Mengenal Kota Betun, Kabupaten Malaka, NTT - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Alam, Budaya, City Tour, Daftar Wisata, Kuliner, Pantai, Tari Adat, Tentang Kota

Mengenal Kota Betun, Kabupaten Malaka, NTT

Mengenal Kota Betun, Kabupaten Malaka

Sumber: pesona.travel

Kota Betun merupakan sebuah kota kecil di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kota ini juga berperan sebagai ibukota dan pusat pemerintahan dari Kabupaten Malaka. Sebagai sebuah pusat pemerintahan, Kota Betun bukanlah merupakan kecamatan maupun sebuah kota administratif. Bisa dibilang Kota Betun merupakan sebuah kampung besar yang dijadikan pusat pemerintahan. Kota ini juga merupakan tempat penampungan dari Timor Leste yang mengungsi akibat konflik Indonesia dengan Timor Leste tahun 1999- 2006

Kota Betun berada di Kecamatan Malaka Tengah. Tidak diketahui berapa jumlah penduduk dan kepadatannya karena tidak ditemukan informasi mengenai jumlah penduduknya dan cakupan wilayahnya. Namun, untuk Kecamatan Malaka Tengah, kepadatan penduduknya berkisar 213 jiwa per kilometer persegi untuk luas wilayah sekitar 168,69 kilometer persegi.

Kabupaten Malaka saat ini tidak memiliki kantor pemerintahan khusus untuk bupati. Menurutnya, kantor bupati saat ini urgensinya tidak terlalu mendesak untuk Kabupaten Malaka. Maka, saat ini seluruh proses administrasi meminjam gedung di RSUPP Betun.

Baca juga: Mengenal Kota Airmadidi, Kabupaten Minahasa Utara

Sejarah Kota Betun

Kota Betun baru diresmikan menjadi ibukota dari Kabupaten Malaka pada April 2013. Sebelumnya, Kabupaten Malaka merupakan bagian dari Kabupaten Belu. Pada saat baru dibentuk, Kabupaten Malaka memiliki 12 kecamatan dengan jumlah penduduk sekitar 180 ribu jiwa.

Pembentukan daerah otonom baru bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu bertujuan juga untuk memperpendek rentang kendali birokrasi. Sebagai wilayah yang berbatasan langsung dengan Timor Leste, Kabupaten Malaka diharapkan untuk menjadi daerah transit yang menghubungkan mobilisasi barang dan manusia dari Timor Leste ke Kupang dan wilayah lain di NTT.

Wisata Kota Betun

Pantai Raihenek

Karena berbatasan langsung dengan laut, sudah pasti wilayah di sekitar Kota Betun, Kabupaten Malaka, banyak pantainya. Salah satu pantai yang cukup terkenal adalah Pantai Raihenek. Pantai ini berlokasi di Desa Rainawe, Kecamatan Kobalima. Lokasinya sekitar 16 km dari RSUPP Kota Betun atau 21 menit berkendara dengan mobil.

Suasana pantai di Pantai Raihenek sangatlah indah dan membuat pikiran tenang. Selain itu, terdapat lopo-lopo kecil yang terbuat dari kayu. Lopo tersebut biasanya digunakan sebagai tempat untuk berselfie. Kebersihan pantai pun sangat terjaga. Pemerintah setempat sepertinya sangat sadar akan adanya potensi Pantai Raihenek sebagai objek wisata favorit.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Betun Malaka NTT

Pantai Motadikin

Pantai Motadikin merupakan salah satu pantai di sekitar Kota Betun, Kabupaten Malaka, yang cukup terkenal. Berjarak sekitar 15 km dari RSUPP Kota Betun atau 30 menit berkendara dengan mobil. Lokasinya berada di Desa Railor Tahak, Kecamatan Malaka Tengah.

Leave a Reply