Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur

6 Kuliner dan Makanan Khas Idi Rayeuk, Aceh Timur

Sumber: kba.one

Makanan khas Idi Rayeuk, Aceh Timur, sangat beraneka ragam. Mencari yang manis, ada pisang sale. Mencari yang masam, ada jus boh limeng. Sampai yang gurih seperti kuah sikameng pun ada. Meski yang terkenal dari Idi Rayeuk, Aceh Timur, adalah pisang sale, namun tidak berarti makanan khasnya hanyalah pisang sale. Penasaran? Berikut merupakan makanan khas Idi Rayeuk, Aceh Timur.

Baca juga: 6 Kuliner dan Makanan Khas Takengon, Aceh Tengah

Pisang sale

Pisang sale adalah kudapan atau makanan khas Idi Rayeuk, Aceh Timur. Aceh timur merupakan pusat pisang sale terbesar se-Aceh, sehingga mudah untuk memperoleh pisang sale. Aromanya yang khas dan manis membuat siapapun ingin mencicipinya.

Pisang sale dibuat dari pisang yang sudah matang dan dikupas kulitnya. Setelah dikupas, pisang dijemur sampai kering untuk mengeluarkan seluruh airnya. Kemudian, pisang yang sudah dijemur diasapi supaya pisang bisa tahan lama. Pisang yang sudah diolah dioles dengan gula tebu sebelum disantap.

Kuah Sikameng

Kuah sikameng adalah makanan khas Idi Rayeuk, Aceh Timur, yang berbahan dasar kambing. Di wilayah lain, sikameng lebih dikenal sebagai gulai kambing karena bentuknya memang mirip. Dagingnya yang empuk, kuah kari yang kental, serta bumbu rempah yang menyedapkan menambah rasa nikmat dari makanan ini.

Bahan yang dibutuhkan ialah daging kambing, bawang merah, bawang putih, serai, daun salam koja, dan santan. Untuk bumbu halusnya sangat beraneka ragam. Bumbu yang dibutuhkan antara lain cabai merah, garam, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, ketumbar, kemiri, jintan, pekak, adas, kayu manis, merica, kapulaga, cengkih, dan kaskas. Dengan bahan yang begitu beragam, tidak heran jika kuah sikameng rasanya begitu sedap dan meninggalkan kesan istimewa.

Baca juga: 6 Kuliner dan Makanan Khas Bener Meriah

Kuah Bak Leubu Eungkot Masen

6 Kuliner dan Makanan Khas Idi Rayeuk, Aceh Timur

Sumber: steemit.com

Masakan ini sempat diperkenalkan di Aceh Culinary Festival pada Agustus 2019 lalu. Hidangan ini merupakan gabungan dari dua makanan, yaitu kuah bak leubu dan eungkot masen. Kuah bak leubu, atau biasanya orang mengenalnya dengan kuah lada, adalah makanan dengan bahan dasar pohon keladi. Sementara eungkot masen adalah ikan asin yang menjadi makanan serta mata pencaharian masyarakat pesisir Aceh.

Jus Boh Limeng

Jus boh limeng adalah minuman khas Idi Rayeuk, Aceh timur. Boh limeng adalah penyebutan masyarakat Aceh untuk belimbing wuluh. Pada umumnya, rasa dari boh limeng sangat asam. Namun, dengan racikan dan cara pengolahan yang khusus, rasa asam dari boh limeng akan tidak terlalu terasa ketika dibuatkan jus. Jus boh limeng juga sempat diperkenalkan di Aceh Culinary Festival pada Agustus 2019 lalu sebagai minuman khas Aceh Timur.

Kuah Pliek U

Kuah pliek u merupakan makanan yang cukup terkenal di wilayah pesisir timur dan salah satu makanan khas Idi Rayeuk, Aceh Timur. Masakan ini biasanya lebih nikmat bila disantap bersama nasi dan ikan asin. Bahan utamanya sangat unik, yaitu ampas kering sisa minyak kelapa tua. Pliek u sendiri merupakan bumbu dasar untuk makanan ini, dan bumbu tersebut lebih dikenal dengan nama patarana.

6 Kuliner dan Makanan Khas Idi Rayeuk, Aceh Timur

Sumber: kba.one

Beberapa bahan selain pliek u antara lain buah nangka muda, pepaya muda, daun melinjo, kacang panjang, kacang tanah, dan buah melinjo. Ada juga yang menambahkan bahan tambahan seperti rebung, daun pepaya, daun singkong, udang kecil, dan lainnya. Bumbu yang digunakan hanyalah ketumbar, cabai, bawang merah, bawang putih, dan bumbu lainnya sesuai selera.

Baca juga: 6 Kuliner dan Makanan Khas Sinabang, Kabupaten Simeulue

Rujak Arakundo

Rujak arakundo adalah salah satu makanan khas Idi Rayeuk, Aceh Timur. Makanan ini cukup terkenal dan diminati oleh para pecinta kuliner. Nama arakundo sendiri bukanlah jenis rujak, melainkan nama sebuah desa di Kecamatan Julok, Kabupaten Aceh Timur. Rujak ini banyak dijual di sepanjang Jalan Medan-Banda Aceh di Arakundo dan sekitarnya.

6 Kuliner dan Makanan Khas Idi Rayeuk, Aceh Timur

Sumber: steemit.com

Rujak arakundo ini berbeda dari rujak pada umumnya. Entah apa yang membuatnya khas, tapi jika sudah mencoba akan ketahuan kalau ini rujak arakundo bukanlah rujak biasa. Bahan yang digunakan antara lain ketimun, bengkuang, nanas, mangga kuweni, mangga mengkal, jambu air, dan pepaya mengkal. Untuk bumbunya, bahannya ialah air jeruk nipis, cabai rawit merah, gula pasirteh, garam, buah rumbia dan lainnya sesuai selera.


Itulah beberapa makanan khas Idi Rayeuk, Aceh Timur. Kamu bisa mencoba membuatnya sendiri atau menyantapnya secara langsung di Idi Rayeuk. Dengan mencoba memasaknya sendiri, kamu akan melestarikan tradisi yang sudah diturunkan turun temurun. Rasanya mungkin tidak akan sama dengan jika datang langsung ke Aceh Timur, namun paling tidak kamu sudah mencobanya.

Leave a Reply