Gua, Alam, Daftar Wisata, Pantai

6 Tempat wisata di Kotabaru Kalimantan selatan

6 Tempat wisata di Kotabaru Kalimantan selatan 1

Tempat Wisata di Kotabaru, Kalimantan Selatan. Foto by destinasipariwisata.com

Tempat wisata di Kotabaru Kalimantan selatan – Refreshing diperlukan untuk kembali menyegarkan pikiran kita setelah lelah dengan aktivitas dan tuntutan kerjaan. Salah satu cara untuk menyegarkan pikiran kembali adalah dengan melakukan liburan.

Berbicara tentang liburan, maka Kotabaru menyiadakan banyak sekali tempat berlibur yang dapat kamu kunjungi. Kotabaru merupakan kabupaten serta kota yang terletak di Kalimantan Selatan. Tempat wisata yang ada di Kotabaru cukup beragam, mulai dari wisata alam, budaya, hingga kuliner. Nah, bagi kamu yang memiliki untuk berlibur ke Kotabaru, berikut adalah 6 tempat wisata yang wajib kamu singgahi.

Baca juga ya :

Daftar tempat wisata di Kotabaru Kalimantan Selatan

1. Siring Laut

pantai siring laut

Siring Laut. Foto by trapelin.com

Siring Laut merupakan salah satu wisata andalan di Kotabaru, Kalimantan Selatan. Di pantai ini kamu akan disuguhkan dengan pemandangan pantai yang indah dengan ombak yang tidak terlalu besar. Kamu dapat menikmati waktu matahari terbenam disini sambil menyantap kelapa muda atau jagung bakar.

Kamu tidak perlu khawatir dengan kelengkapan fasilitas penunjang disini sebab Siring Laut memiliki fasilitas penunjang yang terbilang cukup lengkap. Siring Laut sangat cocok kamu kunjungi bersama teman atau keluarga pada akhir pekan.

2. Teluk Tamiang

pantai teluk tamiang

Pantai Teluk Tamiang. Foto by visitkalsel.com

Tempat wisata yang satu ini bisa dibilang sebagai destinasi wisata yang paling terkenal di Kotabaru, Kalimantan Selatan. Hal ini disebabkan begitu gencarnya pemerintah Kotabaru mengeksplore Teluk Tamiang ini, sehingga semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Teluk Tamiang berlokasi di Kecamatan Pulau Laut Barat, Kabupaten Kotabaru, di bagian barat daya Pulau Laut. Disini kamu dapat melihat keindahan terumbu karang dan menikmati hamparan pasir putih.

3. Pulau Sebuku

Selain Teluk Tamiang, destinasi wisata lain yang juga populer di Kotabaru adalah Pulau Sebuku. Pulau ini menyimpan banyak keindahan laut yang belum terkontaminasi oleh limbah. Menariknya, Pulau Sebuku terletak di tengah-tengah Negara Kesatuan Republik Indonesia, atau tepatnya sebelah timur Pulau Laut dan di sebelah barat Pulau Sulawesi.

Saat berada di Pulau Sebuku, kamu bisa melihat hamparan lautan yang berwarna biru dan beberapa bukit berwarna hijau. Jangan lupa juga untuk berkunjung ke salah satu desa yang ada di pulau ini yaitu Desa Sekapung. Desa Sekapung terkenal dengan suasana paling indah dengan pohon kelapanya yang tumbuh di setiap sisi rumah penduduk.

Baca juga ya :

4. Pulau Samber Gelap

6 Tempat wisata di Kotabaru Kalimantan selatan 2

Pulau Samber Gelap. Foto by brilio.net

Pulau lain yang juga harus kamu kunjungi di Kotabaru adalah Pulau Samber Gelap. Selain menikmati pemandangan air laut serta merasakan lembutnya hamparan pasir putih disini, kamu juga dapat melakukan aktivitas lainnya seperti diving dan snorkeling.

Untuk bisa sampai ke Pulau Samber Gelap, kamu harus menggunakan speedboat dengan lama perjalanan sekitar dua jam. Di salah satu sudut pulau, kamu dapat menemukan sebuah mercusuar atau gardu pandang yang berguna untuk membantu navigasi kapal laut.

5. Goa Temuluang

Selain wisata pantai, laut serta pulau, Kotabaru juga memiliki destinasi wisata lainnya yakni berupa goa, lebih tepatnya Goa Temuluang. Goa ini merupakan salah satu goa yang bersejarah yang terkenal dengan banyak sarang walet di dalamnya.

6 Tempat wisata di Kotabaru Kalimantan selatan 3

Goa Temuluang. Foto by wisato.id

Jika dilihat dari luar, goa ini memang tidak begitu menarik. Mulut goa dipenuhi dengan semak belukar, jalan untuk menuju goa juga belum cukup baik. Namun, kesan terhadap Goa Temuluang akan berubah ketika kamu mulai masuk dan menyusuri dalam goa. Terdapat aliran sungai di lorong gelap. Panjang dari goa ini diperkirakan mencapai 4 kilometer, dimana 3 kilometer diantaranya berupa alur sungai selebar 3 meter dan lebar 3 meter. Untuk menyusuri goa ini tidak cukup dengan berjalan kaki. Kamu memerlukan jukung ketinting atau yang disebut dengan perahu motor tempel.

6. Pantai Teluk Gosong

Apa yang kamu pikirkan ketika pertama kali mendengar nama Pantai Teluk Gosong? Pantai yang kehitaman? Salah. Nyatanya pantai Teluk Gosong memiliki hamparan pasir putih yang indah. Gosong disini bukan berarti terbakar atau hangus, melainkan berarti pasir.

Pantai yang berada di sepanjang tepian Desa Teluk Gosong ini bisa dibilang masih perawan. Pasalnya belum terlalu banyak orang yang mengetahui keelokannya. Oleh sebab itu, pantai ini cocok buat kamu yang ingin liburan tapi juga menghindari tempat yang ramai.

Lokasi pantai Teluk Gosong tidak terlalu jauh dari pusat kota, sekitar 4 km setelah Pantai Gedambaan. Akses jalan menuju kesana sudah cukup baik.

Leave a Reply