Mengenal Kota Labungkari Ibu Kota Kabupaten Buton Tengah - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

City Tour, Gua, Pantai, Tentang Kota

Mengenal Kota Labungkari Ibu Kota Kabupaten Buton Tengah

Buton Tengah

Buton Tengah

Labungkari adalah pusat pemerintahan Buton Tengah yang sekaligus merupakan ibukota kabupaten. Labungkari terletak di Kecamatan Lakudo, Kabupaten Buton Tengah, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Kabupaten Buton Tengah atau disingkat Buteng merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Tenggara. Ibu kotanya berada di Labungkari, Kecamatan Lakudo. Buton Tengah merupakan hasil pemerkaran dari Kabupaten Buton yang disahkan pada pertengahan tahun 2014 bersama Kabupaten Buton Selatan dan Kabupaten Muna Barat.

Buton Tengah

Buton Tengah

Seluruh wilayah Buton Tengah tidak berada di Pulau Buton, sedangkan ibu kota Kabupaten Buton berada di Pasarwajo. Pelayanan dan kontrol membutuhkan biaya dan waktu yang panjang karena harus melewati laut menuju Kota Baubau, lalu dilanjutkan perjalanan darat menuju Pasarwajo di ujung timur Pulau Buton

Dengan kondisi alamnya yang berupa dataran tinggi, dataran rendah, dan juga memiliki banyak bibir pantai, penduduk setempat sebagian besar berprofesi sebagai petani, nelayan atau pelaut, pedagang, dan sebagian kecil lainnya bekerja di bidang pertambangan. Meskipun terdiri dari banyak etnis, namun umumnya masyarakat setempat memeluk agama Islam, sebagaimana pendahulunya di Kesultanan Buton.

Destinasi Wisata di Labungkari

Sebagai daerah yang dekat dengan wilayah laut, tentunya banyak tempat wisata yang menawarkan pemandangan keindahan laut dan hamparan pasir pantai. Dua destinasi wisata ini harus banget kamu kunjungi jika berwisata ke Labungkari!

1. Cave Diving di Gua Bawah Laut

Gua Loba-Loba di Labungkari

Gua Loba-Loba – Source: twitter.com/kompastv

Mungkin daerah lain banyak yang memiliki destinasi wisata alam berupa gua, namun pernahkah kamu mendengar gua bawah laut? Ya, di Labungkari, kamu bisa menikmati kegiatan diving ke dalam gua atau yang disebut cave diving di Gua Loba-Loba, tepatnya di Pantai Desa One Waara.

Gua bawah laut ini jika disusuri terus akan menembus ke salah satu pemandian di Desa One Waara. Disini, kamu akan diajak untuk menyelam di kedalaman laut 20 meter dan menyusuri gua sejauh 10 meter. Di dalam gua, kamu telah ditunggu oleh berbagai macam kelompok ikan kecil yang hidup di dalam sana. Kamu juga bisa menjumpai kudalaut, ikan kerapu besar, dan barakuda.

Mendekati ujung gua, kamu akan sampai pada blue hole yang akan menjadi sebuah pemandangan fantastis. Selain Gua Loba-Loba, masih ada gua bawah air lainnya seperti Gua Topa Sohi di Desa Bungi dan Gua Air Inoli di Desa Lalibo.

2. Pantai Wantopi

Pantai Wantopi Labungkari

Pantai Wantopi Labungkari – Source: travel.detik.com

Sulawesi Tenggara memiliki pesona pemandangan laut yang mengagumkan. Karena itu, banyak juga pantai yang dapat kamu kunjungi di Buton Tengah, salah satunya adalah Pantai Wantopi yang berada di Desa Wantopi, Kecamatan Mawasangka Timur.

Leave a Reply