City Tour, Budaya, Daftar Wisata, Kuliner, Pantai, Pengetahuan, Pulau, Tentang Kota

Mengenal Kota Ampana Kabupaten Tojo Una-Una

Kota Ampana Kabupaten Tojo Una-Una

Kota Ampana Kabupaten Tojo Una-Una - Source: pesona.travel.com

Kota Ampana merupakan pusat pemerintahan Kabupaten Tojo Una-Una, Provinsi Sulawesi Tengah. Sebagai pusat ekonomi, kamu bisa lebih mudah mendapatkan alat transportasi di sini, seperti kapal-kapal yang biasa digunakan wisatawan untuk menjangkau pulau-pulau sekitar. Batas wilayah Kota Ampana di sebelah barat dan selatan adalah Kec. Ulu Bongka, sebelah timur berbatasan dengan Kec. Ratolindo, dan di utara dengan Teluk Tomini.

Mengenal Kota Ampana Kabupaten Tojo Una-Una 1

Source: twitter.com/Ampana_Kota

Kondisi alam Kabupaten Tojo Una-una (Touna) sebagian besar berupa pegunungan dan perbukitan, dan sebagian lainnya datar atau agak landai. Namun sebagai pusat kota, Kota Ampana termasuk daerah yang relatif landai.

Mungkin nama kota ini masih jarang didengar orang banyak, karena itulah kita sebaiknya mulai mengenalnya. Yuk, kenalan dengan kota yang terkenal dengan taman laut nya ini!

Destinasi Wisata Kota Ampana

Walaupun letaknya kurang strategis, namun sebenarnya Kota Ampana memiliki beberapa destinasi wisata yang menarik. Karena belum banyak yang mengetahuinya, bisa dibilang tempat-tempat wisata ini adalah hidden gems atau permata yang tersembunyi. Berikut ini adalah beberapa destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi di Kota Ampana dan sekitarnya:

1. Tanjung Api

Tanjung Api tempat wisata di Kota Ampana

Tanjung Api tempat wisata di Kota Ampana – Source: pesona.travel

Tentu kamu bertanya-tanya mengapa tempat ini dinamakan Tanjung Api. Ternyata jika kamu menggali lubang di pasir tanjung ini kemudian menyalakan korek di atasnya, akan muncul api dari dalam lubang dan hanya akan mati ketika kamu mengubur kembali lubang tersebut dengan pasir. Itulah sebabnya tanjung ini disebut Tanjung Api. Api juga  bisa menyala di sela-sela bebatuan tanjung. Tidakkah kamu penasaran untuk mengunjunginya?

2. Pemandian Malotong

Pemandian Malotong, tempat wisata di Kota Ampana

Pemandian Malotong, tempat wisata di Kota Ampana – Source: instagram.com/like_touna

Jika kamu ingin ke tempat wisata yang dekat dengan pusat kota, maka Pemandian Malotong adalah pilihan yang tepat. Pemandian ini adalah pemandian alami yang dikelilingi oleh pepohonan. Pengelola juga menambahkan perosotan di tengah kolam pemandian, sehingga pemandian ini cocok untuk tempat berlibur keluarga.

3. Taman Nasional Laut Kepulauan Togean

Toogean, tempat wisata di Kota Ampana

Toogean, tempat wisata di Kota Ampana – Source: hipwee.com

Taman Nasional Laut Kepulauan Togean yang berada di Teluk Tomini adalah destinasi wisata yang tidak boleh kamu lewatkan ketika mengunjungi Ampana. Meskipun tidak terletak di Kota Ampana, namun taman nasional ini masih termasuk Kabupaten Touna.

Taman nasional Togean ini dapat dicapai dengan cukup mudah dari Kota Ampana. Kamu hanya perlu menaiki kapal ferry yang berangkat dari Ampana setiap hari Senin, Kamis, dan Minggu pukul 10.00. Di Kepulauan Togean sudah terdapat berbagai penginapan dengan tarif termurah sekitar Rp 200.000,00 per malam.

Banyak destinasi menarik yang ada dikawasan Togean seperti misalnya Pulau Kadidri, Pulau Malange, Pulau Papan, Danau Ubur-ubur dan masih banyak lagi wisata bawah lautnya yang juga tak kalah menariknya untuk dikunjungi.

Baca juga:

Folklor Masyarakat Kota Ampana

Dua folklor yang terkenal di masyarakat Ampana adalah padungku dan kayori. Padungku adalah sebutan masyarakat untuk pesta panen. Padungku diambil dari kata dungku (bahasa Taa) yang berarti sudah rapi, tertib, sudah usai.

Artinya, petani di seluruh negeri sudah selesai memanen dan alat-alat pertanian seperti ani-ani, alat pembajak, mesin penggiling semua sudah disimpan dengan rapi. Sedangkan kayori adalah pertunjukan berbalas pantun yang menampilkan berbagai unsur pertunjukan tradisional yang ada pada masyarakat Taa. Kayori diselenggarakan untuk menentukan waktu penyelenggaraan suatu acara.

Walaupun dalam bentuk berbalas pantun, namun pada dasarnya kayori merupakan pernyataan pendapat atau saran mengenai waktu yang tepat untuk pelaksanaan pesta panen, pembukaan lahan, atau peminangan. Acara ini akan berakhir dengan sendirinya setelah tercapai sebuah kesepakatan.

Kuliner dan Makanan Khas Kota Ampana

Makanan khas Ampana terkenal unik dan sehat, sehingga sangat cocok untuk sobat vegetarian. Beberapa makanan khas yang digemari antara lain yaitu sinole, konisa jole, an duo sale. Kita bahas satu per satu yuk!

1. Sinole, Kuliner Khas Ampana

Sinole, Kuliner Khas Ampana

Sinole, Kuliner Khas Ampana – Source: travel.kompas.com

Makanan pokok Indonesia bagian Timur sebagian besar terbuat dari sagu atau jagung. Maka jangan heran jika sinole adalah salah satunya. Sinole merupakan makanan dengan bahan dasar sagu yang diayak dan dicampur dengan kelapa parut kering, kemudian dimasak dalam satu wajan.

Walaupun penampilannya kurang menggugah selera, namun jangan underestimate pada sinole, karena rasanya unik dan enak ketika bercampur dengan lauknya di dalam mulut. Makanan pokok orang Indonesia bagian timur ini biasanya disantap bersama ikan bakar dabu-dabu.

2. Konisa jole

Pernahkah kamu mencicipi nasi jagung? Ya, konisa jole adalah nasi jagung yang tentu saja terbuat dari jagung. Jagung yang dipilih untuk membuat konisa jole adalah biji jagung yang sudah tua. Biji jagung ini kemudian ditumbuk jasar hingga menjadi biji beas. Biasanya menjadi teman uta kelo (sayur daun kelor).

3. Duo Sale

Sambel duo sale

Sambel duo sale – https://merahputih.com

Untuk kamu yang menggemari berbagai macam sambal, cobalah untuk mencicipi duo sale. Duo sale ini bukan semacam sale pisang, ya! Duo sale adalah sambal yang terbuat dari ikan teri kering dan kemudian dimasak dengan bumbu cabai, bawang merah, bawang putih, dan tomat.

Ketiga makanan khas di atas dapat kamu jumpai di berbagai rumah makan di Ampana, salah satunya adalah Kedai Oke Food yang bertempat di Jalan Pulau Walea, Uentanaga, Ampana Kota. Kedai makanan dengan suasana homey ini juga menawarkan berbagai macam menu khas Sulawesi Tengah lainnya sepeti papeda dan uta kelo.

Leave a Reply