Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Pantai

Pantai Sedahan dan Pantai Greweng, Tempat Menyepi di Gunung Kidul

Pantai Sedahan dan Pantai Greweng

Pantai Sedahan dan Pantai Greweng - foto @dayu_iswanto

Kali ini saya masih ingin membahas mengenai pantai-pantai indah yang ada dikawasan Gunung Kidul Yogyakarta. Ada begitu banyak pantai indah ditempat ini dan bahkan setiap tahun selalu saja ada pantai-pabtai baru bermunculuan menjadi salahs atu destinasi keren di Gunung Kidul seperti salah satunya adalah Pantai Sedahan dan Greweng.

Pantai Sedahan dan Pantai Greweng

Pantai Sedahan dan Pantai Greweng – foto @dayu_iswanto

Pantai Sedahan dan Greweng ini merupakan sebuah pantai berkarang dan berpasir putih yang lokasinya berdekatan satu sama lainnya. Jika temen-temen menginginkan suasana pantai yang masih terbilang sepi serasa berada di pantai pribadi namun memiliki pemandangan yang tak kalah indahnya dengan pantai lain di Gunung Kidul maka Pantai Sedahan dan Greweng ini dapat dijadikan pilihan utama untuk kalian kunjungi.

Pantai Sedahan dan Greweng Tempat Camping Yang Juah dari Keramaian

Meski Pantai Sedahan dan Pantai Greweng tergolong tempat wisata baru di gunung kidul Yogyakarta namun kini masyarakat setempat sudah mulai mengembangkan beberapa kawasan wisata agar lebih mudah dijangkau dan dikunjungi serta bisa membantu berbagai aktifitas maupun kegiatan para pengunjung. Seperti misalnya mulai dibangun sebuah toilet dan beberapa saung-saung untuk tempat beristirahat atau berteduh pengunjung Pantai Sedahan dan Greweng jika datang hujan atau saat terik panas mulai menyengat.

Pantai Greweng Tempat camping sepi di Gunung Kidul

Pantai Greweng Tempat camping sepi di Gunung Kidul – foto @@meettheexplorer_

Pantai Sedahan dan Greweng memang masih jarang terjamah oleh wisatawan dan belum banyak wisatawan yang datang berkunjung. Tak heran jika jalan menuju pantaipasir pantai greweng gunung kidul yogyakarta ini juga masih sangat sederhana. Kita harus menyususri jalan setapak kecil melewati tengah hutan, semak belukar, ladang penduduk hingga menuruni beberapa bukit untuk bisa sampai ditempat ini.

Baca Juga ya :

Tapi tenang saja guys karena selama diperjalanan, kita akan disuguhi pemandangan pedesaan dan suasa perkampungan yang masih terjaga dengan baik. Bahkan lebarnya hutan yang kita lalui serasa berada ditengah hutan rimba. Apalagi saat kita menyusuri jalan setapak menuju pantai, kita akan menemukan sebuah mata air dan sebuah gua yang terlihat masih sangat alami.

Pantai Sedahan Gunung Kidul

Pantai Sedahan Gunung Kidul -foto @pantai_sedahan’s

Yang menjadi ciri khas dari Pantai Sedahan dan Pantai Greweng ini adalah adanya dua buah tebing yang mengapit kedua pantai ini. Maka dari itu Pantai Sedahan dan Greweng tidak terlalu luas sehingga ombak hanya muncul dari satu arah, yaitu di tengah-tengah dua bukit tersebut. Namun efek ombak yang terkena karang dari kedua sisi membuat dramatis dan cukup menarik untuk dinikmati.

Kita juga bisa mendirikan Camping loh dikawasan v ini. Buat kalian yang ingin camping jangan lupa membawa perbekalan dan perlengkapan sendiri karena belum tersedia dikawasan ini terlebih saat bukan hari libur. Tak jauh dari lokasi Pantai Sedahan dan Greweng, kita bisa menemukan sebuah aliran sungai yang membentuk sebuah kolam yang tidak jauh dari bibir Pantai Greweng.

Pantai Greweng Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Greweng Gunung Kidul Yogyakarta – foto @dongodong_

Biasanya Kolam ini sering digunakan oleh warga setempat atau pecinta alam disana untuk mendirikan tenda. Hal ini dikarenakan Air aliran sungai yang tidak asin alias tawar bisa dikonsumsi sehingga kit atak perlu jauh0jauh memebeli air atau membawa air. Aktivitas lainya yang bisa dilakukan di Pantai Sedahan dan Greweng ini adalah memancing ikan.

Lokasi dan Cara menuju Pantai Sedahan dan Greweng

Pantai Sedahan dan Greweng berada di sebelah timur Pantai Wediombo Gunung Kidul, Pantai Sedahan dan Pantai Greweng ini berada di Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Propinsi Yogyakarta, Indonesia. Jika kalian berasal dariĀ  kota Yogyakarta, kita akan menempuh perjalanan sekitar 2 jam lamanya untuk sampai ke lokasi Pantai Sedahan dan Greweng.

Pantai Sedahan

Pantai Sedahan tempat Camping seru di gunung Kidul foto @@dedyhgl

Untuk menuju Pantai Sedahan dan Greweng, kita harus mengikuti petunjuk arah menuju pantai Wediombo. jika dari kota Yogyakarta perjalanan menuju jalan laut biru pantai greweng gunung kidul yogyakartaWonosari hingga bertemu denga pertigaan Tepus lalu kita ambil arah kiri (selatan) dan ikuti papan menuju pantai Wediombo.

Baca juga ya :

Sesampainya kita dikawasa pantai Wediombo, kita akan bertemu jalan setapak menuju Pantai Greweng. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya jika lokasi Pantai Sedahan dan Greweng ini berada cukup jauh dan terpencil. Kita harus melewati hutan, kebun dan semak-semak belukar. Maka jangan ragu untuk bertanya kepada warga sekitar.

Sunset di pantai sedahan dan pantai Grewang

Sunset di pantai sedahan dan pantai Grewang – foto @joko_lekjo

Oh ya nantinya begitu hampir tiba dekat pantai, kita akan menemui persimpangan jalan dimana jika kita ke arah ke kiri maka kita akan menuju Pantai Sedahan dan jika ke arah kanan maka kita akan menuju Pantai Greweng. Keduanya sama-sama indahnya karena lokasinya sangat berdekatan dan berada disatu garis pantai.

Usahakan juga datang ketempat ini bersama teman-temannu, jangan sampai datang sendirian yah demi menghindari sesuatu hal yang tidak diinginkan. Untuk parkiran biasanya dititipkan kerumah warga setempat. Cukup beri uang Rp 5000 saja kepada yang berjaga / motornya.

Leave a Reply