Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Kotabaru Kalimantan Selatan

sagon bakar, Makanan Khas Kotabaru

Kuliner Sagon Bakar, Makanan Khas Kotabaru - Foto: wisato.id

Makanan Khas Kotabaru – Terdapat banyak pariwisata yang menarik perhatian di Provinsi Kalimantan Selatan, mulai dari wisata tempat, budaya, hingga kuliner. Setiap kota dan kabupaten yang ada di provinsi ini mempunyai ciri khasnya masing-masing yang menjadi ikon atau pembeda dari kota lainnya.

Misalnya di Kotabaru, salah satu kabupaten di Kalimantan Selatan ini memiliki beberapa menu makanan khas yang bisa Anda coba saat mengunjunginya. Selain itu, Kalimantan Selatan juga memiliki Kuliner Asli dari Barabai  yang tak kalah enaknya.

Kabupaten Kotabaru terdiri dari kurang lebih 140 pulau besar dan kecil. Sebagai daerah kepulauan, masyarakat memaksimalkan pemanfaatan kekeayaan alamnya. Sehingga, Kotabaru mempunyai banyak menu kuliner yang berasal dari olahan hasil laut. Mari kita tengok ulasan 6 kuliner dan Makanan Khas Kotabaru Kalimantan Selatan !

1.  Kerupuk Udang Khas Kotabaru

Kuliner Kerupuk Udang, Makanan Khas Kota Baru

Kuliner Kerupuk Udang, Makanan Khas Kotabaru – Foto: harga.web.id

Masyarakat Indonesia terkenal menyukai kerupuk sebagai lauk pelengkap saat menyantap hidangan utama. Begitu pula dengan Kerupuk Udang yang sudah terkenal hingga keseluruh penjuru Indonesia, tidak hanya di Kotabaru saja.

Kerupuk Udang terbuat dari bahan dasar udang yang dicampur dengan tepung, garam, bawang putih, dan telur. Kerupuk ini memiliki rasa gurih dan tekstur yang renyah. Biasaya dijual dalam bentuk kerupuk mentah ataupun matang yang siap makan.

Harga Kerupuk Udang

Kerupuk Udang dalam bentuk mentah cocok dijadikan buah tangan karena relatif tahan lama. Kerupuk ini dapat ditemui di berbagai toko oleh-oleh di Kotabaru dan dapat dibeli per kemasannya dengan harga Rp. 72.000 dengan berat 1 kg.

Selagi berburu kuliner khas Kalimantan Selatan ini, kunjungi juga beberapa tempat wisata yang menjadi rekomendasi, yuk. Baca di artikel Tempat Wisata di Kabupaten Kotabaru dan Tempat Wisata di Kabupaten Tabalong 

2. Rumput Laut Kering

Kuliner Rumput Laut Kering, Makanan Khas Kotabru

Kuliner Rumput Laut Kering, Makanan Khas Kota Baru – Foto : Ig@rahmawati_ummu_muslihah

Kekayaan laut Kotabaru tidak hanya terbatas pada hewan laut saja, namun dari segi rumput laut juga menjanjikan. Ada satu makanan khas yang banyak dijual di Kabupaten ini yaitu Rumput Laut Kering. Disajikan dalam bentuk kering agar dapat bertahan lama dan tidak busuk. Rumput Laut Kering dapat digunakan untuk berbagai jenis olahan minuman seperti es buah, es kelapa, atau es kopyor.

Cara pengolahannya pun cukup mudah. Rumput laut cukup direndam semalaman dengan air matang dan bersih agar air meresap. Penting untuk dicatat bahwa air yang digunakan bukan air panas karena akan merusak bentuk rumput lautnya. Rasanya yang gurih menjadikan Rumput Laut Kering ini sebagai oleh-oleh wajib Kota baru atau Makanan Khas Kota Baru yang harus kalian cicipi.

Harga Rumput Laut Kering

Harga Rumput Laut Kering sangatlah murah pasalnya per kilonya hanya dihargai sekitar Rp. 8.000 – Rp. 10.000. Untuk membeli rumput laut ini bisa datang ke pasar-pasar yang ada di Kotabaru.

3. Cumi-cumi Kering

Kuliner Cumi-cumi Kering, Makanan Khas Kotabaru

Kuliner Cumi-cumi Kering, Makanan Khas Kotabaru – Foto: wisato.id

Kebanyakan kuliner khas Kotabaru dalam bentuk kering agar bisa awet dan dapat digunakan dalam jangka lama. Kuliner dalam olahan kering lainnya adalah cumi-cumi. Cumi-cumi kering juga masuk kedalam daftar kuliner atau Makanan Khas Kotabaru yang wajib kalian tau.

