Pantai

Pantai Ngitun Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Ngitun Gunung Kidul Yogyakarta 1

Pantai Ngitun Gunung Kidul Yogyakarta | Foto : www.jejakpiknik.com

Pantai Ngitun Gunung Kidul Yogyakarta – Yogyakarta yang selama ini dikenal dengan kota pelajar mendapat julukan baru sebagai kawasan Bali baru karena memiliki berbagai destinasi wisata alam yang tak kalah mempesona. Salah satu wisata alam yang dapat masuk daftar tujuan liburan kalian ialah Pantai Ngitun Gunung Kidul Yogyakarta.

Pantai Ngitun Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Ngitun Gunung Kidul Yogyakarta | Foto : www.jejakpiknik.com

Pantai Ngitun merupakan sebuah teluk berbentuk kecil yang berada di antara perbukitan, suasana perbukitan yang masih hijau dan alami tak bisa kamu lupakan dari tempat ini. Hal inilah yang menjadi keunikan tersendiri dari pantai ini dengan pemandangan dua bukit atau tebing karang yang menghimpitnya. Selain itu, air laut masih terlihat warna kebiruan, karena pantai belum tercemar oleh sampah atau limbah penduduk.

Harga Masuk

Untuk masuk ke Pantai Ngitun Gunung Kidul Yogyakarta, kalian hanya mengeluarkan uang parkir sebesar Rp5.000 jika membawa mobil dan Rp3.000 jika membawa motor. Dengan harga tiket masuk yang relatif murah, kalian bisa menikmati keindahan alam pantai berpasir putih itu sepuasnya.

Lokasi dan Rute menuju Pantai Ngitun Gunung Kidul Yogyakarta

Lokasi pantai ini berada di Sureng, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Apabila kalian berangkat dari Stasiun Yogyakarta, untuk mencapai lokasi ini membutuhkan waktu 2 jam 15 menit atau menempuh perjalanan dengan jarak sejauh 76 km.

Untuk menuju pantai, kalian dapat menempuh rute berikut Yogyakarta – Wonosari – Jalan Panta Baron – Pertigaan Mulo – Kecamatan Tepus – Indrayanti – Pok Tunggal – Seruni – dan tiba di Pantai Ngitun Gunung Kidul Yogyakarta.

Sebelum berangkat, kalian harus memperhatikan kondisi cuaca dan juga kendaraan dulu, karena perjalanan menuju pantai masih berbatu dan belum diaspal. Akan tetapi, medan perjalanan yang seperti itu dapat membuat perjalanan kalian memiliki rintangan yang semakin seru.

Kegiatan Menarik di Pantai Ngitun Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai ini tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang begitu indah, tetapi juga berbagai aktifikas yang bisa kalian lakukan selama berlibur di tempat wisata ini.

1. Melihat Matahari Terbit dan Terbenam

Pantai Ngitun Gunung Kidul Yogyakarta

Matahari Terbenam | Foto : travelspromo.com

Selain menjadi tujuan liburan, Pantai Ngitun Gunung Kidul Yogyakarta juga menjadi tujuan fotografer yang mengabadikan berbagai momen. Salah satunya menikmati matahari terbit dan matahari terbenam di pantai ini. Keduanya menawarkan pemandangan yang begitu indah. Ketika matahari terbit, maka keindahan pantai semakin terpancar dengan pasir putih yang tampak semakin bersinar. Pemandangan ketika matahari terbenam pun tak kalah menariknya, kalian disuguhkan pemandangan langit yang berubah kekuningan dan jinga, membuat suasana indah pantai tak boleh dilewatkan.

2. Menikmati Dua Puncak Bukit

Pantai Ngitun Gunung Kidul Yogyakarta

Puncak Bukit | Foto : mytrip123.com

Dengan lokasi yang berada di antara perbukitan, maka pantai ini diapit oleh dua bukit yang memiliki puncak yang sama menawannya yaitu Watu Bangku dan Watu Gentong. Dari puncak bukit ini, kalian dapat melihat Pantai Ngitun Gunung Kidul serta pemandangan laut dari puncak bukit yang dapat membuat kalian lupa waktu dengan pesonanya yang memikat.

3. Camping

Pantai Ngitun Gunung Kidul Yogyakarta

Puncak Bukit | Foto : @nicodwikurniawan

Walau Pantai Ngitun Gunung Kidul Yogyakarta berukuran kecil, namun tidak menutup kemungkinan jika kalian ingin menikmati pantai pada malam hari dengan melakukan camping. Liburan kalian akan terasa lebih menyenangkan bersama teman serta keluarga. Namun, kalian harus mempersiapkan perlengkapan sendiri karena belum terdapat fasilitas atau jasa sewa untuk peralatan camping disekitar pantai.

4. Memancing

Tidak seperti pantai lainnya, di Pantai Ngitun Gunung Kidul Yogyakarta kalian bisa menghabiskan waktu dengan memancing ikan. Tidak hanya terdapat ikan kerapu, kakap, nila saja, kalian juga bisa menemukan lobster. Kalian dapat memancing dari atas bukit ataupun di tepi pantai.

5. Melihat Penyu

Pantai Ngitun Gunung Kidul Yogyakarta

Puncak Bukit | Foto : @3triwoel

Karena pantai ini masih sepi dan asri, maka banyak penyu menjadikan lokasi ini untuk berkembang biak. Salah satu daya tarik tersendiri dari pantai ini. Selain penyu, kalian juga bisa melihat hewan laut lainnya seperti ubur-ubur, kerang, dan kalomang. Jika air sedang surut, ganggang laut dan rumput laut bisa terlihat dengan mata telanjang.

Fasilitas

Walaupun Pantai Ngitun Gunung Kidul Yogyakarta termasuk pantai yang sepi dengan pemandangan alam yang masih asri, namun kalian jangan khawatir jika ingin berlama-lama di pantai ini. Berbagai fasilitas seperti area parkir, toilet, musholla, serta warung makan tersedia untuk memenuhi kebutuhan selama kalian mengunjungi pantai .

Artikel Lainnya

Leave a Reply