Pantai

Pesona Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang

Pengunjung di Pantai Sepanjang _Sumber: Instagram/@pantaisepanjang

Pantai Sepanjang – Kabupaten Gunung Kidul di Provinsi Yogyakarta memiliki garis pantai sepanjang kurang lebih 73Km. Sebagian besar pantai-pantai di Gunung Kidul memiliki pasir putih dan air laut jernih yang mempesona.

Perjalanan ke Gunung Kidul dari pusat Kota Yogyakarta membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam dengan sepeda motor ata mobil. Meski lumayan lama, harga tersebut akan terbayar dengan keindahan pemandangan pantai.

Salah satu pantai pasir putih di Gunung Kidul yang seru untuk dikunjungi adalah Pantai Sepanjang. Pantai ini merupakan pantai yang memiliki garis pantai terpanjang di Gunung Kidul.

Cara Menuju Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang

Suasana Pantai Sepanjang_Sumber: pantainesia.com

Pantai Sepanjang terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Gunung Kidul. Jika bertolak dari pusat Kota Yogyakarta, pantai ini dapat ditempuh dengan jarak kurang lebih 65Km selama kurang lebih 2 jam perjalanan.

Untuk menuju Pantai Sepanjang dari Yogyakarta, terdapat tiga jalur. Pertama, melalui Kecamatan Piyungan kemudan menuju ke daerah Patuk dan melewati Wonosari. Dari Wonosari, ambil jalur kea rah Jalan Baron dan berlanjut ke Kemadang. Dari pertigaan Baron, arahkan kendaraan menuju jalan ke Pantai Kukup, kemudian ambil arah ke timur.

Jalur kedua mengarahkan pengunjung untuk menyusuri pantai di Gunung Kidul lain seperti Pantai Indrayanti, Pantai Sundak, dan Pantai Krakal. Jalan ini diambil setelah melewati Wonosari, lalu ambil ke arah Mulo dan Tepus.

Pantai Sepanjang

Warna Air Laut yang Biru di Pantai Sepanjang – Sumber: Instagram/@pantaisepanjang

Jalur ketiga adalah melewati Jalan Bantul. Dari jalan ini, ambil ke arah Purwosari dan dilanjutkan ke Saptosari. Dari jalan ini, pelancong akan menemukan jalur yang sama ke arah Pantai Barong dan Pantai Kukup. Arahkan kendaraan ke Pantai Kukup di sebelah kiri, kemudian ambil arah ke timur untuk menuju Pantai Sepanjang.

Setiap rute memilki waktu tempuh yang berbeda-beda. Wisatawan juga lebih baik menyiapakan diri dengan jalur yang macet serta pemberhentian lampu merah yang cukup panjang. Oleh karena itu, kendaraan yang digunakan harus dalam kondisi baik.

Harga tiket masuk pantai ini adalah Rp10.000 per orang. Selain itu, para pengunjung yang membawa kendaraan akan dibebani biaya parkir. Biaya parkir sepeda motor sebesar Rp2.000 dan biaya parkir mobil Rp5.000.

Baca Juga: 

Fasilitas di Pantai Sepanjang

Pesona Pantai Sepanjang 3

Pengunjung di Pantai Sepanjang _Sumber: Instagram/@pantaisepanjang

Pantai Sepanjang tidak hanya menawarkan keindahan pantai untuk memanjakan pandangan para wisatawan. Di pantai ini, para wisatawan juga dapat menggunakan berbagai fasilitas yang disediakan oleh pengelola tempat wisata.

Di pinggir-pinggir pantai terdapat saung-saung yang dapat digunakan untuk berteduh. Pemerintah daerah melarang menggunakan batu bata untuk mendirikan saung di pantai ini, oleh karena itu saung yang ada di Pantai Sepanjang terbuat dari kayu dengan atap dari daun nipah kering.

Di area pantai sudah terdapat toilet dan kamar mandi. Untuk menggunakan fasilitas ini, para wisatawan hanya membayar Rp2.000-Rp5.000 per orang.

Karena memiliki garis pantai yang panjang, di sekitar area Pantai Sepajang terdapat area untuk berkemah. Tempat ini tidak memiliki penginapan atau vila, sehingga pengunjung yang ingin bermalam harus mendirikan tenda.

Banyak pelancong yang memilih bermalam dengan menggunakan tenda. Pada malam hari, mereka dapat menikmati suasana pantai sambil membakar api unggun.

Baca Juga: 

Pesona Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang

Sunset di Pantai Sepanjang_Sumber: Instagram/@putroawusemaradanu

Pantai Sepanjang menawarkan pemandangan laut dengan pasir putih yang menawan. Warna airnya nampak biru dan jernih. Ketika air laut surut, para wisatawan dapat melihat terumbu karang.

Di terumbu karang yang ada di pantai, biasanya para penduduk sekitar pantai akan mencari rumput laut atau kerang-kerangan yang digunakan sebagai akeseoris untuk dijual.

Pantai Sepanjang dahulu menjadi tempat untuk membasuh benda-benda pusaka. Tempat tersebut, bernama Banyusepuh. Nama Banyusepuh berarti air untuk membasuh.

Dahulu, Banyusepuh dikenal sebagai kubangan yang mengeluarkan mata air tawar. Namun, seiring dengan berlalunya waktu, tempat bernama Banyusepuh tersebut sudah tidak lagi digunakan untuk ritual tersebut dan mata air yang ada d sana telah mengering.

Jika para pengujung suka dengan swafoto, di Pantai Sepanjang terdapat beberapa spot untuk berfoto menggunakan ayunan atau ornament latar belakang seperti di banyak tempat wisata lain.

Pantai Sepanjang merupakan tempat yang cocok untuk susur pantai. Selain itu, pantai ini juga dekat dengan dua pantai pasir putih lain di Gunung Kidul yaitu Pantai Porok dan Pantai Drini.

 

Leave a Reply