Desa Wisata, Daftar Wisata, Kuliner, Rumah Adat, Tari Adat, Tips Travelling

Desa Wisata Karangbanjar, The Terrible Javanese Culture

desa wisata karangbanjar

desa wisata karangbanjar by www.tubasmedia.com

Mengenal budaya jawa di desa wisata karangbanjar. Libur tlah tiba, libur tlah tiba, horay, horay. Sepenggal lagu yang dibawakan oleh penyanyi cilik Tasya Kamila mengingatkan kita bahwa liburan sudah didepan mata.

Namun apalah daya virus covid 19 membuat liburan kali ini terasa berbeda. Tak ada lagi acara berlibur dengan keluarga seperti biasa karna semua orang dihimbau untuk tetap di rumah saja. Eits! jangan sedih kawan, sembari di rumah saja yuk kita persiapkan rencana liburan selepas masa pandemi ini.

Sudah bosan dirumah saja? ingin berwisata alam namun juga mengedukasi untuk si kecil? Desa Wisata Karangbanjarlah tempatnya. Salah satu desa yang terletak di Kabupaten Purbalingga Provinsi Jawa Tengah ini menawarkan wisata alam dengan nuansa pegunungan serta kesenian dan adat jawa yang masih lestari. Sehingga tak mengherankan bila desa ini berhasil meraih juara harapan 2 dalam 10 desa wisata terbaik yang diadakan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemparekraf) pada tahun 2012.

Lokasi

Karena lokasinya berada di kawasan Gunung Slamet inilah yang membuat sebagian besar warga desa wisata Karangbanjar berprofesi sebagai petani, baik petani sayur maupun petani buah. Oh iya para pengunjung juga dipersilahkan untuk melihat prosesĀ  penanaman atau jika ingin memetik buah dan sayur bisa langsung membelinya ke petani.

Selain wisata alam, di desa wisata Karangbanjar para pengunjung juga bisa melihat proses pembuatan kerajinan secara handmade serta dapat membelinya langsung pada si pengrajin sebagai buah tangan. Penasaran kerajinan apa saja yang diproduksi oleh warga karangbanjar, yuk simak penjabaran berikut ini.

Kerajinan Rambut

Sebagai desa yang menjadi destinasi wisatawan, desa wisata karangbanjar tidak hanya menyuguhkan pemandangan yang mempesona. Desa ini juga menyediakan berbagai kerajinan yang salah satunya adalah kerajinan rambut.

Rambut Palsu

kerajinan rambut

kerajinan rambut by www.alodokter.com

Biasanya digunakan untuk menutupi kebotakan, namun saat ini digunakan banyak orang karena sedang tren.

Bulu Mata Palsu

bulu mata palsu

bulu mata palsu by m.kaskus.co.id

Merupakan salah satu senjata wanita agar terllihat memiliki bulu mata yang lentik dan indah.

Sanggul

sanggul

sanggul by chaucymurtopo.wordpress.com

Salah satu item yang biasanya dikenakan oleh ibu-ibu dalam acara hajatan seperti pernikahan.

Kerajinan Berbahan Kayu

Selain beberapa macam kerajinan tersebut, warga Desa Wisata Karangbanjar juga memproduksi kerajinan berbahan dasar kayu seperti berikut ini.

Sapu Ijuk

sapu ijuk

sapu ijuk by m.kaskus.co.id

Sapu yang digunakan untuk menyapu bagian dalam rumah ini menggunakan ijuk sebagai bahan dasarnya sehingga memiliki teksture keras.

Sapu Lidi

sapu lidi

sapu lidi by www.lazada.co.id

Merasa tak asing? Yap sapu yang biasa digunkan untuk menyapu halaman ini terbuat dari tulang daun kelapa sawit.

Sapu Glagah

sapu glagah

sapu glagah by popmama.com

Berbeda dari yang lain, sapu ini terbuat dari gelagah atau rumput kering

Irus

irus

irus by www.bukalapak.com

Merupakan alat pengaduk sayur yang terbuat dari kayu dan batok kelapa.

