Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Pantai

Pantai Ngandong, Pantai Indah Lainnya di Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Ngandong

Pantai Ngandong - foto @danisa_travel_journey

Satu lagi pantai indah yang ada dikawasan pesisir gunung Kidul Yogyakarta bernama Pantai Ngandong. Meski masih jarang dikunjungi karena belum setenar pantai-pantai lainnya dikawasan Gunung Kidul namun Pantai Ngandong juga menyimpan banyak sekali potensi keindahan tersembunyi.

tempat wisata di yogyakarta Pantai Ngandong

Tempat wisata di yogyakarta Pantai Ngandong – foto @irfan_abidin

Meski area Pantai Ngandong  tidak terlalu luas namun pengunjung yang datang ketempat ini tetap bisa menikmati keindahan pantainya. Pantai Ngandong  akan ramai dikunjungi wisatawan saat hari libur atau weekend. Untuk hari biasa memang Pantai Ngandong ini jarang dikunjungi. Tapi inilah yang cukup menarik pengunjung karena mereka benar-benar bisa menikmati alam dan pemandangan seolah sedang dipantai private.

Baca juga ya :

Pantai Ngandong

Pantai Ngandong – foto @danisa_travel_journey

Pantai Ngandong juga sebenarnya berada Satu lokasi dengan kawasan Pantai Ngrumput, Pantai Baron, Pantai Drini, Pantai Sepanjang, Pantai Kukup. Jadi jika kalian masuk kedalam kawasan pantai-pantai tersebut artinya kalian juga sudah masuk kedalam kawasan Pantai Ngandong. Hanya saja jalan menuju masing-masing pantai berbeda.

Keunikan Pantai Ngandong

Salah satu hal yang menurut saya cukup unik dari Pantai Ngandong adalah bebatuan karang yang bewarna hijau tepat berada di depan Pantai Ngandong. Bahkan jika dilihat dari kejauhan, pantai yang ada di sini pasirnya sekilas bewarna pink kemerahan hingga putih jika sudah mulai terang atau siang hari. Pantai ini menjadi salah satu pantai yang direkomendasikan untuk dijadikan tempat berlibur bersama keluarga.

Ada Batu karang didepan Pantai Ngandong

Ada Batu karang didepan Pantai Ngandong – foto @arievmandala

Fasilitas yang ada di Pantai Ngandong juga cukup lengkap menurutku karena sudah ada banyak warung-warung atau saung tempat bersitirahat. Sudah ada penginapan disekitarnya, hingga sudah banyak spot wahana atraksi atau olahraga air seperti kano atau keliling pulau menggunakan perahu. Fasilitas lainnya tentunya toilet, kamar mandi dan kamar bilas hingga tempat ibadah.

Lokasi Pantai Ngandong & Harga Tiket Masuk Pantai Ngandong

Secara Lokasi, Pantai Ngandong ini terletak di Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, Indonesia. Pantai ini sebenarnya lokasinya tidak jauh dari lokasi Pantai Indrayanti. Mungkin kalian lebih mengenal pantai Indrayanti ketimbang Pantai Ngandong . Nah dari lokasi Pantai Indrayanti ini, keberadaan Pantai Ngandong tepat ada di sebelah barat.

Pantai Ngandong di Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus

Pantai Ngandong di Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus – FOTO @ersyarwd

Sementara itu untuk harga tiket masuk ke Pantai Ngandong  pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk satu paket dengan biaya masuk pantai lain yang ada di sekitarnya seperti Pantai Ngrumput, Pantai Baron, Pantai Drini, Pantai Sepanjang, Pantai Kukup, Pantai Watu Kodok, Pantai Sarangan, Pantai Sadranan, Pantai Krakal, dan lainnya. Jadi jika dihitung Pantai Ngandong  ini harganya sangat murah karena sepaket dengan banyak pantai.

Rute Menuju Lokasi Pantai Ngandong

Jika teman-teman tertarik untuk camping seru atau menikmati sunset Pantai Ngandong, kalian bisa mengambil rute atau arah menuju pantai Ngandong dari Yogyakarta – Piyungan – Patuk – Sambipitu – Pertigaan timur Lanud TNI Gading. Dari sana arahkan laju kendaraan atau belok ke arah kanan kemudian menuju jalur  Playen – Paliyan – Saptosari kemudian sampai ke pertigaa.

Baca juga destinasi lain :

Sebelum kalian memasuki kawasan Pantai Baron ke arah timur,  ikuti jalan yang beraspal hingga menemukan pintu masuk Pantai Sundak dan kemudian tiba di Pantai Ngandong. Sebenarnya selain rute diatas ada rute lainnya yang bisa kalian pilih dan jauh lebih singkat namun sedikit terjal aksesnya.

