Pantai

Pantai Takisung, Wisata Andalan di Tanah Laut

Pantai Takisung, Wisata Andalan di Tanah Laut 1

Pantai Takisung, Wisata Andalan di Tanah Laut - Foto: instagram.com/instakalsel

Pantai Takisung – Pantai Takisung menjadi primadona sekaligus ikon Kabupaten Tanah Laut. Kepopuleran pantai ini tidak hanya dikarenakan memiliki pemandangan laut yang sangat indah, namun juga memiliki fasilitas yang sangat memadai dan variasi pilihan wisatanya yang tidak itu-itu saja. Pantai ini pun selalu ramai wisatawan dari berbagai daerah setiap harinya, terlebih di akhir pekan dan hari libur.

Pantai Takisung bisa menjadi pilihan ketika musim liburan telah tiba. Tempat wisata ini pun sangat cocok untuk menghabiskan liburan bersama keluarga. Di artikel kali ini, kita akan mengulas seputar Pantai Takisung mulai dari lokasi, aktivitas yang dapat dilakukan, fasilitas penunjang yang ada, hingga harga tiket masuk ke tempat wisata pantai ini. Berikut selengkapnya.

Lokasi Pantai Takisung

Pantai Takisung

Lokasi Pantai Takisung – Foto: tribunnews.com

Pantai yang terkenal di kalangan masyarakat Kalimantan ini berlokasi di Provinsi Kalimantan Selatan atau lebih tepatnya di Desa Takisung Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut. Pantai ini terletak sekitar 22 kilometer dari Pusat Kota Tanah Laut yaitu Kota Pelaihari dan sekitar 87 kilometer dari Kota Banjarmasin. Medan menuju lokasi pantai sudah beraspal mulus dan lebar, jadi membuat perjalanan nyaman dan menyenangkan.

Baca juga artikel terkait wisata di Kalimantan Selatan ya:

Fasilitas di Pantai Takisung

Pantai Takisung, Wisata Andalan di Tanah Laut 2

Fasilitas Rumah Pohon di Pantai Takisung – Foto: Foto: instagram.com/pantaitakisung

Fasilitas yang tersedia di Pantai Takisung sangat memadai dan bervariasi sehingga memungkinkan wisatawan untuk mencoba pengalaman baru dengan berbagai kegiatan yang berbeda. Fasilitas yang ada diantaranya:

  • Tempat Ibadah
  • Kamar mandi atau toilet
  • Area bermain anak-anak atau playground
  • Rumah Pohon
  • Persewaan motor racing mini
  • Persewaan permainan air seperti banana boat, perahu, pelampung, dll
  • Persewaan tenda dan payung-payung besar untuk duduk di sekitar pantai
  • Kios penjual oleh-oleh khas Takisung

Kondisi dan penataan obyek wisata Pantai Takisung cukup terawat karena wisata ini dikelola dengan baik oleh Dinas Pariwisata Pemerintah Kabupaten Tanah Laut dan tentunya fasilitas yang disediakan sudah di bawah pengawasan Pemkab sehingga aman dan nyaman untuk digunakan.

Selain itu, apabila sudah memasuki musim liburan, pengelola biasanya akan menambahkan fasilitas tambahan untuk meriahkan suasana pantai seperti panggung musik, pertunjukkan kesenian lokal seperti tarian daerah, dan bazar makanan. Banyak sekali fasilitas bermain yang sangat menarik untuk dicoba, ya?

Aktivitas yang Dapat Dilakukan di Pantai Takisung

Pantai Takisung, Wisata Andalan di Tanah Laut 3

Aktivitas yang Dapat Dilakukan di Pantai Takisung – Foto: tribunnews.com

Pantai Takisung memiliki hamparan pasir kecoklatan yang sangat luas dan jejeran pohon kelapa yang melambai-lambai tertiup angin. Berbagai aktivitas dan kegiatan dapat dilakukan disini.

Ketika sampai di lokasi, wisatawan akan melihat banyak sekali payung-payung besar yang berjejer. Karena kondisi pantai yang sangat terik, pengelola menyediakan penyewaan payung besar sebagai peneduh sembari menikmati angin sepoi-sepoi yang bertiup dari pantai. Payung besar beserta alasnya ini dapat disewa dengan harga Rp. 25.000 per buahnya atau pengunjung bisa juga menyewa tenda dengan biaya sewa seharga Rp. 50.000 per tendanya.

Baca juga artikel terkait tempat wisata di Kalimantan Selatan di bawah ini ya:

Pantai Takisung, Wisata Andalan di Tanah Laut 4

Aktivitas Bermain Banana Boat di Pantai Takisung – Foto: tribunnews.com

Apabila pengunjung menyukai bermain di area pasir bisa juga menyewa motor racing dengan harga sewanya adalah Rp. 50.000 untuk durasi bermain setengah jam dan mengendarainya memutari Pantai Takisung. Tentunya mengendari kendaraan di atas pasir akan memberikan pengalaman menyenangkan karena medannya yang tidak sama dengan jalanan beraspal.

Kegiatan lain yang dapat dilakukan adalah menyewa perahu dan berlayar ke tengah laut untuk menikmati pesona birunya air laut. Pengunjung bisa juga mencoba permainan laut seperti bermain banana boat yang ditarik oleh perahu dengan kecepatan yang lumayan memacu adrenalin.

Nah, selain berlibur ke Pantai Takisung, Anda juga bisa sekaligus mengunjungi beberapa pantai yang berlokasi berdekatan dengan pantai ini diantara adalah Pantai Batakan, Pantai Asmara, dan Pantai Turki. Jadi, bisa sekali kunjung dua tiga pantai didatangi ya!

Harga Tiket Masuk Pantai Takisung

Pantai ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan baik dari masyarakat Tanah Laut atau dari luar kabupaten ini. Sehingga tidak heran, apabila perjalanan menuju lokasi pantai lumayan ramai dan menimbulkan sedikit kemacetan, apalagi di hari-hari libur.

Bagi Anda yang tertarik untuk berwisata laut di pantai ini, Anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000 per orangnya untuk kunjungan di hari biasa dan Rp. 10.0000 per orang untuk kunjungan di akhir pekan dan hari libur. Harga di atas hanya harga tiket masuk saja, belum termasuk biaya parkir dan sewa fasilitas yang ada.

Baca juga ya artikel terkait:

Sumber: dalunawisata.com

Leave a Reply