wikipedia)

4. Bukit Bangkirai & Jembatan tajuk di Samboja

Bukit Bangkirai adalah kawasan wisata alam yang dikelola PT. Inhutani I Unit I Balikpapan. Kawasan wisata ini terletak di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Bukit Bangkirai dapat ditempuh melalui perjalanan darat selama 1,5 jam dari Kota Balikpapan.

Leave a Reply