Ngandong Beach

Ngandong Beach – foto @ersyarwd

Dari kota Yogyakarta kita menuju kawasan hutan Imogiri – Panggang – Saptosari hingga sampai ke pertigaan sebelum masuk kawasan pantai Baron ke arah timur. Dari sana kemudian kita ikuti jalan yang beraspal hingga menemukan pintu masuk pantai Sundak dan akhirnya bisa menuju ke lokasi pantai Ngandong. Tapi resikonya dijalanan akan macet terlebih saat melintasi kawasan wisata Buah Mangunan.

Bermain Kano di Pantai Ngandong

Selain menjadi lokasi foto dan menikmati alam pantai khas gunung Kidul, kita juga bisa menikmati lautnya dengan menggunakan kano atau perahu yang hanya dinaiki 1 orang saja. Kita bisa mengelilingi kawasan Pantai Ngandong dari ujung keujung dengan kano ini. Untuk harga sewanya juga cukup murah yakni Rp50.000 per kano tanpa dibatasi berapa lama waktunya.

wahana di Pantai Ngandong

Bermain Kano di Pantai Ngandong – ftoto @@heri_tz

Selain Kano, pengunjung juga sebenarnya bisa menyewa perahu nelayan yang banyak berlabuh di Pantai Ngandong. Biasanya mereka mau mengantarkan kita berkeliling atau menyusuri tepian pesisir Pantai Ngandong. Untuk Biayanya biasanya per orang dikenakan Rp 20.000 atau seiklasnya dan tergantung negosiasi kalian sendiri.

Banyak Pohon Cemara dan Bebatuan Karst Hingga Menikmai Sunset Pantai Ngandong

Selain berkano ria, kita bisa bersantai dan berteduh dibawah pepohonan cemara yang banyak terdapat ditepi atau pesisir Pantai Ngandong.  Biasanya wisatawan yang datang memasang hammock atau menggelar tikar dibawah pepohonan cemara semabri menikmati suasana disekitar Pantai Ngandong.

Pantai Ngandong gunung Kidul

Pantai Ngandong gunung Kidul – foto @dwisurti

Tepat disamping kanan dan kiri Pantai Ngandong, terdapat sebuah bukit kars yang sangat eksotis dengan warnanya yang hijau karena ditumbuhi lumut atau rerumputan liar.

Pemandangan Sunset yang indah juga bisa kita nikmati dari Pantai Ngandong. Justru biasanya banyak anak muda yang datng saat sore hari hanya sekedar ingin melihat keindahan sunsetnya. Pantai Ngandong ini juga cocok dijadikan tempat prawed bagi pasangan yang ingin mengabadikan moment indah bersama.

Baca juga ya :

Sunset Pantai Ngandong

Sunset Pantai Ngandong – foto @bedha77’s

Ditambah lagi jika cuaca langit yang sangat terang, sehingga menambah keindahan pemandangan alam. Hal itu bisa dimanfaatkan oleh pengunjung untuk melakukan selfi atau sekedar memotret pemandangan sunrise maupun sunset.

Snorkling di Pantai Ngandong

Banyak wisatawan yang belum tau jika Di pantai Ngandong juga bisa melakukan aktivitas snorkling atau menyelam ringan. Memang jika kita mendadak datang dan hanya sekedar melihat pantai kita tidak akan menduga jika ada spot snorkling yang lumayan keceh dipantai ini.

Spot snorkling di Gunung Kidul

Sewa perahu untuk Snrokling ketengah Pantai Ngandong

Hanya dengan harga paketan snorkling sebesar Rp50.000 per orang. kita sudah bisa menikmati keindahan bawah laut di Pantai Ngandong. Apalagi pesisir Pantai Ngandong ini ombaknya cukup tenang dan tak terlalu besar seperti pantai lainnya sehingga bisa leluasa melihat dan befoto keindahan bawah laut.

Penginapan di Pantai Ngandong

Seiring waktu dengan meningkatnya atau semakin banyaknya jumlah wisatawan yang datang ke Pantai Ngandong membuat banyak ivestor mulai melirik potensi wisata yang ada di Pantai Ngandong. Bberapa homestay atau penginapan sederhana sudah dibangun dekat dengan kawasan Pantai Ngandong atau disekitar rumah warga yang sudah dijadikan homestay.

Untuk harganya beragam tergantung kemampuan tawar menawar kalian. Usahakan ajak teman-temanmu atau keluargamu menginap dikawasan Pantai Ngandong sebab selain jauh lebih hemat, kita bisa menikmati matahari terbit pada pagi harinya yang tak kalah indahnya dengan sunset di Pantai Ngandong.

Leave a Reply