Cumi-cumi kering cukup diminati oleh wisatawan dan untuk memperolehnya pun cukup mudah. Anda dapat datang ke perkampungan nelayan di sekitar Pantai Gedambaan Sarang Tiung. Cumi kering ini bisa Anda olah menjadi berbagai olahan makanan ala rumah, loh. 

Harga Cumi-cumi Kering 

Cumi Kering dapat Anda peroleh dengan mengunjungi pasar – pasar baik tradisional atau modern Kemakmuran yang ada di pusat Kotabaru. Cukup dengan membayar sekitar Rp. 40.000 – Rp. 50.000, Anda sudah dapat Cumi Kering seberat 1 kilogram.

Baca juga ya artikel ini:

4. Kerupuk Ikan Tenggiri (Amplang)

Kuliner Kerupuk Ikan Tenggiri, Makanan Khas Kotabaru

Kuliner Kerupuk Ikan Tenggiri, Makanan Khas Kotabaru – Foto: bobo.grid.id

Kerupuk Ikan Tenggiri atau yang lebih dikenal sebagai Amplang merupakan olahan hasil ikan laut. Karena ketenarannya ini dibuatlah satu merek yaitu Amplang Kotabaru agar lebih familiar diteling masyarakat. Kerupuk ini memiliki tekstur renyah saat digigit dan aroma ikan yang harum serta manis di lidah.

Kerupuk ini bisa dijadikan sebagai pelengkap makanan atau juga sebagai camilan karena keduanya sama-sama enak untuk dimakan.

Harga Kerupuk Ikan Tenggiri (Amplang)

Seperti dengan kuliner yang sebelumnya, Kerupuk Ikan Tenggiri atau Amplang dapat Anda temui di toko-toko oleh-oleh di berbagai wilayah Kotabaru. Pengemasannya pun bermacam-macam ada yang perbungkusnya memiliki berat 100  gr atau 250 gr. Untuk 100 gr Amplang dihargai berkisar Rp. 10.000 – Rp. 15.000.

5. Sagon Bakar, Makanan Khas Kotabaru

Kuliner Sagon Bakar, Makanan Khas Kotabaru

Kuliner Sagon Bakar, Makanan Khas Kotabaru – Foto: wisato.id

Setelah kita bahas olahan hasil kekayaan laut Kotabaru, makanan berikut ini merupakan olahan yang berasal dari pohon kelapa. Pohon kelapa banyak ditemui di tepian pantai di Kota Kepulauan ini. Nah, olahan dari pohon kelapa ini dinamakan Sagon Bakar.

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah daging kelapa (lebih enak apabila menggunakan kelapa muda), tepung kanji, gula, dan telur. Kemudian bahan-bahan tersebut dicampurkan menjadi adonan. Cara memasaknya adalah dengan dipanggang hingga adonan menjadi kering. Tertarik untuk mencobanya? karena makanan ini memiliki rasa yang unik sehingga cocok untuk oleh-oleh.

Harga Sagon Bakar

Sagon Bakar merupakan jajanan tradisional yang dapat dengan mudah ditemui di pasar -pasar atau pusat oleh-oleh di Jl. Pangeran Hidayat Kotabaru dengan harga berkisar Rp. 10.000 per bungkusnya.

6. Jepa Ubi Kayu, Makanan Khas Kotabaru

Kuliner Jepa Ubi Kayu, Makanan Khas Kotabaru

Kuliner Jepa Ubi Kayu, Makanan Khas Kotabaru – Foto: telapakkakimelengkung.blogspot.com

Suku Mandar, salah satu suku yang mendiami wilayah Kabupaten Kotabaru memiliki makanan khas yang berasal dari ubi kayu atau singkong yang dinamakan Jepa Ubi Kayu. Secara penampilan, Jepa Ubi Kayu hampir sama dengan Sagon Bakar namun lebih lebar dan pipih.

Makanan Khas Kotabaru ini memang cukup digemari oleh masyarakat Kotabaru terutama dijadikan sebagai cemilan. Pembuatan makanan ini adalah dengan memarut ubi kayu hingga menghasilkan tekstur lembut. Jepa Ubi Kayu bisa disantap dengan dicocol ke gula merah agar rasanya lebih nikmat.

Harga Jepa Ubi Kayu

Kuliner khas Suku Mandar Kotabaru ini terbilang sulit untuk ditemui karena jarang yang menjualnya dan termasuk makanan rumahan. Makanan ini dapat ditemui di pasar tradisional dan dijual sangat murah yaitu Rp. 1.000 per lembarnya.

Baca juga artikel terkait:

Sumber: wisato.id, telapakkakimelengkung.blogspot.com

Leave a Reply