Air Terjun, Alam, Daftar Wisata

6 Tempat Wisata di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan

Tempat Wisata di Kabupaten Tabalong

Tempat Wisata di Kabupaten Tabalong - Foto: pariwisataku.com

Tempat Wisata di Kabupaten Tabalong – Masih di edisi tempat wisata di Kalimantan Selatan. Setelah mengupas tempat – tempat wisata yang berada di Kabupaten Barito Kuala dan Hulu Sungai Tengah, kali ini kita akan membahas tentang tempat wisata di Kabupaten Tabalong yang tak kalah indahnya. Penasaran, kan? Yuk, langsung aja scroll kebawah.

6 Tempat Wisata di Kabupaten Tabalong

Berikut ini tim seringjalan.com telah merangkum daftar tempat wisata di Kabupaten Tabalong yang wajib kamu kunjungi.

1. Air Terjun Tangkum

6 Tempat Wisata di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan 1

Foto: Instagram@faizal_rizali_rahman

Air Terjun Tangkum adalah sebuah Tempat Wisata di Kabupaten Tabalong yang biasa dikunjungi wisatawan. Air terjun Tangkum terletak di desa Panaan, Kecamatan Bintang Ara, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan. Wisata ini menawarkan alam yang masih sangat indah, air terjun yang jernih, serta udara yang sejuk.

Air terjun ini belum begitu banyak diketahui, sehingga masih tergolong sepi dan asri. Untuk masuk ke air terjun ini, kamu bisa datang kapan saja karena tempat ini buka 24 jam nonstop dengan tiket masuk hanya sekitar Rp. 10.000 saja.

2. Air Terjun Riam Mambanin

Masih seputar air terjun, tempat wisata selanjutnya yang kami rekomendasikan adalah Air Terjun Riam Mambanin. Air terjun ini terletak di Desa Marindi, Kecamatan Haruai, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan. Tempat ini berjarak cukup jauh dari ibukota Tabalong, sekitar 45 km.

Di Tempat Wisata di Kabupaten Tabalong ini kamu akan menemukan Air Terjun Riam Mambanin yang memiliki bebatuan besar serta hutan yang cukup lebat yang mengelilinginya. Tempat ini buka 24 jam nonstop dan mengenakan biaya Rp. 10.000,- sebagai harga tiket masuk.

3. Goa Liang Tapah

6 Tempat Wisata di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan 2

Foto: nativeindonesia.com

Selain air terjun, Tempat Wisata di Kabupaten Tabalong juga memiliki beberapa tempat wisata berupa gua, salah satunya adalah Goa Liang Tapah yang berlokasi di Desa Garagata, Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan.

Baca juga ya : 

Di gua ini, kamu akan menemukan pemandangan berupa Stalaktit dan Stalakmit yang mengagumkan. Di dalam gua ini juga terdapat genangan air yang berwarna hijau kebiruan. Goa Liang Tapah memiliki jam operasional dari jam 08.00 sampai 17.00 dan harga tiket masuk sebesar Rp. 10.000.

4. Tanjung Bersinar Park

Sesuai namanya, taman ini berada di Kota Tanjung, ibukota Kabupaten Tabalong. Taman ini merupakan salah satu Ruang Terbuka Hijau (RTH) terluas dengan fasilitas terlengkap yang dimiliki oleh Kabupaten Tabalong.

Tanjung Bersinar Park

Tanjung Bersinar Park – foto pariwisata.tabalong.com

Letak Tanjung Bersinar Park sangat strategis karena berada di tepi jalan Trans Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur (Kalseltim), tepatnya di samping kantor DPRD Tabalong, Keluarahan Mabuun, Kecamatan Murungpudak, Kabupaten Tabalong.

Taman ini mengusung konsep ramah lingkungan dan hemat energi. Hal ini dapat dilihat dari ratusan jenis pohon yang berbeda yang telah ditanam disini, sehingga pengunjung bisa berteduh dan menikmati angin sepoi – sepoi ketika berada disini.

Salah satu keunikan yang membedakan taman ini dengan taman – taman lainnya adalah hampir semua fasilitas berlistrik disini telah menggunakan solar cell.

5. Tugu Obor Api

Masih di Kelurahan Mabuun, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, adalah  Tempat Wisata di Kabupaten Tabalong yang sering dijadikan tempat selfie oleh para wisatawan yaitu Tugu Obor Api.

Tugu ini dinamakan Tugu Obor Api karena dahulu diujung tugu ini menyala api yang tak pernah padam. Sayangnya, api itu kini telah padam dan PT. Pertamina PE masih kesulitan untuk menyalakannya kembali karena kendala di kurangnya pasokan gas saat ini.

Tugu ini berada di perempatan jalan, sehingga sangat strategis. Bagi kamu yang datang ke Kota Tanjung di Kabupaten Tabalong, kamu wajib mengunjungi tugu yang sudah menjadi simbol Kota Tanjung ini.

6. Danau Biru Pugaan, Tempat Wisata di Kabupaten Tabalong yang ngehits

Danau Biru Pugaan, Tempat Wisata di Kabupaten Tabalong yang ngehits

Danau Biru Pugaan, Tempat Wisata di Kabupaten Tabalong yang ngehits – Foto: wartawisata.id

Selain air terjun, taman, tugu, dan gua, kamu juga bisa mengunjungi danau ketika berada di Tabalong, tepatnya Danau Biru Pugaan. Danau ini merupakan danau buatan, tapi keindahannya tidak kalah dengan danau alami.

Danau ini sering dipakai sebagai tempat foto prewedding karena pemandangannya berupa danau yang dikelilingi pepohonan yang indah. Jam operasional dari Danau Biru Pugaan ini adalah dari jam 08.00 sampai 17.00.

Demikian ulasan mengenai tempat wisata di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan. Semoga dengan artikel ini semakin menambah wawasan bahwa banyak kabupaten di Kalimantan Selatan yang menyimpan keindahan alam yang patut untuk dikunjungi.

Leave a Reply