Desa Wisata Karangbanjar, The Terrible Javanese Culture - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Desa Wisata, Daftar Wisata, Kuliner, Rumah Adat, Tari Adat, Tips Travelling

Desa Wisata Karangbanjar, The Terrible Javanese Culture

desa wisata karangbanjar

desa wisata karangbanjar by www.tubasmedia.com

Mengenal budaya jawa di desa wisata karangbanjar. Libur tlah tiba, libur tlah tiba, horay, horay. Sepenggal lagu yang dibawakan oleh penyanyi cilik Tasya Kamila mengingatkan kita bahwa liburan sudah didepan mata.

Namun apalah daya virus covid 19 membuat liburan kali ini terasa berbeda. Tak ada lagi acara berlibur dengan keluarga seperti biasa karna semua orang dihimbau untuk tetap di rumah saja. Eits! jangan sedih kawan, sembari di rumah saja yuk kita persiapkan rencana liburan selepas masa pandemi ini.

Sudah bosan dirumah saja? ingin berwisata alam namun juga mengedukasi untuk si kecil? Desa Wisata Karangbanjarlah tempatnya. Salah satu desa yang terletak di Kabupaten Purbalingga Provinsi Jawa Tengah ini menawarkan wisata alam dengan nuansa pegunungan serta kesenian dan adat jawa yang masih lestari. Sehingga tak mengherankan bila desa ini berhasil meraih juara harapan 2 dalam 10 desa wisata terbaik yang diadakan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemparekraf) pada tahun 2012.

Lokasi

Karena lokasinya berada di kawasan Gunung Slamet inilah yang membuat sebagian besar warga desa wisata Karangbanjar berprofesi sebagai petani, baik petani sayur maupun petani buah. Oh iya para pengunjung juga dipersilahkan untuk melihat proses  penanaman atau jika ingin memetik buah dan sayur bisa langsung membelinya ke petani.

Selain wisata alam, di desa wisata Karangbanjar para pengunjung juga bisa melihat proses pembuatan kerajinan secara handmade serta dapat membelinya langsung pada si pengrajin sebagai buah tangan. Penasaran kerajinan apa saja yang diproduksi oleh warga karangbanjar, yuk simak penjabaran berikut ini.

Kerajinan Rambut

Sebagai desa yang menjadi destinasi wisatawan, desa wisata karangbanjar tidak hanya menyuguhkan pemandangan yang mempesona. Desa ini juga menyediakan berbagai kerajinan yang salah satunya adalah kerajinan rambut.

Rambut Palsu

kerajinan rambut

kerajinan rambut by www.alodokter.com

Biasanya digunakan untuk menutupi kebotakan, namun saat ini digunakan banyak orang karena sedang tren.

Bulu Mata Palsu

bulu mata palsu

bulu mata palsu by m.kaskus.co.id

Merupakan salah satu senjata wanita agar terllihat memiliki bulu mata yang lentik dan indah.

Sanggul

sanggul

sanggul by chaucymurtopo.wordpress.com

Salah satu item yang biasanya dikenakan oleh ibu-ibu dalam acara hajatan seperti pernikahan.

Kerajinan Berbahan Kayu

Selain beberapa macam kerajinan tersebut, warga Desa Wisata Karangbanjar juga memproduksi kerajinan berbahan dasar kayu seperti berikut ini.

Sapu Ijuk

sapu ijuk

sapu ijuk by m.kaskus.co.id

Sapu yang digunakan untuk menyapu bagian dalam rumah ini menggunakan ijuk sebagai bahan dasarnya sehingga memiliki teksture keras.

Sapu Lidi

sapu lidi

sapu lidi by www.lazada.co.id

Merasa tak asing? Yap sapu yang biasa digunkan untuk menyapu halaman ini terbuat dari tulang daun kelapa sawit.

Sapu Glagah

sapu glagah

sapu glagah by popmama.com

Berbeda dari yang lain, sapu ini terbuat dari gelagah atau rumput kering

Irus

irus

irus by www.bukalapak.com

Merupakan alat pengaduk sayur yang terbuat dari kayu dan batok kelapa.

Centong

centong

centong by bigsta.net

Leave a Reply