5 Tempat Wisata di Betun Malaka NTT - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Daftar Wisata

5 Tempat Wisata di Betun Malaka NTT

Tempat Wisata di Betun Malaka

Tempat Wisata di Betun Malaka

Tempat Wisata di Betun Malaka – Adalah Malaka, salah satu kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang mana Ibu kotanya berada di Betun, yang menawarkan wisata alam yang memanjakan mata. Aneka corak ragam wisatanya bakal membuat sobat muda takkan merasa bosan. Sebutlah wisata pantai, wisata perbukitan, wisata bendungan mau Teluk Gurita-nya yang menawan siapa saja yang berkunjung kesana.

Malaka sendiri merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Belu yang disahkan dalam sidang paripurna DPR RI pada 14 Desember 2012 di gedung DPR RI tentang Rancangan UU Daerah Otonomi Baru (DOB). Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Negara Timor Leste.

Sebagaimana wisata ekslusif di Indonesia lainnya, Malaka menawarkan keindahan alam khas Indonesia dengan aneka corak variasinya yang menarik. Jadi kawanku, mana sajakah yang patut kawanku kunjungi ketika bermain disini? Yuk, jangan lewatkan yang satu ini!

1. Teluk Gurita

Tempat Wisata di Betun Malaka yang pertama adalah Teluk gurita. Jika sobat muda seorang yang menggemari dunia pancing memancing, maka destinasi wisata yang satu ini layak jadi favorit kawanku. Voila, disini kawanku memancing dari tepi pantau, maupun menyewa perahu untuk memancing didanau Konkas yang berhubungan langsung dengan teluk gurita.

Setelah puas memancing dan bercapai ria berjalan-jalan, kawanku bisa merasakan hidangan lezat di Rumah Makan “Tanjug Berluli“ yang berjarak sekitar 5 km dari Teluk Gurita. Tersedia aneka hidangan alas Seafood misalnya cumi, kepiting, ikan karang dan udang. Variasnya rasanya pun bervariasi, kawanku bisa memilih penganan laut tadi dihidangkan dengan cara digoreng, dipanggang, maupun dengan kuah asam-manis. Tentu rasanya sendiri amatlah khas.

Baca Juga ya : 

Ada satu cerita menarik seputar Teluk Gurita, alkisah menurut penuturan para tokoh adat dan pelaku sejarah, pada zaman dahulu banyak pedagang baik dari Asia maupun Eropa yang datang untuk berdagang terutama mereka mencari Cendana dan Lilin. Itulah asal muasal Teluk Gurita yang kita kenal sekarang ini.

Tempat Wisata di Betun Malaka

Tempat Wisata di Betun Malaka Sumber: adelbertha.blogspot.com

Untuk menjangkau lokasi wisata Teluk Gurita, kawanku bisa menggunakan Angkutan Umum, Travel atau Ojek. Anda harus menyewa jasa angkutan umum Rp 15.000 /orang, Travel Rp 250.000 /kelompok, dan Ojek Rp 25.000/orang. Satu-satu yang disayangkan dari Teluk Gurita hanyalah belum adanya penginapan untuk bermalam di sekitarnya.

Meskipun demikian, keindahan alamnya, kepuasan memancing dan lezatnya masakan disana, tentu membuat Teluk Gurita tetaplah worth it untuk dikunjungi. Sobat muda setuju?

2. Air Terjun Mauhalek

Tempat Wisata di Betun Malaka yang kedua adalah Air Terjun Mauhalek. Terletak di Dusun Fatumuti, Desa Raiulun, Kecamatan Lasiolat, Kabupaten Belu, ini diberi nama Siata Mauhalek. Alasannya karena berada persis pada pertemuan dua sumber air yakni Siata dan Mauhalek.

Keindahan alamnya dan suasana alamnya nan asri tidak perlu diragukan lagi. Kawanku tahu, destinasi wisata ini mendapatkan rating Google dengan angka 4,4 dan dengan lebih dari 160 reviewer. Kebanyakan reviewer merasakan puas sudah berkunjung ke wisata unik ini.

Betapa tidak, begitu kawanku memasuki tempat tujuan wisata ini, kawanku disuguhkan pemandangan hamparan sawah dan ladang jagung hijau nan permai. Di sekelilingnya terdapat pohon pinang dan kelapa yang menjulang tinggi, seolah menambah kecantikan Air Terjun Mauhalek. Tapi bukan cuma itu saja, suara gemericik air di sekitarnya makin memanjakan sobat muda yang bermain disini. Amboy, demikian permai alamnya, yakinlah duhai sobat, bahwa kalian akan berseru kagum demikian.

Air Terjun Mauhalek

Air Terjun Mauhalek – Sumber: adelbertha.blogspot.com

Jikalau sobat muda suka dengan social media, sobat muda juga bisa berfoto ria disana. Untuk makin memanjakan kualitas waktu sobat muda, warga sekitar menjual pisang atau jagung bakar dan kelapa muda. So, kawanku bisa bersenang-senang bersama teman sekolah maupun teman kuliah, sambil menikmati hidangan pisang atau jagung hangat.

Sebelum masuk, pengunjung akan dikenai tarif Rp 5.000 untuk sepeda motor dan kendaraan roda empat Rp 15.000 dan roda enam Rp 25.000. Tarif ini tidaklah mahal jika menimbang sensasi wisata yang ada di dalamnya. Jadi tunggu apa lagi sobat, kunjungi sekarang juga.

3. Benteng Lapis Tujuh Makes

Tidak mudah memang untuk mencapai tempat wisata yang satu ini, sebab kawanku harus menempuh perjalanan sekitar 40 kilometer dari Kota Atambua, dengan lama perjalanan sekitar 1,5 jam. Benteng Lapis Tujuh Makes sendiri berada di puncak bukit Makes, Desa Dirun.

Benteng Lapis Tujuh Makes

Benteng Lapis Tujuh Makes – Sumber: adelbertha.blogspot.com

Leave a Reply