Centong

centong

centong by bigsta.net

Merupakan alat pengaduk nasi yang juga terbuat dari kayu dan batok kelapa.

Makanan Khas Karangbanjar

Nah setelah puas bermain dengan alam serta berbelanja oleh-oleh, tak lengkap rasanya bila tak mencicipi makanan khas di Desa Wisata Karangbanjar. Yuk kita lihat makanan khas apa saja yang ada disini.

Wajik dan Ketan

wajik ketan

wajik ketan by doyanresep.com

Makanan ini berasal dari perpaduan antara ketan dan gula jawa, memiliki tekstur legit dan cita rasa yang manis

Roti Satu Koyah

roti satu koyah

roti satu koyah by wikepedia.org

Roti jadul yang membuat kita semua bernostalgia ini menggunakan bahan dasar kacang hijau, sehingga tak heran jika roti satu koyah sangat gurih.

Buntil Caranmanggang

Buntil Caranmanggang

Buntil Caranmanggang by purbalinggakab.go.id

Makanan khas Kabupaten Purbalingga ini berbahan dasar daging, kemudian dibungkus layaknya botok namun menggunakan daun singkong yang masih muda, dan tak lupa siramkan kuah santan pedas didalamnya. Makanan khas ini juga bisa Anda nikmati di desa wisata Karangbanjar

Badeg atau Legen

 Badeg atau Legen

Badeg atau Legen by telusuri.id

Merupakan salah satu minuman yang menyegarkan, berbahan dasar fermentasi tape dan bercita rasa manis. namun jangan biarkan minuman ini hingga berhari-hari karna akan merubahnya menjadi minuman yang memabukkan.

Gurame Khas Karangbanjar

Gurame Khas Karangbanjar

Gurame Khas Karangbanjar by purbalinggakab.go.id

Di desa wisata Karangbanjar juga terkenal dengan hidangan guramenya, baik gurame bakar maupun gurame yang dimasak menggunakan bumbu semuanya haucek.

Kesenian Khas Karangbanjar

Sekarang perut sudah terisi, saatnya melanjutkan perjalanan. Kawan apabila beruntung kita bisa melihat pertunjukan kesenian khas desa wisata Karangbanjar, namun sayang pertunjukan itu hanya dipentaskan pada hari-hari tertentu saja. Berikut adalah kesenian khas karangbanjar.

Lengger (Calung Banyumasan)

Lengger (Calung Banyumasan)

Lengger (Calung Banyumasan) by banyumasindah.wordpress.com

Tarian yang berasal dari Banyumas ini dahulu sering dipentaskan dalam upacara tolak bala, bahkan pernah digunakan sunan kalijogo untuk menarik pemuda agar mau datang ke masjid. Namun saat ini tarian ini hanya akan dipentaskan saat ada acara bersih desa saja. Di desa wisata Karangbanjar Anda bisa menikmati tarian ini.

Kuda Lumping

kuda lumping

kuda lumping by www.negerikuindonesia.com

Kuda lumpping atau jaran kepang merupakan tarian yang menggambarkan barisan prajurit yang sedang menunggang kuda. Kuda lumping ini juga dijadikan tampilan bagi wisatawan di desa wisata Karangbanjar

Kothekan Lesung (Gojeg Lesung)

Kothekan Lesung (Gojeg Lesung)

Kothekan Lesung (Gojeg Lesung) by sukoasih.com

Kesenian ini tak sengaja tercipta dari kebiasaan ibu-ibu yang secara kompak menumbuk padi saat musim panen tiba.

Fasilitas Penginapan

Dan apabila kalian belum puas mengeksplor kawasan desa wisata Karangbanjar, para warga juga menyediakan penginapan yang telah sesuai dengan standarisasi yang ditetapkan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Purbalingga dengan harga yang bersahabat pula tentunya.

Nah gimana sobat, menarik sekali bukan? Jangan lupa untuk memasukkan Desa Wisata Karangbanjar sebagai destinasi wisata yang wajib kalian kunjungi selepas pandemi. Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT dan kami tunggu kedatangannya.

Leave a Reply